Cara Membuat Blog Keren Gratis Hanya 4 Langkah bagi Pemula

Ada banyak tutorial panjang tentang cara membuat blog di blogspot, maupun wordpress, yang malah bisa membuat bingung para pemula, dan ini saya rasakan ketika dulu awal belajar dan mengenal dunia online. Jadi disini saya hanya akan memilih yang paling mudahnya saja, yaitu menggunakan blogspot, dan saya jelaskan secara ringan dan ringkas. Karena yang terpenting dan pertama sekarang adalah anda bisa membuat blog.

Adapun tutorial lainnya tentang agar tampilan blog menjadi keren, professional, banyak pengunjung, itu adalah langkah berikutnya yang butuh waktu bagi anda untuk mempelajarinya secara bertahap, tekun dan sabar.

Oke langsung kita mulai saja tutorial atau panduan bagi pemula untuk membuat blog di blogspot.
  1. Siapkan email gmail, jika sudah punya, silahkan lanjut ke langkah ke-2. Jika belum, baca disini ( cara membuat email lewat laptop, ada di bagian bawah artikel tersebut )
  2. Klik link ini Blogger.com, lalu tuliskan email anda di kolom yang tersedia, kemudian password (sandi). Lalu klik Masuk

  3. login ke blogger


  4. Jika anda di bawa ke halaman-halaman dibawah ini, ikuti petunjuk tanda panah
  5. persyaratan blogger


    Jika dibawa ke halaman seperti ini maka klik Buat Profil Blogger Terbatas, 

    buat profil blogger

    Tuliskan nama anda di Nama Tampilan, lalu klik Lanjutkan ke Blogger
    profil terbatas blogger


    tema terbaru blog
    cara membuat blog
    daftar blog baru

Judul: menggambarkan tema dari artikel-artikel pada blog yang anda buat. Misal: Blog Kumpulan Resep Mama

Alamat: Isi dengan alamat yang anda suka, cari yang unik dan agak panjang, bisa menggunakan huruf dan angka atau tanda hubung minus - . Misal: reseprahasiamama2015 atau tulis4n-budi-jogj4

Catatan:
Alamat blog sering kalinya tidak tersedia karena sudah digunakan oleh orang lain, sehingga anda harus pintar-pintar mengkombinasikan antara angka, huruf, dan tanda minus, bikin se-unik mungkin, agar berhasil membuat alamat blog yang belum digunakan oleh selain anda.

Alamat blog ini nantinya akan di akhiri dengan .blogspot.com . Jika muncul peringatan bahwa alamat blog tidak tersedia, maka hapus semua nama alamat tersebut dan tulis kembali nama unik lainnya hingga berhasil (tersedia).

Tema: Silahkan pilih tampilan blog yang anda suka dari pilihan tersebut

Kalau sudah klik tombol Buat Blog,
Kemudian, klik tanda X (close) 2 pesan seperti gambar ini

peraturan blogger

4. Untuk memulai menulis di blog, klik Entri Baru
menulis di blog


Silahkan tulis apa yang ingin anda tulis, jika mengalami kesulitan silahkan baca cara menulis artikel di blog untuk pemula

Sebelum lanjut lebih jauh, saya ingin menyebutkan salah satu bagian penting dari sebuah blog agar tampil lebih keren, yaitu Logo.

Logo bisa menjadi identitas, karakter dan simbol sebuah blog, hanya saja seringkali kita terkendala dalam pembuatannya karena kita bukanlah seseorang yang berjiwa seni maupun seseorang yang memiliki kemampuan untuk membuat dan mendesain sebuah logo.

Nah, sekarang sudah ada Logaster. Silahkan gunakan Logaster.com untuk membuat logo dan favicon yang professional dan keren hanya dalam hitungan menit saja. Cukup masukkan teks dan pilih jenis usaha anda, maka Logaster akan memberikan puluhan bentuk logo untuk anda pilih.

Anda juga dapat mengedit logo tersebut, yaitu mengubah warna teks, ikon, font, tata letak, dan menyimpan logo tersebut ke akun anda, Dan siap untuk di download kapan saja anda mau. Anda dapat menyimpan logo dalam format yang sudah populer semisal: PNG, PDF, SVG, and JPEG.

Bagaimana membuat blog? apakah masih sulit? Jika masih sulit tolong sarannya agar saya perbaiki kembali. Lebih lengkapnya lagi LAKUKAN HAL INI ! SETELAH MEMILIKI BLOG

Pelajari juga cara membuat blog menggunakan platform Wordpress berbayar, dengan keleluasaan mengatur blog sesuai keinginan, profesionalitas, dan memiliki nilai kepercayaan yang tinggi dari pembaca lihat di link berikut  Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah