Cara Mengganti Template Blog Blogspot Tampilan Baru

Bagaimana cara mengganti template blogspot di blogger? – Banyak blogger yang kurang puas dengan tampilan blog nya yang sederhana, dan ingin mendesain blog atau mendekorasi blog dengan berbagai macam hiasan. Sebagian ingin membuat tampilan blog keren, profesionalis atau agar template blog seo friendly. 
Akan tetapi, tentu untuk mengedit blog dan menghasilkan tampilan blog yang menarik ia harus mengikuti sekian banyak tutorial cara mendesain blog, tahap demi tahap dengan pemasangan widget, penggantian gambar background blog, pengaturan tulisan, mengubah warna judul dan lain-lain hingga blog nya tampak sebagaimana yang ia inginkan.

Jika seperti itu tentu waktu yang terkuras sangatlah banyak karena ia harus memahami satu persatu trik mengganti tampilan blog, kemudian menerapkannya, belum lagi jika terjadi kesalahan pada masing-masing tutorial tips mendesain blog tersebut. Bukannya semakin bagus, malah jadi kacau balau, apalagi jika sampai lupa menulis artikel karena pusing memikirkan hiasan blog yang belum jadi-jadi.

Download template keren gratis


Cara Mengganti Template Blog BlogspotHal Ini biasa terjadi pada blogger yang tidak menguasai HTML, CSS, PHP dan semisalnya, sehingga disarankan agar mencari cara mudah membuat tampilan blog menarik dengan langsung mendownload template di beberapa situs yang menawarkan template blogspot. Di antaranya adalah btemplates.com dan www.premiumbtemplates.com

Keduanya merupakan tempat download template blog blogspot gratis yang menyediakan ribuan jenis template keren dan menarik. Jika sudah menemukan desain yang anda sukai, maka anda hanya perlu mengklik link download. Template akan segera anda dapatkan dalam bentuk file ZIP, atau RAR. Silahkan ekstrak file tersebut.

Pada file hasil ekstraksi akan ada satu file dengan ekstensi file .xml. File inilah yang dapat anda upload ke blogger.com, untuk mengganti template blogspot anda.

Lalu bagaimana cara mengganti template blogspot ini? Mudah saja, ikuti prosedur berikut:

1. Login ke dalam akun blogger

2. Pilih menu TEMPLATE dari menu blog anda

3. Silahkan klik tombol CADANGKAN/PULIHKAN Pada kanan atas layar

4. Akan tampil jendela pop up ... klik tombol UNDUH TEMPLATE LENGKAP untuk menyimpan template anda saat ini sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan.

5. Jika pengunduhan sudah selesai, dibawah tulisan "Unggah template dari file di hard drive Anda."

Klik tombol PILIH FILE, dan cari file .xml yang sudah anda download tadi di komputer anda.

6. Jika sudah silahkan klik UNGGAH

7. Tunggu beberapa saat sampai semua file selesai terkirim.

8. Jika terjadi kesalahan, anda hanya perlu memasang kembali template lama yang tadi anda download. Cukup ulangi langkah 5-7 untuk file .xml asli dari blog anda.


Cara Ganti Template Blog Baru yang lain

1. Buka file .xml hasil download template tadi, Caranya klik kanan OPEN WITH >> Notepad atau MS.WORD

2. Copy semua kode tersebut dengan menekan CTRL + A lalu CTRL + C

3. Login ke blogger.com

4. Pilih menu TEMPLATE

5. Klik tombol EDIT HTML

6. Letakkan kursor atau pointer pada kotak edit html terbaru lalu tekan CTRL + A untuk memblok semua kode kemudian tekan CTRL + V untuk mem-paste kode .xml yang di copy tadi pada langkah nomor 2

7. Klik pratinjau, kalau sudah benar, simpan perubahan

Jika template lama mempunyai widget yang tidak ada pada template baru maka akan ada konfirmasi untuk mempertahankan widget tersebut atau tidak (tentukan sendiri). Jika anda merasa membutuhkan widget tersebut, atau membutuhkan salah satunya, maka sebaiknya widgetnya disimpan.

Mungkin saja setelah terupload ada widget yang berubah posisinya di template baru, jadi atur ulang posisinya di menu TATA LETAK. Yang perlu anda lakukan untuk mengatur posisi widget hanyalah klik, tahan, dan geser ke tempat yang anda inginkan. Setelah itu klik tombol SIMPAN SETELAN di kanan atas untuk mempertahankan perubahan.

Pilihlah template yang sesuai dengan kepribadian anda supaya anda tidak terlalu sering mengubah template, karena terlalu sering mengubah desain blog atau template bisa mengurangi jumlah pengunjung anda dari google. Selain itu anda juga harus tetap memperhatikan agar tampilan tulisan blog anda enak di pandang mata.


Demikian, semoga bermanfaat

Langkah-langkah Cara mengubah template blogspot