CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS SENDIRI PRIBADI

Cara Membuat Website Gratis

Membuat website bukanlah sesuatu yang sulit dan mahal. Bahkan kita bisa membuatnya dengan cara gratis. Ada dua jenis web di Internet yaitu yang berbayar berupa website dan yang gratis. Web yang gratis biasanya berbentuk blog atau subdomain dari website tertentu seperti webly dan lain-lain.

Pada artikel kali ini akan diulas tentang website gratis baik berupa blog maupun web. Namun sebelum itu ada istilah dalam website yang harus diketahui yaitu domain dan hosting. 

Domain adalah alamat yang web yang akan diakses untuk menuju web anda. Sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file sebuah website.

Pada artikel ini akan dibahas secara umum bagaimana cara agar memiliki website gratis.

Web Gratis
Untuk web gratis ini sebenarnya hanyalah gabungan dari domain dan hosting yang kita dapatkan secara gratis. Hampir sama dengan blog namun bedanya kalau blog domain dan hosting sudah disediakan oleh penyedia jasa dalam satu paket.

Ada beberapa penyedia hosting gratis di Indonesia antara lain adalah:

IDWEBHOST




Host My Id



-          Id Hostinger


Karena hosting gratis maka space yang didapatkan pun terbatas, tidak seperti hosting berbayar. Begitu pula dengan domain. Jika anda memilih domain berbayar anda bisa mendapatkan domain yang komersil seperti .co.id, dan .com. namun untuk yang tidak berbayar domain yang tersedia adalah berupa .co.cc, .bizz, dan lain-lain. Untuk mendapatkannya sama seperti membuat blog. Pertama anda akan diminta untuk registrasi kemudian anda akan dibimbing untuk membuat domain atau hosting step-by step.


Blog
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa blog adalah salah satu bentuk web yang gratis. Definisi untuk blog sendiri adalah singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Dengan menggunakan blog kita telah mendapatkan domain serta hosting dengan cuma-cuma alias gratis. Berikut ini beberapa penyedia blog yang cukup terkenal.

WordPress.com

BACA: CARA MEMBUAT BLOG WORDPRESS


Blogger.com

BACA: CARA MEMBUAT BLOG BLOGSPOT


-          Weebly.com

Untuk blog seperti ini domain yang disediakan adalah berakhiran dengan nama penyedia jasa blog. Contohnya adalah .blogspot.com, .wordpress.com, .weebly.com dan lain-lain. kemudian bagaimana cara membuat blog tersebut?

Langkah yang pertama adalah anda akan diminta untuk melakukan registrasi pada website penyedia blog tersebut. Setelah mengisikan beberapa informasi kemudian anda akan dipandu untuk membuat blog, mulai dari membuat domain blog, memilih template blog, dan mengisi konten. Anda tidak perlu khawatir karena setiap penyedia blog ini akan memberikan arahan step by step untuk membuat dan mengelola blog.

Dua cara diatas masing-masing memiliki keunggulan, tergantung fungsi website yang akan anda buat. Selebihnya anda bisa langsung mengunjungi link yang ada kemudian ikuti langkah-langkahnya. Sekian dan terima kasih