CARA PESAN TIKET KERETA API ONLINE TERBARU

Cara memesan tiket kereta api online | Kabar gembira bagi anda yang ingin berpergian menggunakan jasa trasportasi kereta api, karena sekarang anda tidak perlu lagi ngantri distasiun demi mendapatkan tiket perjalanan. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sekarang telah memberlakukan sistem pembelian tiket secara online untuk mempermudah penumpang dalam bertransaksi. 
cara pesan tiket kereta api onile
Tampilan Halaman Depan Web PT.KAI
Pemberlakuan ini tentunya disambut hangat oleh para penumpang, selain mudah, cara ini juga cukup menghemat waktu. Anda cukup pesan melalui website, ikuti langkah-langkahnya dan bayar pembelian tiket anda melalui ATM, internet banking atau minimarket (Indomart & Alfamart).

Nah, bagi anda yang ingin memasan tiket kereta Api secara online namun masih bingung dengan tata caranya, berikut kami bagikan panduan tentang "cara memesan tiket kereta api secara online".

Panduan dan cara memesan tiket kereta api secara online:

1. Pertama, masuk ke situs resmi PT. KAI https://tiket.kereta-api.co.id/
2. Pilih Menu “Reservasi Tiket” (bagian tengah header).
3. Masukkan data yang diminta
- tanggal ( Masukkan tanggal keberangkatan)
- stasiun asal (lokasi stasiun keberangkatan)
- stasiun tujuan (lokasi stasiun tujuan)
- jumlah penumpang (jumlah orang dewasa, anak-anak dan bayi)
Jika sudah diinput dengan benar, silahkan klik tombol “Tampilkan”.

4. Halaman selanjutkan akan menampilkan informasi jadwal dan reservasi. Silahkan pilih jam keberangkatan anda beserta kelas kereta yang dipilih (eksekutif/bisnis). Kemudian klik "Booking".
cara pesan tiket kereta api online
Tombol Booking
5. Setelah tombol booking anda klik, maka akan muncul pada halaman baru adalah detail rencana perjalanan yang berisi nama KA, tanggal, berangkat, datang, dan lain-lain. Jangan lupa ceklis kotak "saya setuju" dibagian bawah sebelum menekan tombol "Lanjutkan".

6. Tahap selanjutnya anda akan dibawa ke halaman pembayaran. Pada kolom info perjalanan, anda bisa memilih nomor dan posisi tempat duduk yang anda inginkan dengan cara menekan tombol pindah. Pilihlah tipe pembayaran yang anda suka, bisa menggunakan ATM, kartu kredit atau pihak ketiga seperti Minimarket atau Pos. Jika sudah, tekan tombol "Selanjutnya".
cara pesan tiket kereta api online
Tombol Pindah
7. Berikutnya, anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, isilah identitas anda dengan benar, INGAT data penumpang harus sesuai dengan KTP, tujuannya jika terjadi hal yang tidak diinginkan data anda mudah diproses. Jika data anda sudah diproses, silahkan isi kolom CAPTCHA dan kemudian klik tombol "Selanjutnya".
8. Halaman selanjutnya adalah konfirmasi pemesanan, silahkan klik “Print Bukti Pemesanan” agar gam. Jangan lupa untuk segera lakukan pembayaran, jika anda melewati batas waktu pembayaran yang telah ditentukan, maka tiket akan dianggap hangus.
cara pesan tiket kereta api online
Print Bukti Pembayaran
9. Setelah anda melakukan pembayaran, simpanlah struk tersebut untuk ditukarkan diloket stasiun kereta api. Biasanya anda juga akan mendapatkan tiket elektronik yang di kirim via email. Tukarlah struk/tiket tersebut ke loket stasiun minimal 1 (satu) jam sebelum keberangkatan.

Demikian informasi tentang "Cara memesan tiket kereta api secara online", semoga informasi ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua, khusunya anda yang akan beprgian menggunakan kereta api dan akan memesan tiketnya secara online.