Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Ternyata masalah kemampuan saat berfikir masih menjadi hal momok untuk kebanyakan orang, saat kita berfikir maka seluruh sistem syaraf otak akan bekerja terutama otak kanan manusia. Semua yang terjadi akan di rekam oleh otak kanan namun sekarang permasalahan yang kerap kali timbul yaitu hilangnya semua rekaman tersebut hanya dalam waktu singkat. tentu ini akan menjadi masalah yang sangat serius dan anda harus menemukan solusinya segera. Terutama bila umur anda masih dibawah 25 tahun dimana fase untuk belajar dan berkreasi ada dalam rentan umur diatas. Jadi caraseobali.com akan memberikan tips dan cara meningkatkan daya ingat anda dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang banyak kok, baca terus ya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Mengapa Manusia Sering Mengalami Masalah Lemahnya Daya Ingat ?

Pertanyaan yang bagus, sebelum kita mengetahui cara meningkatkan daya ingat, perlu juga anda mengetahui mengapa manusia sering mengalami hal tersebut, kualitas daya ingat yang dimiliki seseorang tidak hanya bergantung pada pendidikannya dan lingkungannya baik lingkungan belajar ataupun lingkungan fisik dimana dia menjalani kehidupan. Namun ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hal tersebut misalnya saja kehilangan seseorang yang berharga ataupun faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua nya. Untuk penyebab lainnya mungkin akan kami berikan listnya seperti dibawah ini :

  • Kurangnya tidur / tidur tidak teratur
  • Sering mengalami depresi
  • Diabetes
  • Penyakit tiroid
  • Kurangnya mengkonsumsi vitamin B12
  • Sering mengkonsumsi alkohol dan narkoba

Mungkin beberapa faktor diatas adalah penyebab anda mengalami lemahnya daya ingat saat berfikir, cobalah anda kroscek kembali apakah dalam diri anda mengalami faktor diatas.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Bila anda memiliki banyak uang, mungkin ke dokter adalah jalan yang tepat, menjalani terapi atau hal semacamnya, namun bila anda memiliki dana yang hanya pas pasan anda bisa melakukannya secara alami kok asal anda konsekuen untuk terus mengasahnya, berikut cara meningkatkan daya ingat dengan mudah :

1. Kembangkanlah kebiasaan baru dalam hidup anda

Pertama jika anda hanya melakukan hal yang monoton, itu itu saja setiap harinya maka cobalah untuk mengembangkan kebisaan baru dalam kehidupan anda. Contoh bila kebiasaan anda setiap hari menonton televisi cobalah untuk mengembangkannya dengan membaca koran, olahraga, dll.

2. Janganlah Berhenti Belajar

Buatlah daftar apa saja minat anda selama ini, coba mulai sekarang belajarlah untuk melibatkan anda dalam minat tersebut. Bila anda senang bermain musik cobalah ikut ke komunitas musik disamping menambah teman anda juga dapat menambah pelajaran baru dalam hidup anda.

3. Jalinlah hubungan sosial

Pada dasarnya manusia itu punya sifat ramah yang telah melekat dari saat dia dilahirkan, namun karena anda tidak mengasah dan membiasakannya maka sifat dasar ini akan terpendam. Cobalah memulai untuk sedikit bersosialisasi bersama teman ataupun keluarga anda, langkah paling mudah anda bisa ikut menjadi relawan dan memberikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan anda, ini adalah tempat paling enak untuk bersosialisasi.

4.  Perbanyak olahraga

Olahraga mampu meningkatkan sistem kerja tubuh anda terutama peredaran darah, penelitian menunjukan bahwa olahraga dengan rutin mampu meningkatkan kinerja jantung dan otak. Tidak perlu menjadi pelari maraton kok, cukup dengan berjalan cepat tidak lebih dari 20 menit sehari pun dapat anda lakukan dan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat anda.

5. Melatih pikiran dengan permainan

Sekarang ada begitu banyak permainan yang dapat membangkitkan kemampuan intelektual yang anda miliki, misalnya saja catur, teka teki, dan lain lain, selain memberikan suatu hiburan permainan ini pun dapat membantu anda bersosialisasi.

6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin

Perlu anda ketahui pula apa yang anda makan akan mempengaruhi kinerja fikiran anda, cobalah mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini :

  1. Sayur yang memiliki daun hijau, kubis, selada dan bayam
  2. Minyak zaitun ataupun minyak nabati semacamnya
  3. Ikan yang mengandung banyak lemak seperti sarden, salmon dll.
  4. Jus buah buahan
  5. Kembang kol
  6. Buah delima
  7. Kacang kacangan

beberapa macam makanan diatas telah terbukti mampu meningkatkan daya berfikir otak anda, jadi sangat dianjutkan untuk anda konsumsi, namun perlu anda ingat lakukanlah cara meningkatkan daya ingat ini secara konsisten, jadikan kebiasaan baru dalam hidup anda dan semoga bermanfaat.