Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

Tentu bagi sobat sekalian tidak asing lagi mendengar kata internet maupun intranet, namun kebanyakan dari kita belum memahami arti serta perbedaan antara keduanya. Meskipun dalam garis besar keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sama sama menghubungkan antara komputer dengan yang lainnya. kali ini Cara Seo Bali akan menjelaskan Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya secara lengkap.

Definisi Dan Pengertian Internet

Secara Harfiah, Internet ( interconnection networking ) yaitu sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan antara jaringan jaringan komputer dengan pengguna komputer yang ada di seluruh dunia, baik itu melalui telepon, melalui satelit dan bisa juga dengan sistem komunikasi lainnya. internet sendiri dibentuk dari jutaan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem global TCP / IP (Transmision Control Protocol / Internet Protocol) yang bertindak sebagai protokol pertukaran, inilah yang membuat sekelompok jaringan tersebut dapat bertukar informasi seperti text, gambar, video, audio, dan lain sebagainya yang saat ini bisa kita lakukan bersama.
Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya


Namun secara umum internet bisa di artikan sekumpulan jaringan komputer saling berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya sehingga terjadi pertukaran data menggunakan protocol TCP / IP, oh ya sekarang internet bukan hanya komunikasi antar komputer ya, kecanggihan teknologi sekarang ini telah mensejajarkan juga ke perangkan lainnya seperti Handphone ataupun mobile device lainnya.

Internet sendiri muncul sejak tahun 1969 yang dibuat melalui proyek ARPA oleh Departemen Pertahanan AS yang pada saat itu disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network), Sebenarnya proyek ini dibangun hanya untuk keperluan militer saja, tapi ternyata proyek ARPANET ini berkembang pesat sehingga semulanya hanya memiliki 4 situs universitas, menjadi banyak situs dari negara lain yang ingin bergabung ke proyek ini. Itulah penyebabnya ARPANET dibagi menjadi dua bagian yaitu MILNET (untuk militer) & ARPANET (untuk non militer).

Definisi Dan Pengertian Intranet

Hampir sama seperti internet, intranet juga adalah sebuah jaringan komputer (Private Network) yang berbasis Protokol TCP / IP, hanya saja penggunaannya sedikit lebih dibatasi atau bahkan tertutup, jadi tidak sembarang orang bisa mengakses intranet ini, hanyalah orang tertentu sajalah yang dapat masuk serta menggunakan intranet. Ini dikarenakan data yang ada di jaringan tersebut merupakan data penting, sebab intranet banyak digunakan pada internal perusahaan, kantor, kemeperin, dan company, universitas, sekolah dan sebagainya. Intranet juga disebut suatu jaringan lokal (LAN - Local Area Network) dimana hanya dapat mencakup wilayah lokal saja.

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya


5 Keuntungan Menggunakan Intranet adalah sebagai berikut :

  1. Intranet dapat membantu para penggunanya untuk menemukan berbagai informasi secara cepat dengan cara langsung mengakses database yang diperlukan, tentulah ini menggunakan aplikasi yang sesuai.
  2. Perusahaan dapat berbagi informasi secara lebih cepat dan lengkap kepada semua karyawannya dibandingkan melalui email dan sebagainya.
  3. Karyawan dapat selalu mengetahui peraturan dan kebijakan baru yang telah di buat oleh perusahaan mereka sehingga ini membuat komunikasi antar perusahaan dengan karyawan menjadi sangat efektif  baik itu secara vertikal (bawahan dengan atasan) ataupun horizontal ( karyawan dengan karyawan).
  4. Dapat membuat data - data pada perusahaan lebih mudah diakses kapanpun.
  5. Intranet dapat menjamin kesamaan informasi yang diterima, sebab semua penggunanya dapat melihat informasi yang sama pada suatu jaringan intranet.
Sesuai janji saya sebelumnya, kita akan membahas Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya, maka selanjutnya tinggal perbedaan diantara keduanya ya, silahkan anda lihat dibawah ini :

perbedaan internet dan intranet

Nah sekarang anda sudah cukup paham kan tentang pengertian dan perbedaan dari masing masing jenis jaringan di atas, semoga artikel tentang Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya ini bermanfaat, Terimakasih.