11 Cara Melaporkan Penipuan Jual Beli Online

Di jaman sekarang ini banyak sekali penipuan berkedok jual beli online. Ada yang melaporkan dan ada juga yang pasrah. Nah, agar si pelaku bisa tertangkap tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah melaporkan kasusnya ke pihak berwajib. Namun, bagaimanakah cara melaporkan penipuan jual beli online tersebut? Mulailah beraksi dengan menyiapkan berbagai persiapan untuk melaporkan kasus penipuan tersebut. Apa saja yang perlu anda siapkan? Di bawah ini sudah saya tuliskan cara melaporkan penipuan jual beli online.  

11 Cara Melaporkan Penipuan Jual Beli Online

11 Cara Melaporkan Penipuan Jual Beli Online


1. Hal-hal yang harus disiapkan

  • Langkah pertama anda harus menyiapkan bukti-bukti transaksi yang sudah anda lakukan dengan si penipu. Misalnya salinan blackberry messenger, salinan email, atau thread seller di FJB.
  • Langkah selanjutnya siapkanlah data-data si penipu. Misalnya nama pemilik rekening dan nomor rekening yang dipakainya, jika diperlukan siapkan juga nomor handphone atau teleponnya, bisa juga email atau websitenya.
  • Langkah ke tiga siapkanlah bukti transfer dari bank. Misalnya salinan internet banking atau salinan sms banking.

2. Buatlah  Laporan penipuan serta kronologi dari kejadian yang menimpa anda dengan materai sebagai pelengkapnya untuk laporan memblokir rekening si penipu online.

3. Bawalah laporan penipuan anda serta kronologinya tersebut ke kantor polisi. Nantinya akan ada proses penyelidikan. Setelah proses penyidikannyaanda akan mendapatkan surat keterangan tanda penerimaan laporan yang nantinya akan dibawa ke Bank untuk bukti lebih lanjut bahwa pemilik rekeningbank tersebut merupakan penipu.

4. Buatlah Surat Permintaan untuk menutup rekening atau surat pemanggilan si pelaku agar datang ke Bank. Lalu datang dan laporlah ke kantor cabang bank si penipu yang terdekat. Sampaikan bahwa anda telah tertipu oleh si pemilik nomor rekening serta sudah anda transferkan uang kepadanya. Sertakan juga bukti transfer anda beserta surat laporan polisi (fotocopy terlebih dahulu) agar pihak bank mau menampungnya. Usahakanlahdatang ke cabang besar bank agar lebih cepat proses penindaklanjutannya. Jika pihak bank mengatakan rekening tersebut tindak bisa diblokir tanpa permintaan si pemilik, anda harus berani melakukan berbagai upaya agar bank mau berbuat sesuatu untuk kasus anda. Intinya bank tersebut harus terus didesak.

5. Ajukanlah permohonan pemblokiran tersebut secara resmi dengan sesuai aturan bank. Biasanya akan ada form untuk diisi yang akan diberikan oleh pihak bank. Jika pihak bank masih mengatakan tidak bisa memblokir rekening si penipu, mintalah pihak bank tersebut untuk memanggil si penipu datang ke bank agar bisa dimintai keterangan.

6. Anda tinggal menunggu saja proses selanjutnya oleh pihak bank tersebut. Tinggalkanlahnomor telepon serta alamat anda agar pihak bank bisamenghubungi anda.

7. Jika lebih dari tiga hari anda tidak mendapatkan info apa-apa dari bank cobalah tanyakan kembali ke pihak bank dan mintalah untuk segeramemprosesnya

8. Setelah pihak bank mendatangkan si penipu biasanya pihak bank akan menyita ATM, buku rekening, dan lain-lain milik si penipu sampai sampai semua kasusnya jelas.

9. Bank akan meminta si penipu untuk menghubungiandaserta mengembalikan uang anda, nah pada masa ini anda akan bicara secara langsung dengan si penipu.

10. Selanjutnya uang anda akan dikembalikan oleh si penipu, namun pada masa ini langkah apa yang harus anda lakukan sesuai kesepakatn anda berdua selanjutnya. Misalkan saja si penipu tidak mampu mengembalikan uang anda, anda bisa mengambil langkah hukum untuk segera melaporkannya ke pihak berwajib.

11. Jika uang sudah anda dapatkan kembali biasanya pihak bank akan minta agar kasus tersebut segera ditutup, jadi anda akan disuruh untuk mengurus pencabutan perkara ke pihak polisi. Untuk  hal itu anda mintalah pengakuan kesalahan dari si penipuyang dibuat dalam bentuk surat bermaterai serta fotocopy KTP si penipu.

Itulah informasi cara melaporkan penipuan jual beli online di blog saya. Semoga saja bisa membantu.