6 Tips & Cara Mempercepat Kinerja Android

Cara mempercepat kinerja android - Android untuk saat ini merupakan salah satu dari sekian smartphone yang sangat banyak digunakan, tidak salah ada yang menyebutnya sebagai jenis ponsel sejuta umat. Android mampu sangat berkembang dikarenakan fasilitas aplikasi-aplikasi serta game yang juga sangat berkualitas sehingga membuat android menjadi pilihan dari setiap orang.

Selain memiliki kualitas yang baik semua aplikasi serta game tersebut bersifat gratis. Jadi, membuat para penggunanya mengunduh sesuka hati, tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi dari kinerja android itu sendiri. 

6 Tips & Cara Mempercepat Kinerja Android


Tips-Tips Cara Mempercepat Kinerja Android


Demi memperbaiki kinerja android yang mulai melemah atau melambat, inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Bersihkan chace secara rutin

Chace merupakan riwayat atau log dari aplikasi atau game yang telah dibuka. Chace menyimpan history dan pengaturan semua aplikasi atau game. Apabila semakin banyak aplikasi yang telah dibuka maka akan semakin pula chace yang terpendam sehingga membuat kinerja android semakin melambat, maka bersihkanlah chace ini secara rutin. 

2. Uninstall aplikasi yang tidak lagi terpakai

Android hanya memiliki kapasitas memori yang terbatas, terutama pada memori internal yang kebanyakan hanya mencapai kapasitas 4 GB. Apabila semua kapasitas memori ini diisi dengan semua file-file atau aplikasi serta game, tentu akan memperlambat kinerja android. Maka, cobalah untuk memindahkan file-file seperti gambar dan musik tersebut ke laptop atau komputer, serta hapuslah aplikasi-aplikasi dan game-game yang tidak terlalu penting.

3. Batasi widget dan live walpaper

Widget berfungsi untuk mempermudah navigasi penggunanya menuju aplikasi yang telah berjalan d tanpa harus menuju aplikasi. Dengan fasilitas ini kita tetap mendapatkan informasi mengenai aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Tapi apakah anda tahu bahwa ternyata penggunaan widget secara berlebih juga dapat memperlambat kinerja android dan menguras baterai, maka sebaiknya batasilah penggunaan widget.

4. Update android

Update android merupakan salah satu cara mempercepat kinerja android yang cukup efektif, dengan cara pilih menu setting terus pilih about phone dan system updates.

5. Rooting serta ROMing

Langkah lain yang juga efektif yaitu melakukan modifikasi android dengan rooting atau roming, tetapi sebelum anda melakukan ini ada baiknya untuk paham terlebih dahulu bagaimana melakukan aktivitas ini, sebab bisa-bisa android anda malah menjadi rusak.

6. Melakukan reset data pabrik

Reset pabrik dapat juga membuat kinerja android anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Reset pabrik disini akan membuat android anda me-refresh dan meremajakan kembali seperti pertama kali anda membeli smartphone ini. Sebelum anda melakukannya anda harus mem back up data anda terlebih dahulu, salah satunya dapat melakukan back up data ke Google sebagai pengembang android. Nantinya Google akan melakukan back up data sesuai dari aplikasi, password dan yang berkenaan dengan data-data yang lain. Atau bisa juga melalui kabel data dengan memindahkan semua aplikasi anda ke pc, apabila reset telah selesai maka semua aplikasi diupload kembali ke android anda.

6 tips cara mempercepat kinerja android ini dapat anda lakukan demi meningkatkan performa perangkat android baik dari handphone ataupun tablet.