Cara Root Android

Cara root android - OS yang paling banyak di sukai dan lagi heboh hebohnya di dua tahun terakhir ini yaitu android merupakan OS yang sangat powerfull menurut saya, disamping banyak aplikasi yang support di OS ini, kita juga bisa mengoprek android agar dapat kita ubah sistem yang ada didalamnya. Sebenarnya untuk melakukan rooting pada android ini termasuk cukup mudah, dan perlu anda ketahui juga untuk melakukan rooting tidak ada aturan tersendiri misalnya untuk type hp, merk hp, ataupun spesifikasi yang tertanam di ponsel tersebut. Dalam artian tidak ada ponsel android yang tidak dapat di root. Bila anda sedang mencari cara root android pada ponsel yang digunakan, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara Root Android

Fungsi Dan Kegunaan Root Pada Android


Root atau biasa disebut dengan rooting merupakan langkah menjebol sistem android serta mengaktifkan "super user" pada platform OS tersebut, itulah mengapa para vendor melarang sekali proses rooting dilakukan dan dapat menghilangkan garansi. Karena dengan ponsel anda di root tentu akan membuka kunci yang telah dilakukan oleh vendor hp tersebut yang sudah melalui prosedur keamanan terlebih dahulu. Tak kala banyak orang yang menghiraukan peringatan ini karena memang banyak sekali aplikasi yang mengharuskan ponselnya harus di root agar dapat digunakan, sebelum anda melanjutkan cara root android ini maka ketahuilah dulu apa kerugian saat melakukan root, berikut kerugiannya :

  • Menghilangkan garansi ponsel anda meskipun ponsel tersebut masih dalam masa garansi.
  • Mudah terserang virus, karena kita membuka kunci keamanan yang telah dilakukan oleh vendor hp tersebut maka resikonya ponsel anda akan mudah terserang virus.
  • Mudah mengalami kerusakan pada software.

Cara Melakukan Rooting Pada Ponsel Android


Jika anda sudah mengetahui resikonya dan telah setuju akan resiko tersebut, maka caraseobali.com akan berikan proses dan cara root android dengan mudah.

Bahan yang harus ada saat melakukan rooting :

  • Komputer yang telah terinstall driver ponsel anda, ini bertujuan agar komputer anda dapat mengenali ponsel yang akan di root nantinya.
  • Ponsel android yang akan di root.
  • Aplikasi unlockroot pro 4.1 + serial, silahkan download disini.
  • Kabel data, untuk menghubungkan komputer dengan ponsel.

Langkah Langkah Melakukan Rooting :

  • Install terlebih dahulu aplikasi unlockroot pro yang telah di download tadi.
  • Lalu colokkan smartphone ke komputer menggunakan kabel data, ubahlah pengaturan USB Debugging pada smartphone kalian dengan cara masuk ke pengaturan - aplikasi - pengembangan - lalu centang menu USB Debugging (letaknya bisa berbeda beda di setiap ponsel android namun hampir sama saja kok tempatnya).
  • Ponsel anda akan di deteksi oleh komputer, jika sudah buka aplikasi unlockroot pro yang telah di install sebelumnya lalu klik saja tombol root.
  • Tunggu hingga proses rooting pada android anda selesai, bila langkah langkahnya sudah benar dan proses telah selesai maka smartphone android anda akan otomatis melakukan restart.
  • Selesai, hp anda telah berhasil di root.

Saat melakukan cara root android anda tidak perlu takut ataupun panik, proses rooting tidak akan merusak gadget anda kok jadi lakukan dengan santai saja. Semoga bermanfaat & terimakasih.
Baca juga : Cara upgrade OS Android