Sejarah Dan Pengertian Komputer

Komputer merupakan alat yang dipakai untu mengelolah data dengan prosedur-prosedur yang telah dirumuskan. Nama alat yang secara umum digunakan untuk proses perhitungan aritmatika tanpa mesin pembantu ini berasal dari kata cimputere yang berarti menghitung aritmatika. Kali ini saya akan membahas menganai sejarah dan pengertian komputer.

Sejarah Dan Pengertian Komputer

Sejarah dan Pengertian Komputer Menurut Ahli


Sejarah komputer

Komputer selalu mengalami pembaruan dari sejak munculnya, dari generasi ke generasi, hingga sampai saat ini. Komputer di generasi pertama muncul pada waktu perang dunia yang melibatkan seluruh negara-negara di dunia yang juga terus berusaha mengembangkan komputer. Di tahun 1941 seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membuat sebuah Komputer z3 yang digunakan untuk mendesain peluru kendali dan pesawat. Di pihak sekutu, komputer juga terus dikembangkan dan digunakan untuk memecahkan kode rahasia colossus. Seorang insinyur (1900-1973) berhasil menghasilkan kalkulator elektronik yang panjangnya berukuran setengah bola kaki dan memiliki kabel sepanjang 500 mil. Pada pertengahan tahun 1940an, John Von Neuman (1903-1957) bekerjasama dengan University of Pennsylvania membangun perencanaan design komputer untuk waktu empat puluh tahun. Von Nemuman mendesain edvac pada tahun 1945 menggunakan memori peyimpan. Baik sebuah program maupun data yang lainnya. pada th. 1951 Universal Automatic Computer membuat remington rand jadi komputer komersial untuk pertama kali yang manfaatkan model arsitektur Von Neuman.

Komputer generasi pertama dicirikan dengan fakta-fakta bahwa instruksi sebuah operasi dibuat sepisifik untuk tugas khusus. Setiap komputer memiliki program sebuah kode biner yang dimaksud dengan bahasa mesin. Ciri lainnya yakni pengunaan tube vakum yang membuat komputer yang berukuran sangat besar, serta sebuah slinder magnetik untuk menyimpan data.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer merupakan sebuah mesin penghitung yang dapat menerima informasi secara digital dengan cepat, kemudian memprosesnya sesuai program yang tersimpan di dalam memori, yang kemudian akan menghasilkan keluaran atau output yang berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).

Beberapa pengertian komputer menurut pendapat para ahli di beberapa buku komputer:

Robert H. Blissmer (Buku Computer Annual)

  • Komputer merupakan alat elektronik yang mampu bertugas sebagai berikut:
  • Menerima masukan atau input
  • Memproses input sesuai dengan program
  • Menyimpan perintah serta hasil pengolahan
  • Menyediakan keluaran yang berupa informasi


Donlad H. Sanders (Computer Today)

Komputer merupakan sebuah sistem elektronik yang mampu memanipulasi sebuah data dengan cepat, tepat, dan akurat yang sudah diorganisasikan dan dirancang agar mampu secara otomatis menerima dan menyimpan data masukan atau inpu yang kemudian diproses dan menghasilkan keluaran atau output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi program yang telah tersimpan di dalam memori (stored program)

Dilihat dari berbagai pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang mampu menerima input, mengolahnya dengan menggunakan program yang ada di dalam memori komputer, memberikan output berupa informasi dan mampu menyimpan program serta hasil olahan dalam sebuah media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk atau tempat penyimpanan lainnya.

Itulah tadi sekilas mengenai sejarah dan pengertian komputer. Semoga dapat bermanfaat.