4 Kelebihan Twitter Dibanding Facebook

Kelebihan twitter dibanding dengan facebook - Facebook merupakan salah satu media sosial yang menduduki peringkat pertama sebagai sosmed dengan user tertinggi di seluruh dunia. Selain itu, dari 100 website yang paling sering diakses di Indonesia, situs Facebook berhasil menduduki peringkat pertama sebagai situs yang paling sering diakses.

Sedangkan untuk situs sosial media saingan facebook, yaitu twitter hanya mampu menempati peringkat 17 sebagai situs yang paling sering diakses di Indonesia. Padahal, apabila dilihat dari sisi lain twitter sebenarnya memiliki kelebihan dan ciri khas yang tidak dimiliki oleh Facebook. Apa saja kelebihan dan ciri khas tersebut? Berikut beberapa kelebihan Twitter dibanding dengan facebook.

4 Kelebihan Twitter Dibanding Facebook


Beberapa Kelebihan Twitter Dibanding Dengan Facebook


1. Penulisan status ringkas

Facebook membatasi dengan 420 karakter untuk update status penggunanya, sedangkan twitter hanya membatasi 140 karakter (simbol, huruf, angka dan spasi) untuk setiap update. Jadi, untuk update status di Twitter status yang akan dibuat lebih ringkas dan benar-benar hal pokok bukan hal yang bertele-tele.

2. Tidak menggunakan threaded comment

Pada sistem penulisan komentar pada twitter, pengguna yang ingin membalas suatu komentar pada update status terbarunya menyertakan @nama orang yang ingin dibalas. Inilah yang membuat sosial media twitter lebih unggul dan unik, karena sistem ini tidak dimiliki oleh Facebook. Dengan adanya sistem ini membuat user pada twitter harus lebih aktif dalam menyapa para pengikutnya supaya dapat tweet balasan.

Para pengguna facebook biasanya membalas komentar dengan sisitem threaded comment, yaitu menuliskan komentar di bawah update status tersebut, begitu seterusnya secara urut.

3. Following dan followers

Kelebihan twitter dibanding facebook. Di twitter, jika ingin mengikuti update status terbaru seseorang maka kita harus menjadi follower tanpa meminta pertemanan. Dengan cara ini kita dapat memilih orang-orang yang kita ingin ikuti dan status terbarunya otomatis akan timbul di timeline kita. Selain itu, kita juga bisa unfollow seseorang yang tidak kita inginkan, agar status terbarunya tidak hadir di timeline kita.

Sedangkan di facebook, status terbaru dari semua daftar pertemanan akan tampil di beranda kita, dan juga sebalikya status terbaru kita dapat dilihat oleh semua orang, tanpa dibedakan antara teman akrab atau teman yang belum kenal sekalipun, untuk memberhentikannya, otomatis kita harus memutuskan pertemanan.

4. Hashtag dan tranding topic

Hashtag dan tranding topic untuk saat ini belum dimiliki oleh facebook, hashtag yaitu dipakai untuk menandai topik tertentu yang menjadi bahan perbincangan paling ramai oleh tweps. Simbol yang digunakan ialah # untuk mengelompokkan suatu topik, misalnya #pengakuan dan lain sebagainya.

Dengan adanya hashtag ini membuat kesempatan bagi para corporote brandind dalam target pemasaran, selain itu hal ini juga bermanfaat bagi para politikus dalam melihat isu-isu aktual dan juga bermanfaat untuk setiap orang dalam mengikuti trend global.

Itulah beberapa kelebihan twitter dibanding facebook. Semoga dapat memberi wawasan bagi anda semua.