5 Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Hingga saat ini, email telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan manusia sebagai mahluk sosial. Pemilik email dapat mengirimkan berbagai file dengan mudah kepada orang yang keberadaannya sangat jauh sekalipun hanya dengan hitungan detik. Terlebih lagi, di zaman sekarang ini banyak sekali urusan daftar-mendaftar di berbagai kegiatan seperti pekerjaan ataupun sekolah yang diharuskan memakai alamat email sebagai konfirmasi pendaftaran tersebut. Apalagi jika anda adalah pelaku dari bisnis online, tentulah sangat membutuhkan email, terutama email yang mudah dihafal serta pendek.

Sebenarnya, ada begitu banyak situs layanan penyedia email secara gratis seperti misalnya Yahoo, Gmail, Hotmail, dan berbagai layanan email gratis lainnya yang bisa dimanfaatkan. Mungkin juga sebagian besar masyarakat telah memiliki akun email yang gratisan seperti di atas. Nah, untuk email dengan domainnya sendiri dapat dipastikan masih lumayan sedikit yang punya karena memang fasilitas email dengan menggunakan domain sendiri ini berbayar alias tidaklah gratis.

Jika anda mempunyai hosting serta domain sendiri, maka anda bisa membuat alamat email dengan menggunakan domain anda sendiri. Nantinya, alamat email yang anda miliki tidak akan ada embel-embel seperti admin@yahoo.com atau admin@gmail.com, namun langsung saja nama domain milik anda seperti misalnya admin@namanda.com. Sangat menarik bukan?

Tentu saja jika anda menggunakan alamat email tersebut, alamat email anda akan lebih mudah dihafal orang lain, sehingga mempermudah banyak orang dalam berkomunikasi bersama anda via email, misalnya karena ada keperluan mendadak yang penting. Keuntungan lain, anda secara tidak langsung telah melakukan promosi alamat website/url blog anda dengan menggunakan alamat email yang memakai domain sendiri. Saya akan memberikan anda cara membuat email domain sendiri.

Untuk membuat email yang menggunakan nama domain anda sendiri, caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu meluangkan sedikit saja waktu demi mengikuti beberapa langkah yang akan saya berikan berikut ini. 

5 Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri


5 Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri


1. Pastikan bahwa anda telah mempunyai hosting serta domain sendiri
2. Silahkan anda log in terlebih dahulu di Cpanel dengan urlhttp://namadomainn.com/cpanel
3. Di menu emailnya, silahkan anda memilih pilih opsi email accounts
4. Lalu anda lengkapi formulir yang disediakan
  • Nomor 1 isilah dengan nama email yang anda inginkan
  • Nomor 2 isilah dengan password email yang anda inginkan
  • Nomor 3 isilah dengan password sekali lagi sebagai konfirmasi
  • Nomor 4 isilah kuota email anda atau kapasitas untuk penyimpanan file di dalam akun email anda

5. Selanjutnya tinggal anda klik “create account” dan email anda sudah selesai dibuat melalui Cpanel. Untuk dapat membuka akun email yang sudah dibuat bisa anda buka di url http://namadomain/webmail

Nah, itulah tadi cara membuat email dengan domain sendiri. Caranya sangatlah mudah bukan? Silahkan dicoba!