9 Cara Belajar Efektif Yang Baik

Ada pepatah yang mengatakan belajarlah sampai ke negeri Cina. Ya, sebagai manusia, hal yang selalu dilakukan sepanjang hidup ini memanglah belajar dan terus belajar. Di manapun serta kapanpun itu. Tentunya hal tersebut berlaku mulai dari pelajaran tentang kehidupan, hingga pelajaran formal di sekolah. Tapi bagaimana jika kita dihantui rasa jenuh atau malas belajar? Saya akan memberikan solusinya dengan artikel yang berjudul Cara Belajar yang Efektif ini. 

9 Cara Belajar Efektif Yang Baik


9 Tips & Cara Belajar Efektif yang Baik


1. Tidak Ada Mood

Ketika hal yang satu ini sudah anda alami, tentunya menjadi hal yang sangat sulit untuk dilawan. Namun, kembalikan lagi ke tujuan anda belajar. Jika anda bersungguh-sungguh mau belajar, jangan mau kalah hanya karena anda sedang dilanda tidak mood untuk belajar.

2. Di Manapun Itu

Ketika anda memutuskan mempelajari sesuatu, pelajarilah dengan sungguh-sungguh. Carilah tempat yang anda suka dan nyaman bagi anda untuk belajar, di manapun itu.

3. Jangan Menumpuk

Jangan mau belajar sistem kebut semalam atau SKS. Apalagi ketika anda akan menghadapi ujian. Seharusnya anda belajar setiap hari, kapanpun itu, di saat anda punya waktu luang untuk belajar. Sehingga tidak akan menumpuk pelajaran yang seharusnya sudah anda kuasai. Seorang yang besoknya mau ujian, tidak boleh bergadang hanya untuk memenuhi kebutuhan belajarnya dari semua materi yang sudah menumpuk karena belum dipelajari. Saat malam menjelang ujian seharusnya anda hanya tinggal mengulang beberapa hal saja yang mungkin bisa anda lupakan. Sehingga besoknya saat ujian anda berada dalam kondisi yang fit untuk mengerjakan soal.

4. Berdiskusi

Manusia sebagai mahluk sosial perlu bersosialisasi dan berdiskusi dengan manusia lainnya. Begitu juga dalam hal belajar. Ketika anda kurang bisa menguasai sebuah materi pelajaran, cobalah melakukan diskusi berkelompok untuk saling menggali informasi. Ini akan sangat bermanfaat untuk diri anda dan juga teman diskusi anda. 

5. Sesekali Pakai Musik

Ada beberapa orang yang tergila-gila dengan musik. Baik itu musik yang keras ataupun yang ringan. Ketika anda belajar, boleh saja diiringi dengan musik jika memang itu menambah konsentrasi dan semangat anda untuk belajar.

6. Bukan Menghafal

Siswa ataupun mahasiswa jaman sekarang ini, tidak lagi dituntut untuk menghafal. Metode menghafal hanya akan membuat anda mengingat materi tersebut dalam waktu yang singkat dan akan segera melupakannya begitu hafalan anda sudah sangat banyak. Jadi, cobalah memahami semua materi. Ketika anda memahaminya, otomatis anda akan mengingat intinya.

7. Jangan Malu Bertanya

Pepatah menyebutkan malu bertanya, anda akan sesat di jalan. Pepatah ini berlaku untuk semua hal yang dilakukan manusia. Jangan merasa gengsi untuk menanyakan materi yang mungkin belum anda pahami. Cobalah bertanya pada seseorang yang anda anggap memahami materi yang belum anda kuasai. Siapa tahu anda dapat menjadikannya teman diskusi yang sebenarnya juga memerlukan anda untuk bertanya.

8. Coba Lagi !

Semua pelajaran dalam hidup, manusia harus menerapkan hal yang satu ini. Ketika mengalami kegagalan, cobalah lagi. anda tidak akan sukses jika anda tidak mengalami kegagalan. Karena memang tidak ada orang sukses di dunia ini tang bisa langsung berhasil. Ilmuwan sekalipun bisa sampai mengalami kegagalan hingga beratus kali, baru bisa mendapat pengakuan atas kerja kerasnya karena telah sukses mencapai sesuatu.

9. Mencintai Pelajaran

Cintailah apapun yang akan anda lakukan. Baik itu pekerjaan, apalagi pelajaran. Seseorang untuk nyaman menjalani sesuatu harus melakukannya dengan cinta. Ketika anda mencintai pelajaran anda, hal yang akan terjadi anda akan merasa nyaman terus berkutat dengannya. Sehingga nanti anda akan selalu belajar dan terus mau belajar.

Itulah 9 cara belajar efektif yang baik dari saya semoga bermanfaat.