Cara Membuat Partisi Harddisk Komputer Win 7 Tanpa Software

Bagaimana cara membuat partisi harddisk pada komputer? Mungkin, ini pertanyaan bagi sebagian orang yang belum pernah melalukan partisi harddisk pada komputer dan sedang mencarai informasi mengenai hal tersebut. 

Partisi harddisk yaitu kegiatan membagi harddisk menjadi bagian yang lebih kecil, misalnya di komputer anda memiliki harddisk yang berukuran sebesar 200 GB, dan anda sangat berkeinginan untuk membaginya menjadi 2 bagian dengan 100 GB dan 100 GB. 

Tujuan kebanyakan orang yang  melakukan partisi harddisk pada komputer, biasanya agar mereka dapat menginstall OS lain, semisal Linux atau Dual Boot. Untuk kesempatan kali ini saya akan share cara partisi harddisk pada komputer anda khusus untuk Windows 7 tanpa menggunakan software. Karena Windows 7 untuk saat ini masih banyak digunakan di komputer ataupun laptop.

Cara Membuat Partisi Harddisk Komputer Win 7 Tanpa Software


Cara Membuat Partisi Harddisk Pada Komputer Tanpa Menggunakan Software Khusus Windows 7


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan klik START, lalu kemudian klik kanan pada COMPUTER, dan pilihlah MANAGE.
  2. Tunggu sampai loading selesai, loading disini akan lumayan lama karena kegiatan ini langsung berurusan dengan harddisk, kemudian, akan tampil bagian-bagian partisi pada komputer atau laptop anda.
  3. Anda dapat menentukan nama pasrtisi harddisk serta ukuran atau kapasitas yang akan anda buat, untuk partisi Disk kali ini saya contohkan dengan memberi nama New Volume, dengan dibagi menjadi 2 bagian dengan kapasitas 20 GB dan akan dibagi masing-masing menjadi 10 GB.
  4. Kemudian klik kanan NEW VOLUME lalu pilih SHRINK VOLUME.
  5. Kemudian pilih ENTET THE AMOUNT, kemudian isilah besar harddisk yang diinginkan, karena cara membuat partisi harddisk komputer ini dalam bentuk MB, maka dapat diisi dengan 10000MB yang artinya menjadi 10 GB (1000MB=1GB), kemudian SHRINK dan tunggulah sampai proses loading berakhir. Apabila loading tersebut telah selesai maka akan ada tampilan disk baru sebesar 9.77GB (10GB) yang masih free space, maksudnya disini partisi harddisk tersebut masih belum dibuat dan belum bisa digunakan, untuk dapat digunakan maka harus buat partisinya dulu.
  6. Kemudian, klik kanan yang free space tadi, lalu pilih NEW SIMPLE VOLUME, kemudian akan muncul tab baru, lalu klik NEXT, kemudian trus NEXT lagi sampai muncul halaman baru.
  7. Pada halaman baru tersebut, akan ada tampilan yang menyatakan bahwa kegiatan partisi telah rampung dengan baik, untuk dapat membuktikannya anda bisa langsung mengecek dengan membuka MY COMPUTER dan lihatlah pada bagian my computer tersebut akan ada Disk baru yang telah dipartisi tadi, misalnya New Volume dengan ukuran 9,77GB.

Beginilah cara membuat partisi harddisk komputer tanpa menggunakan software dan khusus untuk Windows 7, apabila anda ingin mempartisi lagi, cukup dengan mengulangi kembali langkah-langkah di atas, dan dapat digunakan sesuai dengan keinginan anda.