5 Cara Menghilangkan Grogi yang Berlebihan

Banyak sekali orang bermasalah dengan percaya dirinya. Kurangnya percaya diri dapat menyebabkan rasa grogi pada saat-saat penting anda. Misal pada saat akan menghadapi banyak orang seperti sedang presentasi. Hal ini hampir dialami oleh semua orang. Bahkan untuk orang yang sudah berpengalam dalam berbicara di muka umumpun masih sulit terlepas dari ras grogi tersebut. Beberapa pakar menyebutkan bahwa perasaan demam panggung atau grogi ini dapat disebabkan karena masalah percaya diri yang menjadi lemah secara mendadak.

Beberapa anjuran yang dapat menghilangkan grogi seperti melakukan persiapan secara lebih matang lagi. Namun tetap saja grogi selalu datang secara mendadak. Nah, ketika anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya hingga matang namun tetap saja tidak berhasil menghilangkan rasa grogi anda, mungkin ada beberapa hal yang harus lebih anda perhatikan. Saya akan memberikan cara menghilangkan grogi itu.

Cara Mengatasi Kecemasan

Cara Mengatasi Grogi Yang Berlebihan


1. Energi Positif

Pahami bahwa rasa grogi yang mucnul merupakan energi positif anda. Apa yang dirasakan saat anda sedang grogi? Banyak gejala tentunya. Seperti dada yang berdebar, bibir bergetar, sulit berkata-kata, keringan dingin, serta darah yang terasa mengalir sangat cepat. Pahamilah bahwa semua itu merupakan dorongan dari energi positif anda yang meluap dari dalam diri. Tidak ada kesalahan dari energi tersebut. Seharusnya anda dapat menjadikannya sebagai pendorong agar hal yang akan anda lakukan berhasil dengan sempurna.

2. Bersikap Nothing To Loose

Keinginan anda untuk bersikap dengan baik dapat mendorong menimbulkan perasaan grogi. Negatifnya, pikiran manusia biasanya sering terbebani oleh berbagai ketakutan akan kesalahan yang bisa saja terjadi. Seperti kekhawatiran jika terjadi kegagalan, kecemasan jika melakukan kekonyolan, serta berbagai bayangan negatif lain. Sebelum anda memanfaatkan energi grogi tersebut secara positif, anda terlebih dahulu perlu perlu menetralisir emosi tersebut. Bersikaplah bahwa tidak ada sesuatu yang harus ditakutkan.

3. Tenangkan Diri

Tenangkanlah diri. Pada saat menunggu giliran, aturlah napas anda dengan cara menariknya sedalam mungkin lalu menghembuskannya dengan sangat pelan. Keluarkan semua energi negatif yang memenuhi dada anda dengan hembusan napas tersebut. Tenangkan emosi dan pikiran anda. Agar lebih tenang, lakukan dengan memejamkan mata. Kumpulkan energi sebaik-baiknya.

Mungkin anda bisa juga menerapkan cara ini

  • Duduk dengan posisi yang santai dengan kaki terlentang.
  • Letakkan tangan di perut. Menggunakan perut, bernapaslah perlahan melalui hidung. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perut anda akan membesar dan anda akan merasakannya melalui tangan.
  • Buang napas secara perlahan melalui hidung dan lakukan dengan sedikit tenaga sehingga perut bisa tertarik masuk ke dalam menuju punggung anda.
  • Tarik dan buang napas selama 30 kali, ambillah napas yang perlahan dan dalam.
  • Setelah anda mengambil 30 kali napas dalam dan fokus untuk menghitungnya, maka tidak hanya anda akan merasakan lebih santai dan terfokus, tubuh anda juga akan secara otomatis bernapas seperti itu tanpa perlu fokus padanya.
  • Mengambil napas dengan menggunakan perut akan berguna juga ketika anda mulai merasa gugup atau tidak fokus ketika anda dalam interview/presentasi pertemuan.

4. Kerahkan Energi

Kerahkanlah energi yang anda punya. Lepaskanlah seluruh energi yang terkekang itu. Jika para audiens memberikan tepuk tangan yang meriah untuk pembicara yang sedang tampil, anda juga harus memberikan tepuk tangan semeriah mungkin. Lakukan dengan cara berdiri yang sigap. Anda harus berjalan dengan mantap dan tegap.

5. Keras dan Lantang

Cara menghilangkan grogi yang terakhir adalah berbicaralah dengan lantang dan keras. Jika anda berbicara terlalu lambat, bibir anda akan semakin bergetar, suara anda juga akan bergetar. Salurkanlah rasa grogi yang ada melalui suara anda tersebut. Hal ini bukan hanya dapat mengatasi kecemasan dan kekhawatiran anda, namun juga membantu anda menyalurkan energi tersebut.

Nah, itulah tadi kelima cara menghilangkan grogi yang anda rasakan.