Tips Dan Cara Membuat Makalah Yang Baik & Terstruktur

Cara membuat makalah - Makalah merupakan sebuah karya akademis yang biasanya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah yang membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Makalah termasuk dalam karya tulis ilmiah yang artinya penulisannya harus terstruktur, objektif dan sesuai dengan EYD. 

Tips Dan Cara Membuat Makalah Yang Baik & Terstruktur


Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Serta Terstruktur


Dengan adanya kaedah-kaedah dalam penulisan makalah, membuat kebanyakan orang mungkin belum begitu pandai dalam menyusun makalah yang baik dan benar. Dalam menyusun makalah kita setidaknya harus memperhatikan 8 unsur penting dalam pembuatannya, seperti di bawah ini.

1. Cover

Dalam pembuatan suatu cover yang baik dan tepat harus meliputi:
Nama atau judul dari makalah
Logo lembaga
Identitas penulis atau pemakalah yang mengajukan makalah
Nama lembaga
Tahun akademik

2. Judul Makalah

Pada halaman ini, penulisan judul makalah hanya disertai nama penulis atau pemakalah (tapi ada juga yang tidak menyertai nama pemakalah)

3. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan sebuah prakata dari penulis atau pemakalah untuk menyuguhkan karya tulisnya terhadap pembaca. Kata pengantar harus meliputi:

  • Salam pembuka
  • Pembuka
  • Gambaran singkat dari proses pembuatan makalah
  • Ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak tertentu yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
  • Penutup
  • Salam penutup
  • Nama penulis atau pemakalah


4. Daftar Isi 

Daftar isi dibuat untuk memudahkan pembaca dalam mencari materi yang ada dalam makalah.

5. BAB I Pendahuluan

Cara membuat makalah. Pada bagian ini, kita telah memasuki salah satu dari bagian penting dalam penyusunan suatu makalah, karena pada bagian ini kita akan mulai membahas mengenai konsep, rencana, gagasan, permasalahan serta tujuan dari penulisan makalah yang dijelaskan dalam latar belakang.

Setelah itu, baru masuk pada rumusan masalah, yakni membahas tentang masalah-masalah yang diangkat dalam materi makalah tersebut. Kemudian tujuan, yakni menyangkut tentang tujuan yang diperoleh dari penulisan makalah.

6. BAB II Pembahasan

Pada bagian ini kita mulai masuk ke bagian inti penulisan makalah, yaitu bagian untuk menguraikan isi atau materi makalah mulai dari:

  • Pengertian atau definisi
  • Ulasan seputar materi
  • Menggunakan alur perbandingan (jika ini diperlukan)
  • Penyelesaian masalah, berikut solusi dan kontribusi penulis terhadap permasalahan yang berkaitan dengan materi makalah yang sedang diangkat.


7. BAB III Penutup

Bab III berisi tentang simpulan, menyangkut tentang pendapat penulis berdasarkan apa-apa yang telah diuraikan dalam penyusunan makalah tersebut atau keputusan yang berhasil ditentukan berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka atau bias juga disebut dengan daftar kepustakaan merupakan bagian terkahir dalam pembuatan makalah (sebelum cover belakang). Daftar pustaka berisi nama-nama literatur yang telah dijadikan referensi dalam penyusunan makalah tersebut.

Dalam pembuatan daftar pustaka memiliki kaedah yang harus diperhatikan, seperti mengurutkannya berdasarkan huruf abjad, dan baris kedua agak masuk ke bagian dalam. Dapat dilihat pada contoh:
Pradopo, Rachmat Djoko, dkk. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.

Semoga dengan cara membuat makalah yang baik dan benar di atas akan dapat membantu anda yang hendak membuat sebuah makalah.