Penyebab Akun Facebook Menjadi Checkpoint

Pernahkah anda mengalami peristiwa yang cukup menyebalkan ketika anda mau log in di facebook? Seperti halnya facebook yang tidak-tiba tidak bisa dibuka baik itu karena check point atau karena di hack orang. Saya akan membahas penyebab akun facebook menjadi checkpoint dan cara mengatasinya.

Penyebab Akun Facebook Menjadi Checkpoint


Penyebab Akun Facebook Menjadi Checkpoint dan Cara Mengatasi


Saah satu penyebab tidak bisa dibukanya akun facebook ialah karena facebook anda memang diblokir oleh sistem atau pihak facebook. Kenapa bisa facebook anda diblokir? Hal inilah yang disebut dengan checkpoint. Sejumlah hal yang menjadi penyebab akun facebook kena checkpoint seperti teman pengguna lain yang membuat anda terblokir dengan cara melaporkan anda ke pihak facebook karena tidak senang dengan kiriman yang anda update di facebook, atau pengguna lain yang melaporkan anda karena kiriman di facebook yang tidak bermoral, dan sebagainya yang merupakan sebuah pelanggaran bagi pihak facebook. Solusi untuk kasus ini sedikit lebih rumit dan membutuhkan sebuah keberuntungan serta tergantung pada besar atau kecilnya masalah apa penyebab akun facebook menjadi checkpoint.

Pastinya ketika anda mengalami hal seperti ini, anda harus tetap tenang dan jangan panik.  Anda harus mengecek email milik anda sendiri, biasanya pihak facebook akan memberikan penjelasan melalui email ketika terjadi blokir atau checkpoint oleh pihak facebook. Telitilah apa penyebabnya, hal ini lebih berguna ketimbang anda melakukan komplain atau banding.

Kemudian, anda jangan terlalu terburu-buru membuat akun facebook yang baru dengan menggunakan email yang juga dipakai di akun facebook lama. Hal ini akan membuat akun facebook anda yang terkena checkpoint tidak akan pernah bisa dibuka lagi karena secara otomatis terhapus.


Anda dapat mengiriman surat pada ‘appeals [at] facebook.com’ atau dapat pula di ‘login [at] facebook.com’ dan ‘disabled [at] facebook.com’. buatlah permohonan supaya pihak facebook mengembalikan akun anda. Kemukakan bahwa anda tidak akan pernah lagi mengulangi perbuatan atau pelanggaran yang sudah menjadi penyebab akun facebook menjadi checkpoint. Kemukakan pula bahwa akun facebook anda merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan anda, seperti facebook yang menjadi tempat sejumlah album foto anda serta ajang untuk dapat terus berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Usahakanlah menggunakan bahasa Inggris dengan waktu terbaik mengirimkannya di waktu malam hari.

Langkah selanjutnya anda tinggal menunggu balasan pihak facebook, biasanya minimal 24 jam bahkan hingga beberapa hari. Biasanya jika pelanggaran yang menyebabkan facebook menjadi checkpoint yang telah anda lakukan tergolong ringan, pihak facebook mau mempertimbangkan dengan sejumlah persyaratan. Anda cukup membalas email balasan tersebut dengan mengemukakan bahwa anda mau mematuhi semua persyaratan tersebut. Namun, jika kesalahan yang anda lakukan cukup besar pihak facebook tidak akan membalas email anda, bahwa hal tersebut sudah menjadi keputusan final pihak facebook dan anda tidak akan pernah bisa mengakses akun anda untuk selama-lamanya.