2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto Online

Bagi anda yang menggunakan beberapa layanan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, path atau pun situs media sosial lainnya pasti sering melakukan upload foto. Namun sebelum mengupload sebaiknya anda memperkecil ukuran foto tersebut terlebih dahulu agar dapat mempercepat proses loading selama mengunggah. Ukuran foto yang besar dapat memperlambat proses memuat gambar dan tidak menutup kemungkinan proses memuat gambar akan gagal apabila koneksi internet anda tidak stabil. Cara memperkecil ukuran foto online dapat menggunakan aplikasi photoshop atau sofware lainnya yang tersedia dalam komputer anda. Terus bagaimana bila anda tidak memiliki salah satu software yang dimaksud?. Anda tetap bisa mengubah ukuran foto online melalui beberapa situs yang ada di internet. 

Mengubah ukuran foto yang dimaksud diatas adalah mengubah ukuran kilobyte atau megabyte-nya foto anda. Melakukan perubahan ukuran pada gambar artinya akan mengubah kualitas gambar tersebut, jika anda mengecilkan ukurannya artinya anda juga mengurangi kualitas pada gambarnya begitu pula sebaliknya. Beberapa situs di internet yang dapat anda manfaatkan untuk memperkecil ukuran foto online.

Software Gratis Untuk Memperkecil Ukuran Foto Online


Memperkecil Ukuran Foto Online Menggunakan situs “Jpeg Optimizer”


Terlebih dahulu anda harus mengunjungi alamat website Jpeg-optimzer.com setelah itu anda akan melihat halaman utama yang tampil pada layar komputer anda yang terdiri dari beberapa kolom seperti kolom browse yang berfungsi untuk mengambil foto di komputer anda, kolom compress image berfungsi untuk memperkecil ukuran foto dengan persentase sesuai kebutuhan anda, dan kolom resize photo berfungsi memperkecil resolusi pada foto anda. Setelah anda melakukan aktivasi pada tiap kolom selanjutnya anda klik kolom optimize photo lalu foto anda akan diproses. Bila proses telah selesai anda bisa pilih menu save as dengan mengklik kanan di atas foto lalu foto anda akan tersimpan dalam komputer anda maka setelah itu memperkecil ukuran foto online dengan situs Jpge optimizer sudah selesai.


Memperkecil Ukuran Foto Online Menggunakan situs “resizenow.com”


Cara mengubah ukuran foto online dapat juga memanfaatkan situs resizenow.com. Caranya sangat mudah, anda lakukan kunjungan website resizenow.com dan pada halaman utama akan muncul beberapa kolom maka kolom yang anda pilih adalah kolom “select pictures” untuk mengambil foto yang dimaksud dalam komputer anda. Setelah foto yang anda pilih selesai diambil, kemudian anda perhatikan beberapa kolom di bawah foto tersebut, pilihlah kolom “new size” lalu pilihlah indikator ukuran yang anda maksud kemudian klik kolom resize. Tunggu hingga foto anda selesai diproses dan jika telah selasai, klik kanan pada foto lalu klik “save as image” untuk melakukan penyimpanan foto.

Kedua situs ini dapat anda coba untuk memperkecil ukuran foto online anda. Pastikan komputer anda dirumah memiliki koneksi internet yang stabil. Semoga artikel  tentang cara mengubah ukuran foto online yang saya sudah tulis di atas bermanfaat bagi anda.