Cara Mengubah Format Video Ke Mp3

Cara mengubah format video ke MP3 ini merupakan sebuah solusi bagi anda yang ingin convert video klip ke dalam format mp3 agar dapat diputar pada mp3 player, ponsel, ipod ataupun sejenisnya. Kita tahu mp3 merupakan sebuah format file yang berbentuk audio ataupun suara tanpa adanya gambar ataupun video. Jadi, jika kita memiliki sebuah video klip di CD (VCD) ataupun di komputer kita dapat mengambil audionya saja, inilah yang disebut dengan Convert atau kompres.

Untuk informasi cara mengonversi video ke mp3 ini kami membahas covert video dengan metode offline. Mengapa offline? Sebab jika offline kita tidak membutuhkan koneksi internet dalam proses perubahan file, yang dibutuhkan hanya software coverter yang dapat dijalankan untuk membantu kegiatan converter. 

Dari sekian banyak aplikasi converter tersebut, kami merekomendasikan menggunakan software “Total Video Converter” atau “Format Factory”. Karena, menurut pengamatan saya kedua software ini cukup mudah dalam menjalankannya. Untuk lebih memperjelas di bawah ini akan kami berikan pembahasannya.

Cara Mengubah Format Video Ke Mp3


Cara mengubah format video ke MP3 melalui Software


Inilah cara mengubah format video ke MP3 dengan bantuan software, software ini dapat anda download dan instal melalui PC anda. 


A. Total Video Converter (TVC)

Software ini juga dapat digunakan untuk convert video ke dalam format lain, seperti merubag video ke 3gp, flv, avi, MP4 dan lain-lain. apabila anda belum mempunyai software ini, maka dapat mengunduhnya secara gratis di situs www.effetmatrix.com/download.html lalu install di komputer atau laptop anda. Langkah convertnya ialah:

  1. Persipakan terlebih dahulu video klip yang ingin anda rubah menjadi MP3, lalu buka program “Total Video Converter” dan klik New Task dan Import Files.
  2. Pilihlah salah satu video klip yang ingin di convert dan klik OPEN (anda juga dapat memilih video lebih dari satu atau massal)
  3. Karena kita akan merubah video ke MP3, maka pilih MP3 Audio pada menu Audio.
  4. Lalu klik Convert Now untuk memulai proses pengkompresan. Selain itu anda juga dapat mengatur folder keluaran hasil dan juga mengatur kualitas MP3 dengan high quality, nomar quality atau lower quality dengan default yang telah berada pada normal quality.
  5. Tunggu sampai file anda selesai diproses dan MP3 pun dapat diputar di PC, dan dapat juga dipindahkan ke perangkat lain, misalnya seperti MP3 player.


B. Format Factory

Format factory juga memiliki fungsi yang hampir menyerupai dengan Total Video Converter, kelebihan dari software ini ialah multi fungsi, sebab memiliki fitur yang lengkap apabila dibandingkan dengan TVC. Bagi anda yang belum mendapatkan software ini dapat mengunduhnya di www.format-factory.en.softonic.com/download. software ini juga dapat digunakan dalam cara mengonversi video ke MP3 dan mudah untuk digunakan sama halnya dengan TVC.

Itulah cara mengubah format video ke MP3 melalui 2 software yang kami rekomendasikan, semoga software ini dapat membantu proses convert anda dalam merubah video menjadi MP3.