2 Teknik Dasar Cara Membuat Web Dengan Html

Untuk kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi kepada anda mengenai cara membuat web dengan html. Tutorial ini sangat menarik dan bermanfaat bagi anda yang masih pemula dan ingin belajar membuat website. Memang para pemula belum terbiasa dengan kode-kodel atau script Html dan akan berbanding terbalik apabila anda memang telah lama bergelut di bidang internet.

HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman yang sedikit sulit anda pahami jika belum terbiasa dengan kode-kode pemograman. Cara membuat halaman web dengan notepad ini sebenarnya gampang-gampang susah, bahkan kalian hanya perlu memiliki sebuah software seperti halnya notepad. Apabila anda pemula atau newbie, anggap saja ini merupakan latihan sederhana demi menjadi webmaster, baiklah kita tidak perlu panjang lebar lagi, simak dengan baik ulasan kami di bawah ini.

2 Teknik Dasar Cara Membuat Web Dengan Html


Cara Membuat Web Dengan Html Secara Mudah


Untuk langkah awal cara membuat web dengan html ada bebarapa langkah yang harus anda lakukan.

Langkah pertama

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah membukan aplikasi notepad di laptop anda, kemudian copy paste script di bawah ini.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar menulis menggunakan HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<H1>Welcome</H1>
<HR>
<P>Ini merupakan halaman website pertama saya!!!</P>
<HR>
</BODY>
</HTML>

Apabila selesai, maka silahkan simpan di folder yang kalian inginkan dengan pilihan:   

File Name : contoh.html
Save as type : All files


Kemudian bukalah file yang telah kalian simpan tadi dan selanjutnya akan ada tampilan awal HTML. Untuk menulis paragraf anda hanya memulainya dengan tag dan tutup, apabila ingin mengeditnya anda cukup klik kanan pada file html yang telah anda buat. Lalu klik open with lalu pilih Notepad. 

Langkah kedua

Cara membuat halaman web dengan notepad selanjutnya ialah dengan mengedit menggunakan Notepad file contoh.html lalu script berikut:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar menulis menggunakan HTML</TITLE>
<BODY>
<H1>Welcome</H1>
<HR>
<p><a href=”contoh.html”>Home</a>|<a href=”contoh2.html”>Halaman 2</a>|<a
href=”contoh3.html”>Halaman 3</a></p>
<HR>
<p>Ini merupakan paragraf pertama dari sebuah halaman homepage. Belajar HTML itu sebenarnya sangatlah mudah tidak perlu dengan kursus...</p>
</BODY>
</HTML>

Jika sudah maka langsung klik SAVE, dari jendela Notepad yang sama, ubahlah paragraf anda dengan menggunakan rangkaian kata yang kalian buat sendiri, kemudian SAVE AS sebagai contoh2.html. Jangan langsung ditutup sebab anda harus mengubah kembali paragraf tadi untuk menandakan itu sebagai halaman ketiga menggunakan kalimat anda sendiri, lalu SAVE AS untuk contoh3.html.

Sekarang coba anda cek dengan menggunakan salah satu file HTML yang kalian buat tadi, klik navigasi atau link, apabila link bekerja berarti anda sukses. 

Itulah cara membuat web dengan html, untuk langkah terakhir anda tinggal menguploadnya. Semoga artikel ini dapat membantu, apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ini, terima kasih anda telah berkunjung.