Bahan dan Cara Membuat Antena Tv Sendiri Wajan & DIgital

Televisi adalah salah satu alat hiburan yang hampir demiliki setiap rumah. Televisis mampu menampilkan dan menyiarkan siaran-siaran dalam atau luar negeri. Untuk memperoleh siaran televisi swasta yang dominan menjadi favorit telivisi swasta, untuk memperoleh banyak sytasiun televisi swasta, diperlukan parabola. Harga televisi yang mahal, bisa kita imbangi dengan harga antena yang murah. Jika bisa di rakit sendiri kenapa antena harus beli di toko? Harga toko tentu akan mahal. Berikut cara membuat antena TV parabola sederhana, tanpa banyak teori yang sebenarnya menyulitkan.

Dengan antena parabola anda bisa menangkap seluruh acara stasiun televisi luar dan siaran asing. Namun jika hanya ingin menonton siaran tv dalam negeri, cukup dengan antena UHF saja. Simak cara membuat antena parabola sederhana yang bisa anda coba.

Bahan dan Cara Membuat Antena Tv Sendiri Wajan & DIgital


Membuat Antena Wajan


Untuk merakit antena, penggunaan kayu sebagai bahan utamanya akan sangat menghemat pengeluaran. Namun seiring perubahana cuaca kayu akan cepat rusak. Berikut cara membuat antena tv sederhana yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bahan

  • Wajan diamater 36”
  • PVC paralon tipis diameter 3”1 meter
  • Doff 3”(tutup PVC paralon) 2 buah
  • Alumunium foil
  • Baut + mur ukuran 12 – 14
  • N Conector faamale
  • Kawat tembaga 3
  • Double tape + lakban


Peralatan

  • Penggaris pisau/carter
  • Solder + timahnya
  • Geergaji besi


Untuk membuat antena sederhana ini, hanya memerlukan Rp 100.000 untuk membeli wajanholik. Bandingkan dnegan kamera grid lokal yang harganyan mencapai Rp 500.000 untuk buatan lokal. Sedangkan untuk buatan improt harganya bisa mencapai Rp 1.000.000. Jauh sekali bukan perbandingana harganya.

Pembuatan

1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan
2. Lubangi wajan pada bagian tengah seukuran baut ukuran 12 dan 14
3. Ukur diamater wajan, kedalamam wajan, dan feeder/titik fokusnya

pada titik fokus pasang ujung feeder. Untuk mendapat gain maksimum

  1. Potong PVC paralonsepanjang 30 meter, beri alumunium sebagai tanda untuk feeder
  2. Lubangi bagian paralon untuk meletakan N Conector
  3. Potong kawat tembaga yang telah disediakan
  4. Selanjutnya, bungkus PVC dengan aluminium foil, gunakan double tape untuk merekatkan.
  5. Pasangkan N Conector ke PVC yang telah dilubangi tadi
  6. Pada bagian tutup paralon, beri alumunium foil. Sedangkan doof yang tidak di pasangkan pada wajan jangan di pasang alumunium foil.
  7. Pasangakan tutup paralon ke PVC
  8. Pasang tutup paralon yang telah dilubangi tadi, kencangkan dengan baut yang telah di siapkan.
  9. Antena telah selesai dan wajan telah bisa digunakan


Pemasangan

1. Letakan antena di tempat terbuka tanpa halangan dan bidang datar. Untuk menentukan kedataran tempat, bisa dengan menggunakan baskom. Jika baskon di isi air bisa rata. Maka tempat itu merupakan bidang datar.
2. Arahkan mata antena pada arah mata angin menggunakan kompas. Yang diletakan di dasar parabola. Atur mata anginsesuai dengana petunjuk kompas.
Sederhana sekali bukan? Tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk mendapatkan acara telivisi sebagai hiburan di rumah. Membuat antena tv bisa semudah dan semurah ini hanya dengan ide kreatif.

Cara Membuat Antena Digital


Tv digital seperti kita tahu tidak memerlukan antena khusus.cukup di lengkapi tuner DVB T-2 kita sudah bisa menikmati siatan TV. Berikut cara membuat antena tv digital tanpa harus membeli. Banyak ragam antena digital yang bisa kita buat sendiri. kali ini pembuatan kamera digital menggunakan gantungan baju. Bahannya hanya kawat gantungan baju atau bisa juga diganti dengan kawat tembaga yang berdiameter kurang lebih 2 mm.

Langkah-langkah :

Siapkan papan sesuai ukurandan lubangi seukuran sekrup, buat kawat berbentuk huruf V sebagai antena sesuai ukuran sebanyak 8 buah. Siapkan kawat yang sama ukurannya dua buah, buat kawat bentuk V dan buat kawat penhubung. Pasang kawat V dan kemudian pasang kawat penghubung siapkan IMT (Impedance Matching Transformer) komponen ini berfungsi menyesuaikan impedansi antena terhadap kabel coaxial – 75 ohm. Namun jika tidak ingin menggunakan IMT  juga tidak masalah. Dari antena bisa langsung ke kabel.

Demikian lah cara membuat antena tv dan posisi pemasangan antena tv yang bisa kami bagikan pada anda. Artikel ini di harapkan akan mampu menambah pengetahuan anda, dan siapa tahu anada ingin mencobanya di rumah.

Jika kita bisa menghemat peengeluaran dan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita seperti cara membuat antena yang murah dan sederhana seperti di atas. Kenapa harus membuang uang untuk membeli di pasar? Bukankah bisa berekpreminen sendiri dan hasil eksperimen kita sukses, ini sangat membanggakan? Jangan selalu menjadi manusia yang konsumtif. Sesekali menciptakan hal baru itu lebih baik.

Advertiser