6 Cara Membuat Sepatu Sendiri

Sepatu adalah salah satu alas kaki sekaligus barang fashion bagi seseorang yang harus dijaga dan dirawat, sepatu memang banyak dijual dipasaran namun tidak semua orang mengetahui cara membuat sepatu yang tahan lama. Sebenarnya semua orang bisa saja membuat sepatu asalkan mau mempelajarinya dengan tekun dan penuh kesabaran, karena seperti yang anda ketahui, menghasilkan sepatu bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan keuletan dan juga kesabaran yang tinggi sehingga bisa menghasilkan sepatu dengan kualitas bagus dan tahan lama. Disamping itu pula cara membuat pola sepatu pun harus dengan hati-hati karena jika tidak maka sepatu yang dihasilkan kurang bagus atau bahkan rusak, nah bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat sepatu maka berikut ini pemaparannya.

6 Cara Membuat Sepatu Sendiri


Apa Saja Langkah – Langkah Cara Membuat Sepatu?


  1. Langkah yang pertama sebagai cara membuat sepatu adalah dengan membuat pola sepatu dengan menggunakan pena khusus, lalu potonglah gambar tersebut sesuai dengan garis-garis yang sudah dibuat. Kemudian potongan-potongan itu disatukan dengan cara dijahit menggunakan benang nilon.
  2. Setelah itu lem sekeliling kap sepatu dengan menggunakna lem kuning tepatnya pada bagian pinggir dengan tinggi 5 mm yang sudah dilapisi dengan bontex, yaitu sejenis bahan kardus tebal yang ada dibagian bawah sepatu. Kemudian pakulah dengan paku khusus pada cetakan sepatu.
  3. Setelah kap sepatu dan bontex selesai dilem dan juga dipaku pada cetakan maka pasanglah kertas pengeras dibagian depan dan belakang kap sepatu tujuannya agar bagian sepatu tersebut bisa keras atau kaku. Namun sebelum kertas pengeras dimasukkan maka terlebih dahulu sepatu dibasuh dengan bensin agar pengeras ini bisa lembut untuk sementara sehingga bisa dilem. Selanjutnya kap yang sudah dipasang sebaiknya langsung dimasukkan kedalam cetakan lalu disekeliling kap sepatu ditarik kebawah dan ditempelkan ke bontex tadi menggunakan tang, setelah itu dipalu agar menempel dengan baik. Jika semua proses sudah selesai maka simpanlah minimal 6 jam agar lem bekerja dengan maksimal.
  4. Setelah mencapai 6 jam maka lihatlah bagian bawah hasil cetakan tadi apakah ada tonjolan bahan atau tidak, jika ada maka segeralah perbaiki agar tidak menyakiti kaki orang yang menggunakannya.
  5. Siapkan sol sepatu kemudian lem dengan lem putih, lem ini bisa dioleskan dibagian bawah kap sepatu dan biarkan kering sampai 15 menit 
  6. Setelah itu cara membuat sepatu yang terakhir adalah dengan  menempelkan antara kap bawah dan sol, namun sebelum ditempelkan anda bisa menyalakan kompor, baru kemudian sol di open sebentar selama 1 menit, jika sudah mulai lentur maka tempelkan dibagian bawah kap pada cetakan sepatu 


Nah, seperti itulah cara membuat sepatu yang bisa saya jelaskan, bagaimana ? sangat mudah bukan ? bagi anda yang ingin mencoba-coba membuat sepatu maka anda bisa menerapkan langkah-langkah yang sudah dijelaskan seperti diatas.