Cara Membuat Lilin Dengan Aroma Terapi

Lilin biasanya digunakan sebagai pengganti cahaya saat listrik pada. Namun seiring perkembangan zaman, lilin  banyak digunakan sebagai aroma terapi sebagai bagian treatmen dari kecantikan yang banyak terdapat di rumah kecantikan seperti salon dan klinik. Tak jarang rumah pribadi pun menggunakan lili aroma terapi pada kamar mandi sebagai pelengkap mandinya. Terus bagaiman jika kita ingin cara membuat lilin aroma terapi? Secara membeli lilin aroma terapi tidak semuda membeli lilin biasa di toko-toko terdekat.

Lilin aromaterapi ternyata bisa di buat dengan sangat sederhana, yakni dengan parapin. Parapin tentu sudah tidak asing lagi. Yah, parapin adalah pengawet yang bertujuan membunuh bakteri. Berikut langkah pembuatan lilin aroma terapi sederhana yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Cara Membuat Lilin Dengan Aroma Terapi


Lilin Aroma Terapi

Membuat lilin aroma terapi tidaklah sulit. Berikut cara membuat lilin aroma terapi yanag bisa anda contoh.

Bahan pembuat lilin aroma terapi


Jika anda ingin membuat lilin beraroma, maka siapkan lah bahan-bahan seperti parafin, pewarna, aroma terapi serta benang kasur. Bahan-banhan ini bisa dengan mudah anda dapat di toko bahan kimia. Dan untuk aroma terapi jika anda tidak menemukannya, bisa di ganti dengan parfum beraroma terapi.

Alat yang dibutuhkan

Berikut alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat lilin aroma terapi.

  1. Gelas kecil transparan. Gelas ini biasa digunakan jika lilin berada dalam gelas dengan warna-warna memikat. Layaknya tempat perawatan kecantikan mahal.
  2. Panci untuk tempat melelehkan parafin
  3. Botol bekas selai dengan lubang atas yang cukup besar dan juga berbahan kaca tebal agar tahan oleh panas, pastikan botol sudah di bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan dan dalam keadaan kering.
  4. Tusuk sate atau lidi dengan panjang yang lebih dari diameter gelas dari wadah yang digunakan.



  1. Ikatkan benang kasur yang sudah disiapkan pada tusuk sate atau lidi, lalu letakkan tusuk sate pada gelas-gelas. Atur posisi agar benang yang terikat tidak jatuh dan tetap berada di tengah seperti letak benang pada umumnya.
  2. Masukan parafin dalam panci dan panaskan hingga leleh. Tapi sebelum dimasukan dalam panci, parafin harus berada dalam botol bekas dan panaskan melalui botol bekas agar parafin tidak rusak.
  3. Aduk parafin dalam botol dana beri sedikit demi sedikit pewarna hingga warna yang dihasilkana terlihat.
  4. Angkat parafin dan campurkan dengan parfum beraroma terapi tadi
  5. Setelah itu tuang parfum dalam gelas kecil tadi, tunggu hingga dingin
  6. Setelah dingin, lilin aroma terapi bisa di gunakan.


Membuat lilin aroma terapi memang sangat mudah. Terbukti setelah anda membaca artikel cara membuat lilin di atas. Anda bisa mencoba di rumah membuat lilin aromaterapi seperti diatas. Atau jika anda memiliki ide lain bisa juga anda coba. Intinya jangan takut untuk bereksperimen. Buatlah menurut keinginan dan daya imajinasi anda. Syukur-syukur anda malah jadi pengusaha lilin aromaterapi nantinya?

Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai pembuatan sederhana lilin aromaterapi yang bisa di coba di rumah. Jika anda tertarik ingin mencobanya, silahkan lakukan.