Pidato Bahasa Indonesia Yang Benar

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pidato bahasa Indonesia, menyangkut bagaimana cara membuat pidato yang benar dan baik serta contohnya. Kami senaja memberikan anda contoh pidato bertemakan pendidikan. Sebagai kaum muda sudah sebaiknya kita harus memahami dan menerapkan bagaimana makna dari pendidikan di dalam kehidupan. 

Cara membuat pidato yang benar nyatanya mudah, apabila anda memahami setiap unsur yang harus dibuat dalam sebuah pidato. Seperti yang kita ketahui pengertian dari pidato adalah bentuk dari suatu komunikasi oral atau lisan yang mempunyai unsur-unsur berupa intonasi, mimik dan gerak-gerik. Dalam menyampaikan pidato dapat terbagi menjadi beberapa jenis pidato, ada yang pidatonya memang sengaja dipersiapkan dan ada juga yang dadakan.



Bagian-Bagian Pidato Bahasa Indonesia Beserta Contohnya


Dalam membuat pidato bahasa Indonesia ataupun bahasa lainnya terdiri dari beberapa pokok atau bagian yang tidak boleh dipisahkan yaitu bagian pendahuluan, isi dan juga yang terakhir bagian penutup. Untuk bagian pendahuluan pidato adalah tahapan untuk mempersiapkan pendengar agar tetap fokus terhadap apa yang ingin disampaikan pada isi pidato tersebut. 


Contoh pendahuluan pidato :

Assalamu’alaikum Wr. wb.

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMA PGRI 3 Palembang dan Bapak dan Ibu Guru beserta staf Tata usaha yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur selalu tercurah kepada Allah SWT, shalawat dan juga salam juga tidak hentinya kita lantunkan kepada nabi kita Muhammad SAW. Karena di kesempatan hari ini kita dapat diberikan kesehatan untuk dapat berkumpul di ruangan ini. 

Dst...

Untuk bagian isi pidato akan terdapat uraian pokok permasalahan yang ingin disampaikan kepada pendengar. Isi yang baik dalam sebuah pidato adalah lugas dan ringkas sehingga mudah dipahami pendengat. Oleh karena itu, kemampuan menggunakan bahasa adalah hal yang harus diperhatikan agar komunikasi dapat dimengerti pendengar. Kemampuan memahami siapa pendengar adalah hal yang lebih dahulu harus diketahui sebelum menyusun pidato.

Contoh isi dari sebuah pidato :
Masih terbayang dalam ingatan kami, ketika Bapak dan Ibu guru yang kami cintai mengajari kami dengan penuh sabar dan kasih sayang. Terima kasih kalian telah mengajarkan kami semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah. Kesempatan ini, saya mewakili teman-teman mengucapkan mohon maaf apabila saat belajar di kelas ataupun luar kelas ada sikap kami yang tidak terpuji dan melukai Ibu dan Bapak guru. Untuk teman-teman, cerita kita tidak akan selesai disini karena kita masih dapat tersenyum dalam ilmu dan tertawa dalam canda. 

Dst….
Dan yang terakhir adalah dengan adanya bagian penutup pidato, biasanya harus berisikan sebuah kesimpulan, ajakan, harapan dan salam penutup. Untuk membantu anda dalam cara membuat pidato akan kami berikan contohnya.

Contoh penutupan pidato :

Para hadirin semua, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan. Akhir kata, kami memohon doa restu dari hadirin akan kami semua dapat menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa dan juga agama.

Demikianlah saya akhiri dengan wabilaitaufik walhidayah, wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah informasi singkat yang dapat kami berikan mengenai pidato bahasa Indonesia, semoga bermanfaat.