Memilih Produk yang Dijual Itu Harus Tepat, 4 Langkah Utama Yang Wajib Ada!!

Memilih Produk yang Dijual Itu Harus Tepat, 4 Langkah Utama Yang Wajib Ada saat pemilihan produk!! Bagian pertama dan yang paling penting dalam toko online adalah pemilihan produk yang akan anda jual, anda bebas memilih produk apa saja yang “Anda Kuasai”, “Anda Sukai”, dan “Anda Minati”, itu semua terserah anda.

Namun, untuk mengoptimalkan, ada beberapa poin penting yang harus anda pikirkan dulu, yaitu...

Cara Memilih Produk yang Dijual

Langkah #1. Pemilihan Produk

Tapi yang paling penting, pemilihan produk harus ada dalam poin-poin berikut:
  1. Apakah anda menguasai produk tersebut? Jika misal anda jualan laptop, tapi anda tidak terlalu menguasai laptop, dan ketika ada yang tanya misalnya gini, “Mas, ini Dual Core atau Quad Core ya? Terus bagusan mana?”, “Mas, antara 2 laptop ini yang paling cocok untuk nge-game apa ya?”, dan lain sebagainya.. Anda harus sanggup menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilontarkan oleh calon customer anda..
  2. Produk anda saingannya berat atau ringan? Jika misal anda suka laptop, tapi ternyata anda berfikiran bahwa persaingan laptop itu sangat ketat, ada olx, ada tokopedia, dan lain-lain yang membuat anda merasa agak frustasi mengetahui hal tersebut. Beda lagi jika anda memilih produk Burung Lovebird, persaingan untuk produk ini sedang-sedang saja dan anda sanggup mengatasi pesaing-pesaing anda, anda akan “Sedikit” lebih optimis dari sebelumnya.
  3. Produk anda peminatnya banyak atau dikit? Misal anda memilih Lovebird karena persaingannya yang lumayan ringan, tapi karena suatu alasan produk ini jarang peminatnya, hanya pecinta burung saja yang nyari, dan kebanyakan pecinta burung tidak akan nyari burung lewat google, facebook, dan lain sebagainya, mereka akan lebih percaya jika bertemu langsung tatap muka. Kenapa demikian? Karena bisa jadi lovebird yang dikirim kota ke kota akan mati atau sakit, atau bisa kemungkinan yang lain. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini? Anda cari saja yang peminatnya lebih banyak, misalnya tas, fashion, dan lain sebagainya..
  4. Anda kuat marketingnya. Jika anda tidak kuat dengan pesaing-pesaing anda yang medium keatas, silahkan mundur saja di awal, ganti saja yang lain yang lebih mudah.
  5. Suppliernya Banyak
  6. Harga nya Bersaing
Anda harus optimalkan 6 poin ini, dan “HARUS ADA” dalam produk anda.. Ingat!! Anda salah pilih produk, maka toko online anda tidak akan bertahan lebih lama.



Jadi, contoh produk yang baik itu seperti ini:
Ma’ruf Ganteng jualan produk peralatan komputer misalnya, ia sangat ahli di bidang komputer jadi ia pilih produk ini untuk dijual, saingan di produk ini sedang-sedang saja dan sanggup ia taklukkan para pesaingnya, suppliernya ada banyak karena computer itu terkenal, dan supplier yang Ia pilih ngasih harga murah, pencarinya juga banyak, dan ia yakin bisa dapat minimal 10 sales jika ia beruntung.

Itu contohnya yang memenuhi 6 syarat diatas, saingan dikit, peminat banyak, sanggup ditaklukkan, supplier banyak, harga bersing, dan menguasai produk tersebut.

Saya akan beritahu kepada anda bahwa untuk mencari produk yang sesuai kriteria diatas itu “SANGAT SUSAH SEKALI”, sudah susah ditambah sekali hahah..

Tapi anda tidak perlu takut, anda cari saja produk yang anda kuasai dan pencariannya banyak, untuk strategi marketing dan mengatasi pesaing itu bisa saja anda pelajari nanti kalau memang sudah benar-benar terjun.

Jika saya sudah punya produk bagaimana mas? Langkah yang kedua adalah menentukan produk ini produk sendiri atau produk dari supplier (main dropship)

Langkah #2. Menentukan Produk Sendiri atau Punya Orang

Nah, sebaiknya jika  anda sudah punya produk sendiri maka anda jual saja produk anda, itu berarti sudah pasti anda menguasai produk anda sendiri karena ada di tangan anda, beda lagi jika kita menggunakan sistem dropship, kita tidak tahu barangnya kayak gimana, masih bagus atau nggak, cacat atau nggak, dan lain sebagainya.

Pebisnis toko online wajib menentukan terlebih dahulu produk yang akan dijual itu punya sendiri atau punya orang, harus dipertimbangkan terlebih dahulu.. Dari segi modal, penguasaan, keuntungan, dan lain sebagainya..

Langkah #3. Menentukan Supplier atau Orang Yang Akan Kita Beli Barangnya (Reseller)

Jika keputusan anda ingin menjual produk orang lain, maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat, anda bisa cari supplier di offline maupun di internet. Yang terpenting adalah anda harus mencari supplier yang memberi harga paling murah. Tujuannya adalah agar kita bisa mendapat keuntungan lebih dari kenaikan harga dengan harga yang masih bersaing.

Hal ini sama seperti jika anda ingin membeli dari orang kemudian anda jual kembali dengan menaikkan harganya (Reseller). Berbeda dengan system dropship, system reseller ini membutuhkan modal diawalnya.
Saya akan ajarkan anda bagaimana mencari supplier dengan harga yang “PALING PALING MURAH”.. Ini adalah teknik rahasia marketing saya yang mungkin tidak akan bisa anda dapatkan dimanapun.

Langkah #4. Kualitas Harus Terjamin

Hal yang harus anda ingat adalah bahwa sebagai pebisnis yang baik, maka kita harus lebih mengutamakan calon pembeli daripada uang. Walaupun kita melakukan dropship dan tidak tahu produknya cacat atau tidak, tapi begitu pembeli complain, kita harus segera mengganti nya yang baru dengan contact si supplier. Ini penting untuk menjaga reputasi toko online anda dan kepercayaan pengunjung.

4 poin ini harus anda pertimbangkan jika ingin memilih produk untuk dijual. Jadi semoga pembahasan singkat ini bermanfaat untuk anda, silakan baca-baca artikel yang lain dan silahkan berkunjung kembali..