Cara Menghilangkan Virus Shorcut

Caraseobali.com - Cara Menghilangkan Virus Shorcut. Virus Shortcut mungkin kendala bagi yang cukup menyulitkan untuk menghilangkan. Sesungguhnya menghilangkan virus shorcut itu cukup mudah bahkan buat menghilangkan virus shorcut ini tidak perlu memiliki kemampuan khusus. Dan buat anda yang ingin menghilangkan virus shorcut silahkan simak tips ini.

Tetapi sebelum kita belajar menghilangkan virus shorcut perlu kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja virus shorcut ini. Cara kerja virus shorcut ini dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer kita atau flashdisk. Proses ini menyembunyikannya ini dilakukan dengan cara mengubah file attribut tersebut menjadi supper hidden. Kemudian virus akan membuat duplicate file dalam bentuk shortcut.

Virus shorcut ini sebenarnya juga tidak seperti virus-virus lainnya yang merusak file anda, tetapi virus ini cara kerjanya yaitu menyembunyikan file anda jadi file anda tidak hilang tetapi disembunyikan oleh virus shorcut ini. Lalu bagaimana cara menampilkan file kita yang di Haden atau disembunyikan.

Cara Menampilkan File Yang Di Hidden

1. Pertama sikahkan kamu masuk kedalam windows explorer. Supaya lebih mudah atau langsung masuk bisa kamu tekan silahkan tekan tombol Windows dan E dengan cara bersamaan.

2. Sesudah kamu masuk kedalam windows Explorer, adalah saat ini melaksanakan pengaturan file and folders didalam folder options tersebut. Langkah ini mampu sobat melaksanakan dengan cara masuk kedalam menu tools atau dapat langsung masuk dengan menekan tombol alt & T dengan cara bersamaan. Lalu memilih folder options.

3. Sesudah window folder options sudah terbuka, kini memilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar yang ada di bawah ini.

Hilangkan centang pada pilihan Hide extentions for known file types & Hide protected operating sistem files (Recomended). Kemudian klik OK.

Kalem saja, melakukan pengaturan ini, tidak menciptakan windows sobat jadi error. Maksud menghilangkan centang dari dua pilihan di atas yakni buat menampilkan file yang di setting bersama attribut supper hidden. File tipe ini kebanyakan dipakai untuk file sistem. Jadi pastikan sobat tak menghapus file sistem ini.

Cara Menghilangkan Virus Shorcut

1. Pakai antivirus. Fungsi dari antivirus ini yakni terkecuali buat menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, serta yang merupakan penangkal bila ada virus lain dari flashdisk lain. Saran aku pakai antivirus yang lumayan baik. Bukan antivirus abal – abal. Saya sarankan supaya sobat memakai antivirus avast. Ada version free-nya, silakan unduh dahulu seandainya memang lah sobat belum miliki.

2. Melakukan proses scanning. Laksanakan proses scanning menyeluruh, baik itu terhadap drive c, drive d, maupun terhadap flashdisk yg terinfeksi. Dapat lebih baik bila sobat melaksanakan full scanning. Tungu sekian banyak kala hingga proses scanning oleh antivirus te;ah selesai. Kemudian bakal ada laporan berkaitan sekian banyak virus yang ditemukan. Dalam aspek ini mari hapus seluruhnya virus yang ada. Sekali lagi, santai saja. File sobat tidak akan hilang. Karna virus shortcut ini tak menginfeksi file melainkan cuma menyembunyikan filenya saja.

3. Menghapus bekas file firus didalam flashdisk. Sesudah virus dihapus kebanyakan masihlah ada file shortcut yg di tinggalkan oleh virus. Trick membersihkannya, buka flashdisk di windows Explorer. Lihat di mana letak drive flashdisk. Apakah di E, F, atau di G. Ingat, jangan salah. Kebanyakan drive C, diperlukan buat sistem, D dipakai buat menaruh data dan sebagainya. Sekali lagi, pastikan kepada drive mana flasdisk-nya.

4. Dalam factor ini contohnya flashdisk berada kepada drive F. Buat jalankan penghapusan, mari masuk drive f memanfaatkan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, kemudian masukkan cmd pada kotak & enter.

5. Sesudah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive F (drive di mana flashdisk terpasang) dengan cara ketik F : dan enter.

6. Sesudah sebelah kursor yang berkedip beralih jadi F : >_ sobat sanggup jalankan penghapusan. Maksud utama kita yakni jalankan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Laksanakan penghapusan dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ seterusnya tekan Enter, apabila muncul error, cukup ketikan del *.lnk & tekan Enter.

7. Dalam step ini semestinya file shortcut yang dihasilkan oleh virus sudah hilang. Seterusnya kita dapat menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini bersama cara ganti attributnya jadi normal atau kelihatan dalam mode standar.

8. Masihlah di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita sample F : selanjutnya tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (seandainya muncul error cobalah hilangkan hanya /d saja atau /s saja).

9. Tunggu proses perubahan attribut ini hingga selesai. Sesudah selesai setelah itu file yg disembunyikan oleh virus shortcut ini telah mampu tamnpil kembali dalam mode normal.

10. Kembalikan settingan file sistem ke mode hidden. Tadi di awal kita telah coba buat menampilkan file yg berattribut supper hidden, nah seperti yang saya bilang di awal tadi rata-rata supper hidden ini diperlukan buat menaruh file sistem biar tak kelihatan terhadap mode normal.

File sistem yang nampak, dikhawatirkan bakal berjalan error apabila file sistem tidak sengaja dihapus. Untuk itu alangkah tambah baik seandainya file sistem ini di hidden kembali. Toh yang terpenting, file yg sudah disembunyikan oleh virus shortcut telah sukses di perlihatkan dengan cara normal. Untuk melakukan Hidden file bisa anda lakukan seperti cara diatas.