Cara Memilih Mobil Yang Bagus Dan Berkualitas

Saya yakin setiap orang pasti ingin memiliki kendaraan yang satu ini. Ya mobil menjadi salah satu kendaran favorit masyarakat terlebih untuk masyarakat metropolitan. Selain memang digunakan untuk keperluan aktifitas sehari-hari, memiliki mobil juga hanya sekedar tuntutan gaya hidup masa kini. Terbukti kebanyakan masyarakat yang ada pada saat ini memiliki mobil lebih dari satu yang mana hanya untuk memuaskan diri.

Mobil memang identik dengan orang kaya, meskipun tidak selamanya benar. Hal itu seakan menjadi doktrin dalam masyarakat karena umumnya harga mobil yang hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke atas. Lihat saja kemacetan yang terjadi di daerah perkotaan dimana salah satu penyebanya adalah banyakya pengguna mobil pribadi. Oleh sebab itu pangsa pasar mobil di Indonesia seakan tidak ada matinya meskipun mengalami pasang surut.

Dengan semakin meningkatnya peminat maka semakin gencar juga para pelaku otomotif mengeluarkan mobil dengan segala bentuk dan kenyamanan yang disuguhkannya. Mungkinkah anda memiliki rencana untuk memiliki mobil yang sesuai untuk kebutuhan anda, terlebih lagi jika anda baru pertama kali membeli mobil. Sehingga akan muncul di pikiran anda, merk mobil apa yang harus saya beli? Mobil yang mana irit bahan bakar? Mobil mana yang memiliki kualitas bagus?



Saya memahami apa yang ada di benak anda, oleh sebab itu saya ingin memberitahu anda cara memilih mobil yang bagus dan berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ulasannya:


1. Budget

Tentulah sebelum anda berniat membeli mobil anda harus memiliki anggaran yang cukup untuk anda membeli mobil. Memiliki anggaran yang sesuai dengan harga mobil yang anda cari merupakan faktor pertama yang harus anda penuhi. Karena jika anggaran anda tidak cukup untuk membeli mobil yang anda inginkan, maka anda harus mencari mobil alternatif yang lebih pas dengan anggaran anda. Jika anda ingin memiliki mobil dengan cara kredit maka anda harus memikirkan biaya perbulannya, apakah penghasilan anda cukup untuk membayar kredit mobil dan kebutuhan sehari-hari keluarga anda.

2. Mencari Renferensi Tentang Mobil

Carilah referensi dari berbagai informasi yang ada, mulai dari media cetak, media elektronik, ataupun browsing di internet. Carilah informasi sebanyak-banyaknya misalnya mengenai harga mobil, spesifikasi mobil, perawatan mobil, bengkel atau dealer resmi yang ada di dekat kota anda. Hal ini akan memudahkan anda memilih mobil yang tepat untuk anda. Saran saya anda harus memiliki lebih dari satu pilihan sehingga jika anda tidak mendapatkan mobil yang anda cari maka anda bisa menggunakan pilihan yang laiinnya.

3. Spesifikasi Mobil

Ini berkaitan dengan cara nomor 2 ketika anda mencari referensi mobil yang ingin anda miliki maka anda harus melihat spesifikasinya. Berikut spesifikasi mobil yang harus anda perhatikan:


  • Mesin, pada mesin anda harus memperhatikan beberapa aspek seperi jenis mesin, kapasitas silinder, tenaga maksimal (PS/rpm), torsi maksimal (Nm/rpm), transmisi.
  • Dimensi, adapun hal yang perlu anda perhatikan pada dimensi yaitu P x L x T (mm), jarak sumbu roda (mm), jarak radius putar (m), jarak terendah ke tanah (mm), berat kosong (kg).
  • Tipe Steering, sistem steering yang terbanyak dipakai dan dijumpai di mobil-mobil saat ini yaitu tipe rack, pinion dan recirculating ball. Pada mobil-mobil saat ini, umumnya sistem steering telah dilengkapi dengan sistem power steering, dimana sistem ini bertujuan agar kemudi menjadi lebih ringan, nyaman dan tak gampang melelahkan untuk pengemudi. Salah satu jenis power steering yairu HPS (hydraulic powersteering system).
  • Pengereman, rem merupakan alat keselamatan dalam kendaraan yang berfungsi mengurangi kecepatan atau memperlambat dan menghentikan kendaraan serta digunakan ketika anda parkir di tempat yang menurun. Tipe rem dibagi menjadi 3 tergantung pada penggunaannya yaitu rem kaki (foot brake) yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan, rem parkir (parking brake) dipakai terutama untuk memarkir kendaraan, rem tambahan (auxiliary brake) dipakai pada kombinasi rem biasa (kaki) yang dipakai pada truk diesel dan kendaraan berat.
  • Sistem Suspensi, pada mobil ada beberapa jenis suspensi yang harus anda perhatikan diantaranya Sistem Suspensi Mobil Per Daun, Sistem Suspensi Torsion Beam, Sistem Suspensi MacPherson Strut, Sistem Suspensi Multilink, Sistem Suspensi Mobil Double Wishbone.
  • Ukuran Ban, dalam faktor ini pabrikan mobil menetapkan ukuran mobil dengan segala pertimbangan kenyamanan dan keselamatan. Dimana biasanya pada ban terdapat kode-kode tertentu pada ban.

4. Pilih Manual Atau Automatic

Biasanya tipe mobil dilengkapi pilihan manual atau automatic. Pada mobil dengan transmisi manual, pengemudi mesti sanggup menyeimbangkan kopling dan gas untuk mengendarai mobil. Bila tidak tepat, mobil dapat berhenti tiba-tiba. Yang paling terasa sulit ketika mengemudi mobil dengan transmisi manual yaitu bila mengalami macet pada tanjakan. Mengemudikan dengan transmisi matic lebih gampang sebab tak perlu mengendalikan kopling. Cukup hanya menginjak gas untuk jalan dan injak rem untuk berhenti. Saran saya pilihlah yang menurut anda nyaman menggunakannya.

5. Kapasitas Mobil

Perlu anda perhatikan berapa jumlah penumpang yang bisa masuk dalam mobil. Jika anda memiliki keluarga maka mobil jenis minibus cocok untuk anda.

6. Fitur Tambahan

Lihat juga fitur-fitur tambahan yang ada pada mobil seperti TV, DVD player, GPS, parking sensor, dan lain-lain. Sehingga anda nyaman menggunakannya ketika dalam perjalanan jauh bersama keluarga anda.

7. Bahan Bakar Yang Digunakan

Perhatikan jenis bahan bakar mobil yang akan kamu beli, kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan juga ketersediaan bahan bakar tersebut apakah gampang diperoleh atau susah, carilah mobil yang memakai bahan bakar yang gampang diperoleh misalnya bensin. Untuk mobil yang penggunaan jarak jauh dan secara rutin sangat pas untuk memilih jenis diesel sedangkan untuk jarak dekat tidak terlalu jauh anda dapat memilih jenis mesin bensin.

8. Jangan Pernah Memaksakan Keinginan

Dengan begitu banyaknya varian mobil dengan segala merk tentulah membuat kita tergiur melihat berbagai fitur yang disuguhkan. Namun perlu anda ingat, anda harus memikirkan kedepannya. Apalagi jika anda membelinya dengan sistem kredit.

9. Jangan Mudah Percaya

Biasanya ketika kita ada di showroom mobil kita akan dihampiri oleh salesman. Mereka akan berbicara kepada anda dengan semenarik mungkin agar anda membeli produk disana. Namun ada baiknya anda jangan mudah percaya, ceklah dengan teliti mobil yang akan anda beli.

10. Pikirkan Harga Sparepart Dan Beaya Perawatan

Sebelum anda membeli sebuah mobil carilah informasi mengenai harga sparepart bila mungkin kunjungi tempat penjualan sparepart mobil untuk mencari tahu harga dan seberapa mahal sukucadang yang dipakai mobil tersebut. Memang harga sparepart kendaraan roda empat bervariasi dari yang mempunyai harga murah hingga dengan harga yang cukup mahal. Sehingga anda sudah bisa memperkirakan biaya yang harus anda keluarkan apabila terjadi masalah pada mobil anda.