Tips Memilih HP yang Berkualitas

Jika kita flashback pada tahun 90-an saat kita ingin menghubungi keluarga kita yang jauh, kita akan pergi ke wartel atau ke tetangga yang memiliki telepon rumah. Namun beda halnya dengan sekarang, seiring berkembangnya teknologi munculnya handphone atau telepon genggam memberikan kemudahan untuk kita dalam menghubungi sanak saudara yang jauh.

Mungkin pada awal kemunnculannya handphone hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Hal itu wajar, karena handphone hanya bisa dijangkau oleh orang yang berkantong tebal. Namun sekarang seakan tidak ada batasan lagi, hal ini disebabkan karena banyaknya handphone baik baru atau bekas di pasaran dengan harga murah.



Munculnya beberapa merk handphone menjadikan handphone sebagai barang yang selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam beberapa tahun belakangan ini serbuan handphone buatan Cina seperti tak terbendung lagi. Mereka menawarkan handphone dengan harga murah namun dengan kualitas yang tak kalah. Namun perlu kita cermati jika kalian ingin membeli handphone, karena banyak juga di pasaran handphone dijual dengan kualitas yang buruk.

Oleh sebab itu, saya tergerak hati untuk memberikan beberapa tips memilih handphone yang berkualitas sehingga anda tidak menyesal ketika membelinya. Berikut beberapa tips yang bisa anda simak: 


1. Perhatikan Spesifikasi Handphone

Ini merupakan hal yang wajib anda perhatikan, agar anda bisa memiliki handphone sesuai keinginan anda. Adapun beberapa hal yang harus anda pikirkan saat memperhatikan spesifikasi hanphone yaitu:

  • Operating system, dimana OS yang umum ada pada handphone diataranya Android (Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, Huawei, dll), BlackBerry OS untuk handphone produk Blackberry, iOS untuk handphone produk dari Apple, Symbian OS yang terdiri dari beberapa mobile OS seperti S60 3rd edition, S60 5th edition, S80, UIQ, MOAP, dan Symbian^3/Anna, dan yang terkhir yaitu Windows Phone seperti yang kita ketahui Nokia menjalin kerjasama dengan windows sebagai OS nya.
  • Prosesor, merupakan suatu komponen terpenting yang ada pada sebuah perangkat/device sebab ia berfungsi sebagai otak dari segala perangakat yang ada. Beberapa jenis prosesor atau CPU yang ada pada handphone diantaranya Exynos yang dinaungi oleh perusahaan Samsung Electronics, Tegra yang dikeluarkan oleh pihak NVIDIA, OMAP merupakan hasil kerja Texas Instrument, Snapdragon merupakan prosesor Qualcomm, Media Tek dari perusahaan Media Tek atau yang biasa kita kenal dengan MTK, PXA dari perusahaan marvell. Dan tentunya setiap jenis prosesor memiliki kelebihan masing-masing.
  • RAM, komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara serta membantu kinerja dari prosesor. Jika kita melihat sifatnya yang hanya sementara maka data yang ada pada RAM akan hilang ketika handphone dimatikan. Saran saya dengan adanya smartphone saat ini pilihlah RAM dengan kapasitas minimal 1GB, agar handphone anda bekerja secara maksimal.
  • Kapasitas penyimpanan internal, perangkat ini berbeda dengan RAM meskipun fungsinya sama sebagai media penyimpanan. Penyimpanan internal digunakan untuk menyimpan data-data penting bawaan handphone. Semakin besar kapasitas penyimpanan internal pada handphone maka semakin bagus pula untuk kinerja handphone anda.

  • Layar, jenis layar terbaik yang ada saat ini adalah Super AMOLED dan IPS. Serta perhatikan juga apakah layar handphone tersebut sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass atau tidak, karena adanya Corning Gorilla Glass membuat layar tidak mudah tergores benda-benda tajam. Selanjutnya perhatikan juga ukuran layar dan resolusi pada layar.
  • Resolusi kamera, perlu anda perhatikan besarnya megapixel tidak bisa anda jadikan acuan sepenuhnya karena ada beberapa faktor yang membuat gambar yang dihasilkan bagus diantaranya ukuran dan material lensa utama kamera, sensor cahaya, perangkat keras pengolah gambar, dan perangkat lunak yang merangkai perangkat itu semua. Maka tidak heran ketika ada handphone berbeda merk dengan resolusi kamera sama namun kualitas gambar yang dihasilkan berbeda.
  • Desain body, memang dari beberapa spesifikasi di atas desain body bukan hal yang begitu penting menurut saya namun handphone dengan desain yang elegan membuat penggunanya percaya diri ketika membawanya selain itu body juga berfungsi melindungi perangkat yang ada di dalamnya. Bahkan yang lagi trend saat ini yaitu desain body metal dimana beberapa merk handphone menggunakannya seperti iphone, samsung, dan sony experia.
  • Konektivitas, memperhatikan konektivitas pada hanphone sangatlah penting dalam penggunaan handphone kesehariannya. Semakin lengkap fitur konektivitas pada handphone semakin bagus pula untuk menunjang kegunaan sebuah handphone seperti adanya bluetooth, nfc, gps dan yang lainnya.
  • Baterai, jika anda ingin memiliki handphone dengan daya hidup lama maka pilihlah baterai dengan kapasitas yang besar. Kapasitas yang ada pada handphone biasanya sebesar 1200 mAh-2000 mAh.
  • Jaringan, ada beberapa jenis jaringan yang ada pada handphone diantaranya G atau GPRS, E atau EDGE, 3G atau UMTS, H atau HSPA, H+ atau HSPA+, 4G atau LTE. Saya merekomendasikan untuk minimal handphone yang anda pilih memiliki jaringan 3G ke atas.

  • Fitur tambahan, adanya fitur tambahan pada sebuah handphone menjadi daya tarik tersendiri sebagai hiburan lebih yang anda bisa dapatkan dari handphone tersebut. Misalnya sensor, game, aplikasi, browsing dan yang lainnya.

2. Cek Harga Handphone

Carilah beberapa referensi harga handphone di pasaran baik via internet, bertanya, atau melihat di brosur. Hal ini agar anda tidak membeli handphone dengan harga yang lebih mahal dengan harga aslinya dan juga agar anda tidak kemakan rayuan diskon yang sebenarnya harga diskon tidak jauh beda dengan harga biasanya di tempat lain.


3. Cek Asli atau Palsu

Ini sangat penting agar anda tidak tertipu karena banyak produsen nakal menjual handphone rekondisi dan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas handphone. Saya akan memberikan sedikit tips yaitu dengan mengecek nomor IMEI pada handphone. Biasanya nomor IMEI pada handphone terletak pada bagian belakang handphone tepatnya pada tempat baterai terpasang. Selanjutnya anda mencocokkan dengan nomor IMEI yang ada pada data handphone caranya ketik *#06# maka akan segera muncul nomor imeinya pada layar handphone. Untuk lebih aman anda bisa membeli handphone di konter atau toko resmi suatu merk handphone.


4. Pilihlah Handphone Sesuai Kebutuhan Anda 

Jangan sampai anda membeli handphone dengan spesifikasi tinggi namun anda tidak bisa memanfaatkannya. Atau jika anda seorang gramer maka pilihlah handphone dengan daya gedor yang tinggi alias memiliki spesifikasi yang menunjang anda dalam bermain game setiap harinya.


5. Garansi dan Service Center

Ini merupakan hal yang selalu kita perhatikan saat membeli hanphone atau barang elektronik lainnya.

6. Harga Jual Kembali 

Suatu saat nanti tidak menutup kemungkinan anda ingin mengganti handphone anda dengan yang baru sehingga anda perlu memperhatikan harga jual kembali agar tidak memiliki perbedaan harga yang begitu jauh sewaktu kita membeli barunya.

7. Tentukan Budget

Kita haruslah menentukan budget untuk membeli handphone yang sesuai keinginan kita. Sesuaikan budget yang anda miliki dengan harga hanphone yang ingin anda beli dan jangan pernah memaksakan membeli hanphone yang kita tidak bisa membelinya.

Semoga 7 tips diatas bisa membantu anda ketika anda hendak membeli sebuah handphone. Jadilah pembeli yang cermat sehingga uang yang anda miliki tidak keluar sia-sia dan anda bisa menggunakannya untuk keperluan yang lain. Terima kasih.