Tips Memilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Memiliki laptop memang menjadi keperluan yang terkadang menjadi keharusan bagi sebagian orang, sebab laptop menjadi barang elektronik yang multifungsi. Dimulai dari keperluan belajar sampai bisnis atau hanya sekedar hiburan belaka. Dengan begitu banyaknya  merk laptop yang ada di pasaran tentulah membuat kita harus jeli ketika kita ingin membeli sebuah laptop. Alih-alih memiliki laptop sesuai keinginan kita ternyata malah seperti membeli  kucing dalam karung. Terkadang desain yang keren seakan menghipnotis kita tanpa kita melihat spesifikasi yang ada pada laptop itu sendiri.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab laptop itu awet karena tidak selamanya masalah laptop itu terjadi karena faktor internal namun faktor eksternal juga harus anda perhatikan. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, dimana saya pernah membeli laptop dari salah satu merk terkenal dan tentunya saya membelinya dengan beberapa pertimbangan serta mencari beberapa referensi baik itu dari searching di internet atau bertanya kepada teman. Namun belum sampai satu tahun laptop yang saya miliki rusak pada bagian motherboardnya. Hal ini bukan terjadi karena kualitas laptop itu sendiri melainkan karena faktor eksternal. 



Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tips memilih laptop yang berkualitas, yang sesuai dengan harapan anda. Berikut beberapa tips memilih laptop: 


1. Spesifikasi Laptop

Mempertimbangkan spesifikasi yang ada pada laptop sangat lah penting karena kita bisa memilih laptop sesuai kebutuhan kita dan harga yang pantas dari laptop itu sendiri. Hal yang harus anda perhatikan ketika melihat spesifikasi laptop yaitu:
  • Prosesor, adanya prosesor sangatlah berpengaruh terhadap kerja dan kecepatan pada laptop, dimana kita memperhatikan prosesor sesuai kebutuhan kita. Apakah anda seorang gamer, programer atau hanya untuk keperluan biasa. Umumnya yang kita ketahui ada 2 prosesor yang tidak diragukan lagi kualitasnya yakni AMD dan Intel. Misalnya Intel dengan teknologi terbaru adalah Intel Haswell generasi ke-4 yang memiliki seri 4000, sedangkan AMD Vishera FX.
  • Memori, jika kita menilik pada memori maka bukan hanya sekedar kapasitas yang perlu kita perhatikan namun ada beberapa faktor misalnya kecepatan frekuensi memory dalam membaca data, kompabilitas dengan Mainboard dan komponen lain, merk yang bagus, dan lain-lain.
  • Hardisk/HDD, semakin bagus mutu hardisk pada laptop maka semakin maksimal performance sebuah laptop. Hal yang perlu anda perhatikan pada hardisk laptop yaitu merk hardisk, kapasitas hardisk, kecepatan rotasi, konektifitas (interface) dan fitur.
  • Konektivitas, yaitu perhatikan bentuk USB, HDMI, LAN, Wifi atau Hotspot.
  • Baterai, jenis baterai yang biasa dipakai di laptop yaitu jenis Li-Ion ( Lithium Ion) yang merupakan generasi penerus dari NICD/NIMH. Sehingga baterai yang bagus akan memberikan daya hidup baterai yang lama.

2. Fungsi atau Kebutuhan

Anda wajib menentukan untuk apa laptop anda digunakan, apakah untuk melakukan perkerjaan yang ringan seperti mengetik, mendengarkan lagu, nonton film, browsing atau pekerjaan yang berat seperti gaming, desain grafis dan video editing. Berikut acuannya: 

  • Aktifitas Ringan, maka spesifikasi minimal yaitu prosesor intel atom/intel pentium/pentium D/amd athlon x2 serta ram 1GB-2GB dengan HDD 160 GB atau lebih dari itu.
  • Aktifitas Berat, maka spesifikasi minimal yaitu prosesor intel core2duo/amd kelas athlon/phenom//FX serta ram 2GB atau lebih dengan HDD minimal 320 GB.

3. Layar

Ukuran layar merupakan hal yang jangan anda anggap sepele karena ukuran layar yang sesuai akan memberikan kenyamanan saat anda menggunakannya. Ada beberapa varian ukuran pada laptop diantaranya: 

  • 11" - 13": Jika aktifitas anda banyak berpindah-pindah selama memakai laptop, layar yang kecil antara 11" - 13" adalah pilihan yang pas. Laptop layar kecil mempunyai bobot yang ringan dan tidak bikin anda lekas letih saat menjinjingnya.
  • 13" - 14" : Menurut saya ukuran layar yang nyaman untuk dipakai segala keperluan, serta bobot yang tak terlalu berat pula.
  • 15" : Pilihan layar yang menurut saya cocok untuk dipakai ketika bermain game, edit foto atau video dan juga tak merepotkan saat dipakai untuk edit teks. Hanya saja ukuran yang terlalu tanggung untuk semua keperluan diatas.
  • 17" : Laptop ukuran besar yang Tentunya  tak akan nyaman untuk dibawa berpindah-pindah tempat sebab dimensinya yang besar dan bobot yang berat.

4. Portabilitas

Tentunya masih berhubungan dengan ukuran laptop yang akan anda miliki, hal ini sesuai dengan keperluan anda apabila anda termasuk orang yang sering berpergian dengan membawa laptop maka pilihlah ukuran laptop yang nyaman ketika anda bawa atau portable. Namun jika anda jarang membawa laptop ketika berpergian maka pilihlah ukuran dengan inch yang besar.


5. Jarak Antar Tombol pada Keyboard

Hal tergantung kenyamanan setiap orang yang disesuaikan dengan ukuran jari-jari yang anda miliki agar anda nyaman ketika melakukan aktifitas pengetikan.


6. Touchpad

Mayoritas orang tidak menghiraukan touchpad pada laptop karena sebenarnya touchpad pada setiap merk memiliki cara yang berbeda dalam penggunaanya. Pilihlah yang menurut anda nyaman dalam penggunaanya.


7. Merk atau Brand

Dengan banyaknya merk yang ada di pasaran tentulah mereka saling menampilkan keunggulannya dengan berbagai promosi yang dilakukannya. Maka dari itu jangan sampai kita kemakan oleh promosi yang tak sesuai dengan kualitas aslinya. Perbanyaklah referensi anda agar anda mendapatkan laptop dengan kualitas yang bagus. Saran saya carilah merk yang terkenal yang telah kita ketahui kualitasnya berdasarkan pengalaman para pengguna laptop.


8. Sistem Operasi

Pilihlah OS yang menurut anda nyaman menggunakannya karena selain faktor kenyamanan, OS juga berpengaruh terhadap kecepatan sebuah laptop. Sesuaikanlah OS dengan spesifikasi yang ada pada laptop.


9. Hibrid atau Konvensional

Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi maka kini banyak bentuk laptop yang dirilis di pasaran. Mulai dari bentuk konvensional atau bentuk laptop seperti biasanya sampai bentuk hibrid dimana layar dapat dilepas atau dilipat layaknya tablet tentu dengan harga yang mahal pula.


10. Garansi dan Service Center

Tentulah kita tidak ingin laptop yang kita beli mengalami kerusakan namun untuk menjaga hal itu semua maka kita perlu memperhatikan garansi yang diberikan ketika kita membeli laptop semakin lama garansi yang diberikan maka semakin bagus. Dan ini yang tak kalah penting yaitu tempat Service Center, usahakan tempat service center tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal anda ini bertujuan agar mempermudah apabila terjadi kerusakan dikemudian hari.


11. Cek Kondisi Laptop

Cek lah kondisi laptop sebelum membelinya jangan sampai anda menyesal ketika anda sudah membawa laptop yang anda beli ke rumah.


12. Bonus

Biasanya para penjual akan memberikan bonus berupa mouse, pelindung keyboard, pelindung LCD, cooling pad, pembersih LCD atau flashdisk maupun modem. Tentunya ini untuk menarik pelanggan, lumayan untuk memangkas pengeluaran anda daripada anda harus membeli aksesoris tersebut satu persatu.


13. Mencoba Laptop

Biasanya toko tempat menjual laptop memberikan sarana untuk mencoba laptop sebelum kita membelinya.


14. Harga Jual Kembali

Hal ini tidak menutup kemungkinan suatu saat anda merasa bosan dengan laptop anda atau ingin memiliki laptop dengan spesifikasi terbaru maka harga jual kembali perlu anda pertimbangkan agar harga jual tidak terlalu jauh merosot dengan harga sewaktu kita membeli laptop tersebut.


15. Budget

Tentulah  jika anda ingin membeli laptop yang ingin anda miliki harus sesuai dengan budget yang anda punya dan biasanya spesifikasi dan merk laptop berpengaruh terhadap harga yang dibandrol pada laptop tersebut.


Sekian ulasan singkat tentang Tips Memilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan. Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi bahan referensi untuk anda dan semoga bermanfaat.