Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Cara Mudah

Di era saat ini penggunaan handphone bukanlah hal tabuh lagi yang hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang saja. Jika kita perhatikan di masyarakat pengguna hp sudah menyangkup di semua lapisan masyarakat mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Sehingga saat ini hp menjadi barang yang sangat vital untuk dimiliki karena dalam penggunaanya sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Tentulah kita menginginkan tidak terjadi sesuatu pada HP kita.

Apakah Anda pernah mengalami handphone atau smartphone hilang?
Lantas apa yang Anda lakukan pertama kali saat HP Anda hilang?
Bagaimana perasaan Anda ketika tahu HP Anda benar-benar hilang?

Hal itu bisa saja terjadi pada setiap orang tanpa terkecuali baik itu karena kelalaian Anda maupun karena dicuri oleh orang lain. Menjawab pertanyaan di atas tentulah kita harus punya inisiatif untuk mencari tahu keberadaan HP kita sebelum meminta bantuan orang lain. Yups kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara melacak lokasi HP yang hilang khususnya Android. Saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana mengantisipasinya jika sewaktu-waktu HP Anda hilang hingga cara menemukan HP Anda yang hilang. Tentulah lebih baik kita mencegah agar hal itu tidak terjadi. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar HP Anda bisa ditemukan.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang

Langkah awal yang Anda perlu lakukan pada HP Android Anda

1. Silahkan buka menu Google Settings pada HP Android Anda, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
cara melacak hp yang hilang

2. Lalu cari dan lihat menu ANDROID DEVICE MANAGER. Apabila Anda tidak menemukannya, silahkan buka menu Security. Setelah itu Anda akan menemukan beberapa fitur maka Anda harus memperhatikan pada fitur "Remotely locate this device". Pastikan pada fitur tersebut dalam keadaan tercentang atau aktif. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

cara melacak posisi

 Dua langkah di atas merupakan langkah awal untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu HP Anda hilang.  Namun, sebelumnya Anda juga harus mengaktifkan akun Gmail Anda dan log in di Google Play Store. Hal ini dilakukan agar pihak Google dapat melacak posisi HP Anda. 

Mungkin Anda bertanya "Lantas apa yang harus saya lakukan saat HP saya hilang....?"

Yups saya akan menjelaskan kepada Anda langkah demi langkah yang harus Anda lakukan ketika HP Anda hilang. Simak baik-baik setiap langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Ketika HP Android Hilang

1. Silahkan Anda siapkan laptop atau smartphone Android lainnya. Kemudian kunjungi situs www.google.com/android/devicemanager dengan membuka browser baik itu aplikasi browser pihak ketiga maupun browser bawaan smartphone Android, selanjutnya Anda harus log in dengan menggunakan alamat Gmail yang Anda gunakan untuk log in di Google Play Store yang ada pada smartphone Android Anda yang hilang.

2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu pilih dan klik opsi kotak biru dengan tulisan "Terima"

cara melacak hp android

3. Setelah itu akan muncul tampilan pop up seperti gambar di bawah ini.

cara melacak posisi

4. Jika kita perhatikan gambar diatas ada beberapa fitur yang tersedia diantaranya: Ring, Lock, Erase.
Saya akan menjelaskan kegunaan dari tiap fitur tersebut.
  • Fitur Ring, berfungsi ketika smartphone Android Anda dalam keadaan silent atau modus senyap maka Anda dapat menggunakan fitur ini agar smarphone Android Anda dapat mengeluarkan suara penuh.

    fitur ring di ADM


  • Fitur Lock, berfungsi untuk mengunci perangkat Android Anda dengan password agar dapat mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan.

    cara menemukan hp yang hilang
    Ketika Anda memilih fitur ini, Anda akan diminta untuk memasukkan password namun Anda harus benar-benar mengingat password tersebut karena nanti akan digunakan untuk membuka kembali perangkat Anda yang sudah Anda kunci sebelumnya. Selain itu Anda juga bisa mengisi pesan dan no HP Anda dengan tujuan jika ada yang menemukan HP Anda bisa langsung menghubungi Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.


  • Fitur Erase, berfungsi untuk mengubah atau men-reset pengaturan smartphone Anda kembali ke pengaturan pabrik. Sehingga ini bisa jadi solusi ketika HP Anda dalam posisi GPS tidak aktif, jadi ketika Anda mengggunakan fitur ini secara otomatis akan menyetel GPS ke posisi aktif. Kemudian fitur ini juga berguna untuk menghapus semua data pribadi Anda pada smartphone Anda yang hilang.

  • Ada fitur tambahan lagi, jika kita perhatikan gambar di atas pada layar pop up bagian pojok kanan atas ada kotak dengan pinggiran berwarna merah, itu merupakan fitur Icon Shot yang berfungsi sebagai pelacak lokasi terakhir HP Anda berada.

Semua langkah di atas bisa efektif ketika HP Anda yang hilang dalam keadaan aktif, Namun mungkin sudah ada cara yang bisa digunakan ketika smartphone Anda yang hilang dalam keadaan non aktif. Sebenarnya setiap fitur yang ada pada perangkat Android Anda sangat berguna dan kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda.






Advertisement