Cara Memasang Membuat Menambahkan Widget Blog

Di pagi yang cerah ini saya akan berbagi kepada kalian tentang cara memasang widget di blog. Penggunaan widget dalam dunia blogging bukanlah hal yang asing, namun untuk para pemula di dunia blog mungkin belum tahu apa itu widget dan cara memasangnya. Oleh sebab itu, sebelum saya memberikan tutorial cara memasang widget saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu widget.

Widget merupakan bentuk fitur tambahan yang telah disediakan oleh platform blog yang bersifat dinamis dan sebagai navigasi blog sehingga bisa memudahkan pengunjung mengetahui informasi pada blog kita. Setelah Anda mengetahui apa itu widget, kini saatnya saya untuk berbagi tutorial cara memasang widget di blog. Silahkan perhatikan step by step tutorial di bawah ini.

Cara Memasang Widget Di Blog

1. Silahkan kunjungi www.blogger.com untuk log in di akun blogger Anda, jika Anda belum mempunyai blog silahkan baca cara membuat blog.

2. Jika Anda mempunyai lebih dari satu blog dalam satu akun Gmail, maka pada dashboard pilihlah blog yang akan Anda pasang widget.

3.Setelah itu pilh "Tata Letak" atau "Layout". Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bagian sebelah kiri dengan garis kotak merah di bawah ini.

cara memasang widget

4. Pada laman ini Anda akan menemukan beberapa posisi yang bisa dipasang widget seperti posisi widget pada Header (Atas), Sidebar (Samping), atau Footer (Bawah).

5. Setelah Anda sudah menentukan akan dipasang pada posisi sebelah mana, silahkan pilih "Tambahkan Gadget" atau "Add a Gadget", dibawah ini contoh memasang widget pada sidebar.

cara memasang widget terbaru

6. Berikutnya akan muncul pop up yang berisikan beberapa daftar widget, silahkan Anda pilih widget mana yang akan dipasang. Saya ambil contoh akan memilih Pengikut Google+.

cara memasang widget di blogspot


7. Setelah itu klik tanda  +  pada menu widget Pengikut Google+ seperti yang ditunjuk tanda panah pada gambar di atas. 

8. Berikutnya akan muncul pop up kembali seperti gambar di bawah ini, gulir ke bawah lalu pilih  Simpan  atau    Save     .


Dengan demikian Anda telah berhasil memasang widget pada blog Anda. Tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan bukan? Semoga tutorial di atas bisa membantu Anda.