Mau Beli Smartphone? Baca Dulu Spesifikasi Samsung Z2

Baru-baru ini Samsung baru saja meluncurkan smartphone terbarunya bernama Samsung Z2. Dan smartphone ini hadir dengan sistem operasi Tizen, sehingga bisa menjadi alternatif untuk Anda dalam memilih smartphone keseharian Anda. Seperti yang Anda tahu saat ini begitu banyak smartphone berbasis Android di pasaran. Mungkin ini membuat Anda semakin penasaran dan ingin mengorek apa sebenarnya kelebihan Samsung Z2 dengan berbasis Tizen dibandingkan dengan smartphone yang lain. Yups langsung saja saya beri tahu apa sih yang bikin menarik dari Samsung Z2? Berikut saya akan ulas spesifikasi dari Samsung Z2 beserta kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Samsung Z2

Spesifikasi Samsung Z2 

Saya akan mengawalinya dari segi koneksinya, jangan khawatir buat Anda yang suka menggunakan kartu SIM lebih dari satu karena smartphone ini menggunakan Dual SIM dan lebih kerennya lagi smartphone ini sudah mendukung teknologi 4G LTE sehingga dijamin internetan makin cepat, dimana smartphone ini mendukung pada jaringan 2G EDGE dan GPRS (GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 CDMA 800 / 1900), 3G HSPA Plus 42.2/5.76 Mbps (HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 CDMA2000 1xEV-DO TD-SCDMA), dan juga 4G LTE Cat4 150.8/50. Mbps (LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 20(800), 40(2300)). Dan fitur lainnya seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan port MicroUSB 2.0.

Selanjutnya dari segi layarnya, smartphone ini memiliki layar 4.0 inches dengan resolusi 480 x 800 pixels dan mampu menghasilkan gambar hingga kepadatan 233 ppi pixel density serta layar berjenis TFT capacitive touchscreen dengan 16M colors dan Multitouch.

Setelah belakangan ini Samsung selalu merilis smartphone dengan berbasis Android, kini Samsung kembali menggunakan smartphone berbasis OS Tizen v2.4 dimana menghasilkan tampilan yang sangat jauh dengan TouchWiz UI yang seperti kita tahu dipakai pada smartphone android samsung. Meskipun tidak mempunyai app drawer, namun telah dilengkapi beberapa thema yang akan memanjakan penggunanya ketika melihat tampilan halaman depannya. Adapun beberapa fitur aplikasi diantaranya S Bike Mode, Ultra Data Saving dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Kita beralih pada hardware Samsung Z2 dimana smartphone ini tidaklah berbeda jauh dengan Samsung Galaxy J1 Mini. Hal ini dikarenakan kedua smartphone tersebut menggunakan processor Quad Core 1.5 Ghz dengan disertai chipset Spreadtrum SC9830A dan pengolahan grafis berjenis Mali-400MP2. Tidak hanya itu smartphone ini juga dilengkapi dengan Ram berkapasitas 1GB serta dilengkapi pula dengan memori internal sebesar 8 GB. Jika Anda merasa kurang dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menggunakan microSD karena smartphone Samsung Z2 telah melengkapinya dengan slot microSD yang bisa memperluas ruang penyimpanan  hingga 32 GB.

Pada kapasitas baterai, smartphone ini mempunyai kapasitas 1.500 mAh yang bisa bertahan pada massa standby mencapai 180 jam dan diklaim bisa memiliki waktu bicara selama 5 jam. Jika Anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game atau mengakses internet, agar tidak kehabisan baterai sebaiknya Anda menyediakan powerbank. 

Untuk yang suka berfoto ria Samsung Z2 memiliki kamera dengan resolusi 5 Megapixel dengan fitur LED Flash serta Autofocus dan berfitur Geo-tagging, face detection, panorama, HDR. Walaupun hasil gambar yang dihasillkan tidak sebagus dengan smartphone Android Samsung, seperti Galaxy J5 ataupun Galaxy J3, menurut saya itu wajar karena Samsung Z2 dibanderol dengan harga murah. Pada bagian kamera depan telah terpasang kamera beresolusi 0.3 Megapixel.

Setelah kita tahu spesifikasi Samsung Z2 berikut saya akan memberikan beberapa pencerahan mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone ini.

Kelebihan Samsung Z2

  1. Mempunyai desain yang elegan dengan kesan mewah dan dilengkapi beberapa pilihan warna yaitu Gold, Red, Black.
  2. Mempunyai layar 4 Inci yang sanggup menghasilkan gambar hingga kepadatan 233 ppi per density.
  3. Telah Mendukung jaringan 4G LTE.
  4. Mempunyai fitur koneksi yang lumayan lengkap.
  5. Dilengkapi Memori internal 8GB dan eksternal hingga 32GB.
  6. Menggunakan sistem operasi Tizen OS versi 2.4.
  7. Dilengkapi kamera utama 5 MP pas untuk selfie dan merekam video.

Kekurangan Samsung Z2

  1. Kamera depan masih VGA.
  2. Layarnya belum dilindungi lapisan anti gores, sehingga Anda perlu melapisinya dengan screen guard.
  3. Kualitas gambar kurang tajam dibandingkan dengan Samsung Z3 yang memiliki layar 5 inci beresolusi HD 720p dan mengadopsi teknologi Super Amoled.
  4. Memori RAM hanya berkapasitas 1GB.

Dari hasil ulasan saya di atas mengenai Samsung Z2 setidaknya bisa menjadi acuan untuk Anda dalam memilih smartphone dengan fitur lengkap namun harga murah di bawah 1 jutaan dimana Samsung Z2 dibanderol dengan harga Rp. 900 ribuan. Semoga review ini bisa membantu Anda.