Cara Membuat Halaman Statis Di Blogspot Dengan Langkah Mudah

Untuk blogger pemula mungkin belum tahu benar apa itu halaman statis. Sehingga terkadang mengabaikannya. Saya rasa ini penting untuk diketahui karena membuat blog tidak hanya sekedar membuat dan memposting konten saja, namun kita juga harus memperhatikan seluk-beluk dari blog itu sendiri sebab ini sangat berpengaruh terhadap blog anda. Dimana kenyamanan pengunjung ketika mengunjungi blog kita sangat perlu untuk anda perhatikan.

Sekedar info saja bahwa di blog khususnya blog dengan platform blogger mempunyai 4 tipe halaman, diantaranya tipe halaman statis, halaman posting, halaman eror page dan halaman index. Dimana dari setiap halaman tersebut mempunyai fungsi, struktur dan cara kerja yang berbeda. Namun pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang halaman statis dan cara membuat halaman statis.

Apa itu halaman statis?

Halaman statis merupakan sebuah halaman yang tidak berubah dan konstan walau halaman tersebut dimuat beberapa kali. Biasanya pada halaman statis berisikan halaman yang berisikan konten yang tidak berubah atau jarang dirubah, contohnya About, Contact Us, Privacy Policy, Disclaimer dan Sitemap.

Jika kita bandingkan dengan halaman posting blog yang bersifat dinamis, tentunya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan halaman statis dengan halaman posting.

Halaman Statis

  • Saat dipublish tidak muncul di halaman beranda blog.
  • Tidak mempunyai label.
  • Tampilan halaman tidak akan terpengaruh meskipun ada halaman statis baru.

Halaman Posting

  • Saat dipublish muncul di halaman beranda blog.
  • Mempunyai label.
  • Tampilan halaman akan berubah jika ada konten yang baru dipublish.
Itu lah beberapa perbedaan halaman statis dengan halaman posting. Untuk informasi tambahan meskipun halaman statis bersifat konstan dan tidak berubah, halaman statis bisa di edit jika di lain waktu anda ingin merubahnya.

Apa ciri-ciri halaman statis?

Bila kita perhatikan pada tampilan sebuah blog, memang agak sulit mengetahui apakah halaman tersebut halaman statis atau bukan. Hal itu dikarenakan modifikasi dan desain template sebuah blog.

Untuk mengetahui ciri-cirinya, kita bisa memperhatikan pada struktur Url nya, dimana struktur Url pada halaman statis menggunakan huruf p yang berada pas setelah nama domain blog. Bentuk struktur Url nya yaitu namablog/p/judul konten. Berikut ini saya akan memberikan contoh Url halaman statis.

http://www.caraseobali.com/p/about-us.html


Cara Membuat Halaman Statis Di Blogspot

1. Log in ke akun Blogger anda
2. Jika anda memiliki banyak blog dalam satu akun gmail, pilihlah blog mana yang akan anda buat halaman statis
3. Selanjutnya pada dashboard pilih menu Laman, lalu pilih Laman baru. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

cara membuat halaman statis di blogspot

4. Selanjutnya lakukan seperti anda membuat postingan baru yaitu membuat judul laman, membuat konten. Rasanya saya tidak perlu menyertakan contoh gambar karena tampilan hampir sama seperti tampilan ketika hendak membuat postingan baru. Setelah selesai membuat judul dan konten, silahkan klik   Publikasikan  .

5. Jika anda mengikuti setiap langkah di atas berarti anda sudah bisa membuat halaman statis. Setelah itu akan muncul tampilan yang berisikan beberapa halaman statis yang anda buat, seperti gambar di bawah ini.


Cara Mengatur Halaman Statis Di Blogspot

Terdapat tiga pengaturan yang bisa anda kelola ketika membuat halaman statis diantaranya:

1. Deskripsi Penelusuran

Ini dilakukan jika anda ingin halaman statis yang anda buat muncul di mesin pencarian (Search Engine). Sebelumnya anda harus mengaktifkan pemakaian meta tag, dengan cara:
  • Pada menu di Dashboard, pilih Setting
  • Pilih search preference
  • Lalu pilih Meta Tag,lalu pilih "Deskripsi ?"
  • Klik Edit
  • Pada pilihan "Aktifkan deskripsi penelusuran?", pilih Ya
Tampilannya seperti gambar dibawah ini.
cara mengaktifkan meta tag di blogspot

  • Setelah anda pilih Ya, akan mucul content box seperti gambar di bawah ini.


  • Setelah anda mengisi deskripsi pada content box seperti gambar di atas, silahkan pilih   Simpan perubahan  .

2. Options

Di menu Option, terdapat 2 pilihan setelan yaitu: Komentar dan Compose mode (Kode HTML dalam konten)

3.Custom Robot Tags

Menu ini digunakan untuk mesin pencari, apakah halaman statis blog anda bisa atau tidak dirayapi yang kemudian akan dimunculkan oleh search engine pada SERP.

Demikian tutorial singkat yang bisa saya bagi untuk anda, semoga bermanfaat.

Advertisement