Inilah Cara Membuat Website Gratis Terbaru 2017

Caraseobali.com - Pada zaman yang serba modern saat ini, membuat sebuah website merupakan suatu keperluan yang biasanya dilakukan untuk tujuan bisnis dan juga hal lainnya. Untuk penggunaan website pada saat ini semakin hari juga semakin bertambah menjadi banyak seseorang yang memiliki website sendiri lantaran cara membuat website sangatlah mudah untuk dilakukan.

Dengan memiliki sebuah website ini nantinya anda seperti memiliki rumah sendiri yang bisa anda isi apa saja di dalam website anda tersebut. Bagi anda yang ingin membuat sebuah website, anda tidak perlu bingung, karena pada artikel ini kami akan memberikan anda cara membuat website dengan mudah. Bukan hanya itu saja, pada pembuatan website ini juga tidak diperlukan biaya alias gratis. Lalu bagaimana cara membuat website gratis, berikut inilah informasinya.

1. Langkah pertama yang perlu untuk anda kunjungi yaitu mengunjungi layanan penyedia pembuatan website. Untuk layanan penyedia pembuatan website gratis anda bisa menggunakan layanan dari IDHostinger sebuah layanan yang sangatlah populer. Langsung kunjungi http://www.idhostinger.com

2. Selanjutnya jika website sudah terbuka, silahkan anda lanjutkan dengan memiliki Buat Akun. Letak dari menu ini berada di pojok kanan atas sebelah form login.

3. Kemudian pada halaman ini, anda diharuskan untuk mengisi data anda seperti Nama, Email dan Password anda pada kolom yang telah di sediakan.

4. Untuk selanjutnya silahkan anda klik buka Tab Baru dan silahkan anda masuk pada email anda untuk mengaktifkan akun tersebut. Setelah ada dua email yang dikim silahkan anda lihat email yang pertama ataupun yang paling bawah sendiri.


5. Setelah anda sudah memilih, anda akan diarahkan pada sebuah halaman dimana anda nanatinya disuruh untuk memilih paket hosting. Untuk mencoba membuat website gratis, anda bisa memilih yang Paket Gratis.

6. Setelah anda memilih memesan hosting, selanjutnya anda akan diberikan subdomain yang berguna untuk alamat website tersebut. Untuk pemilihan ini silahkan anda pilih satu sesuai dari selera anda. Kemudian setelah memilih silahkan klik Buat.


7. Setelah Subdomain dan juga Hosting telah dibuat, selanjutnya silahkan anda tunggu hinga keluar sebuah pemberitahuan bahwa akun anda telah dibuat pada pojok bawah sebelah kanan. Kemudian silahkan anda klik Lihat Hasil.


8. Pada halaman inilah kita sudah berhasil pada tutorial pembuatan akunnya. Tetapi setelah anda pesan hosting dan subdomain, anda diharuskan untuk membuat website. Untuk membuatnya, silahkan anda klik File dengan cara mengeklik tombol Kelola.


9. Setelah itu nanti anda akan dibawah ke sebuah Cpanel atau Control Panel. Pada halaman inilah anda bisa mengatur semua sesuatu yang berhubungan dengan website anda mulai dari.

  • Menambah subdomain
  • Impor website
  • Parkir domain
  • Impor database
  • Mengatur halaman eror
Selain diatas masih banyak lagi fitur yang telah tersedia dan bisa untuk anda gunakan. Setelah hal tersebut anda lakukan silahkan anda ambil data tentang Nama Pengguna.


10. Kemudian setelah anda mengambil datanya, anda silahkan masuk pada FTP Online. Anda bisa langsung membuka https://ftp.net4india.com

Sebelumnya kami telah menyuruh anda untuk mencatat data anda. Hal ini perlu digunakan untuk memasukan data pada halaman login di Panel FTP. untuk data yang perlu anda masukan yaitu FTP Server (Nama Domain), Username (Nama Pengguna), Password (Password). Setelah semuanya anda isi, silahkan anda klik login.


11. Kemudian setelah anda klik login, selanjutnya anda bisa masuk ke direktori root.


Pada direktori (folder) ini anda tidak bisa mengupload data apapun, untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengeklik terlebih dahulu public_html.

12. Kemudian setelah anda klik tersebut, disinilah anda bisa mengatur halaman website anda. Untuk mengaturnya, silahkan anda terlebih dahulu menghapus file yang bernama defaut.php yang berada pada folder public_html. Kemudian setelah itu, silahkan anda centang file tersebut dan silahkan pilih Delete. Selanjutnya silahkan anda pilih Submit lalu klik Back untuk kembali lagi menu public_html.

13. Untuk langkah selanjutnya, kita dipersilahkan untuk mengupload file kita. Untuk mengupload file anda tidak perlu untuk khawatir, karena telah kami sediakan kode valid HTML5. Berikut inilah kodenya.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">

<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Page Title</title>

<!-- meta tags -->
<meta name="keywords" content="">
<meta name="description" content="">

<!-- stylesheets -->

<style>
/* ~~~~~~~~~ layout ~~~~~~~~~~ */
#container {width: 960px;margin: 20px auto;background: #fff;padding: 30px;overflow: hidden;}

/* ~~~~~~~~~ header ~~~~~~~~~~ */
#main-navigation {border-bottom: 5px solid #3942A3;margin: 20px 0;}
#main-navigation ul {overflow: hidden;width: 100%;list-style: none;font-size: 1.6em;}#main-navigation li {float: left;}
#main-navigation li a {background: #3972A3;margin: 0 5px 0 0;padding: 5px 30px;display: block;color: #000000;text-decoration: none;}
#main-navigation li.current a {background: #666;}
#main-navigation li a:hover {background: #777; }

/* ~~~~~~~~~ article ~~~~~~~~~~ */
article {width: 100%;overflow: hidden;}
section {float: left;width: 500px;}

/* ~~~~~~~~~ aside ~~~~~~~~~~ */
aside {float: right;width: 310px;}

/* ~~~~~~~~~ footer ~~~~~~~~~~ */ 
footer {width: 840px;margin: 20px auto;font-size: 1.4em;text-align: right;}

/* ~~~~~~~~~ common ~~~~~~~~~~ */
body, select, input, textarea {font: 0.625em/1.4 tahoma, verdana, arial, helvetica, sans-serif;color: #333;}
body {background: #ccc;}
h1 {font-weight: normal;color: #666;font: 3.2em/1.4 georgia, 'times new roman', times, serif;margin: 0.2em 0 0;}
h2 {font-weight: normal;color: #666;font: 2.4em/1.4 georgia, 'times new roman', times, serif;margin: 0.2em 0; }
section p, section ul, section ol,
aside p, aside ul, aside ol {font-size: 1.4em;margin: 1em 0;}
section ul {margin-left: 1em;}
section ol {margin-left: 1.4em;}

/* ~~~~~~~~~ generic ~~~~~~~~~~ */
html, body, address, blockquote, div, dl, form, h1, h2, h3, h4, h5, h6, ol, p, pre, table, ul,
dd, dt, li, tbody, td, tfoot, th, thead, tr, button, del, ins, map, object,
a, abbr, acronym, b, bdo, big, br, cite, code, dfn, em, i, img, kbd, q, samp, small, span,strong, sub, sup, tt, var, legend, fieldset {margin: 0;padding: 0;}
img {vertical-align: bottom;}
img, fieldset {border: 0;}
html {overflow-y: scroll;}
header, nav, section, article, figure, aside, footer {display: block;}
</style>

<!-- javascript -->
<script src="js/jquery-1.3.2.min.js"></script>

<!--conditional-->
<!--[if IE]> 
<script src="js/html5.js"></script>
<![endif]--> 
</head>

<body class="home">

<div id="container">
<header id="page-header">
<h1>Judul Blog</h1>
<nav id="main-navigation">
<ul>
<li class="current"><a href="#">Home</a></li>
<li style="color: red;"><a href="#">About</a></li>
<li><a href="#">Menu</a></li>
<li><a href="#">Portfolio</a></li>
<li><a href="#">Contact</a></li>
</ul>
</nav>
</header>
<article id="page-content">
<section>
<hgroup>
<h2>Pemahaman HTML5</h2>
<h2>Demo HTML5 Template</h2>
</hgroup>
<p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus ac iaculis erat. Maecenas id fermentum odio. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos.</p>
<h2>HTML 5 Item</h2>
<ul>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
</ul>
<ol>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
</ol> 
</section>
<aside> 
<h2>Artikel Terkait</h2>
<p>Aliquam id lorem ac tellus fringilla bibendum et at turpis. In ut auctor justo. Integer ac quam sed est semper hendrerit.</p>
</aside>
</article> 
</div>

<footer>
Footer
</footer>

</body>
</html>

Langkah pertama silahkan anda copy terlebih dahulu script atau kode diatas. Kemudian silahkan anda edit terlebih dahulu untuk isi teks yang akan ada pada halaman website anda.
14. Setelah semuanya anda edit, sekarang silahkan anda upload, cara uploadnya silahkan anda klik Upload.
Kemudian silahkan anda pilih Choose Flie yang atas, karena jika tidak maka file yang telah anda upload tidak bisa untuk dikompres. Selanjutnya silahkan anda klik tombol submit.

15. Kemudian jika website anda sudah tampil seperti dibawah ini, berarti pembuatan website anda telah sukses.


Diatas itulah informasi tentang cara membuat website gratis dan mudah yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.