3 Aplikasi dan Game Android Keren Ini Cocok Untuk Balita Anda

Saat Si Kecil rewel, banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat si anak kesayangan 'sibuk' sehingga orang tua pun bisa melanjutkan aktivitasnya, diantaranya adalah dengan memberikan si buah hati gadget yang telah diisi permainan atau aplikasi yang cocok untuk mereka.

Khusus untuk anak usia di bawah 5 tahun, terdapat beberapa aplikasi yang bisa dicoba orang tua gunakan untuk membuat sibuk si kecil. Apa saja aplikasi tersebut? Silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Animal Sounds

Aplikasi Animal Sounds merupakan aplikasi bermain dan belajar anak dalam hal mengenali suara-suara hewan. Dalam aplikasi ini telah disediakan sekitar 80 jenis suara berbagai macam binatang, misalnya suara beruang, suara ayam dan sebagainya. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, karena memiliki antar-muka yang sederhana.

Aplikasi Android besutan developer Papumba tersebut bermanfaat juga untuk mengetes serta mengasah daya ingat anak usia 1 sampai 5 tahun. Aplikasi ini tersedia dalam 15 bahasa berbeda, namun jika ingin mengganti bahasa, disarankan jika anak sudah berusia enam tahun atau lebih.

Aplikasi Animal Sounds memiliki rating yang lumayan tinggi di Google Play Store, yakni 4,4 dan telah diunduh sekitar sejuta kali lebih. Oleh karena aplikasi tersebut memuat file-file suara, maka ukurannya juga tergolong agak besar yaitu 67 MB. Versi Android minimal yang bisa diinstal Animal Sounds adalah 4.0.3 ke atas.

https://play.google.com/store/apps/details?id=net.fagames.android.playkids.animals

2. My Baby Care

My Baby Care adalah aplikasi atau game yang cocok untuk balita selanjutnya yang bisa dicoba oleh orang tua. Game ini mensimulasikan si anak menjadi seorang baby sitter yang bertanggung jawab untuk menjaga dan mengajak bermain bayi virtual di dalam game.

Dalam permainannya, si bayi dititipkan oleh orang tuanya kepada pemain game, selanjutnya ia ditugaskan untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan bayi virtual tersebut seperti memandikan, mengganti popok, memakaikan baju, kasih makan dan lain-lain. Si anak (pemain game) harus menjaga si bayi virtual agar tidak menangis.

Di Paystore, My Baby Care mendapat rating 4,2 dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Game yang dibuat oleh developer Bubadu tersebut bisa berjalan di atas sistem operasi Android 4.0.3 ke atas.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bubadu.mybabycare

3. Shapes and Colors – Kids games for toddlers

Shapes and Colors merupakan game edukasi yang cocok untuk balita yang berisi 15 macam aktivitas mengasyikkan yang bisa dimainkan oleh buah hati Anda. Game ini bisa meningkatkan kreativitas anak serta meningkatkan daya ingat, pemahaman visual dan masih banyak lagi.

Dalam memainkan game ini, orang tua bisa memilihkan salah satu aktivitas yang dapat disesuaikan dengan umur si kecil, diantaranya aktivitas untuk anak usia 2, 3, 4 dan 5 tahun. Sayangnya, game keren ini ementara baru tersedia dalam bahasa Inggris saja, belum ada pilihan bahasa lain.

Rating yang diperoleh oleh game besutan pengembang Bimi Boo Kids - Games for boys and girls LLC tersebut cukup tinggi, mencapai angka 4,5. Jumlah unduhan terhadap game Shapes and Colors mencapai satu juta kali lebih dan bisa berjalan di atas sistem operasi Android versi 4.0 ke atas.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimiboo.colors

Nah, itulah 3 jenis aplikasi dan game yang bisa diinstalkan oleh orang tua pada smartphone Android untuk bermain dan belajar si kecil. Semua aplikasi di atas tersedia dan dapat orang tua unduh secara gratis di Google Play Store, namun sebelum mendownload, pastikan perangkat yang akan digunakan telah memenuhi sistem requirment minimal yang dibutuhkan agar game atau aplikasi tersebut berjalan dengan lancar.