4 Aplikasi Kamera Android Ini Terkenal Bagus Dan Banyak Fitur

Aplikasi kamera bawaan ponsel smartphone kadang tidak bisa menghasilkan hasil jepretan berkualitas bagus sesuai dengan yang kita inginkan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan sebuah aplikasi yang mampu meningkatkan kualitas hasil foto serta memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh kamera bawaan.

Jika Anda adalah pengguna smartphone Android, ada beberapa aplikasi khusus untuk kamera yang layak Anda coba pasang di ponsel kesayangan. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur dan fungsi yang melebihi kemampuan kamera standar handphone. Ini dia aplikasi yang dimaksud.

1. Aplikasi A Better Camera

A Better Camera merupakan aplikasi kamera gratis yang mempunyai segudang fitur yang akan membuat kamera ponsel menjadi lebih banyak fungsi, diataranya adalah HDR, Panorama 360 derajat, multishot, bisa settinng ISO, Timestamp, pengaturan manual dan masih banyak lagi. Untuk keperluan perekaman video, pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur keren seperti Video time lapse, timer dan lain-lain. Satu fitur yang cukup berguna adalah Anda bisa membuang objek yang tidak diinginkan saat mengambil foto hanya dengan sekali klik.

Di Google Palystore, A Better Camera mendapat rating yang lumayan tinggi yakni di angka 4,1. Aplikasi yang ditawarkan oleh developer Almalence ini telah diunduh lebih dari sejuta kali. Sistem operasi minimal yang diperlukan agar apilkasi bisa berjalan lancar adalah Android versi 4.0 ke atas. Tertarik dengan aplikasi keren satu ini? Silahkan unduh langsung di Google Playstore melalui tautan yang ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.almalence.opencam&hl=in

2. Aplikasi ProShot

ProShot merupakan aplikasi kamera Android yang berbayar. Harganya tidak terlalu mahal, saat tulisan ini dibuat harga yang ditawarkan cuma Rp 53.000 saja. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ProShot termasuk lengkap, misalnya terdapat fitur pengaturan seperti layaknya kamera DSLR, bisa mengambi foto dalam format RAW, mampu menjepret foto dengan reolusi penuh 16:9, 4:3 dan 1:1. Masih banyak fitur keren lainnya yang bisa ditemui pada ProShot.

Jenis ponsel Android yang bisa diinstal aplikasi ProShot adalah memiliki sistem operasi minimal Android 6.0 Marsmallow. Rating yang diperoleh di Google Palystore adalah di angka 3,7. Oleh karena aplikasi bukanlah aplikasi gratis, maka jumlah orang yang telah mengunduhnya tdak sebanyak aplikasi gratis, cuma sekitar 10 ribu kali. Jika Anda ingin mengunduhnya, silahkan klik tauatan berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.riseupgames.proshot2&hl=in

3. Aplikasi Camera FV-5

Camera FV-5 termasuk ke dalam kategori aplikasi berbayar juga, sama dengan aplikasi ProShot di atas. Fitur-fitur yang dihadirkan tak kalah banyak dibandingkan dengan aplikasi kamera berbayar lain, dimana pengguna bisa menggunakan fitur-fitur seperti tampilan display yang mirip dengan kamera DSLR, mampu menagkap gambar untuk disimpan dalam format RAW (.DNG), True Manual Focus dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer FGAE ini memiliki rating di angka 3,8 dan telah diunduh lebih dari 100.00 kali. Sistem requirment Android yang diperlukan bervariasi, jadi tidak ada sistem operasi minimal khusus yang diperlukan untuk bisa menginstal aplikasi tersebut. Harganya saat tulisan ini dibuat adalah Rp 49.560.

JIka Anda tertarik, silahkan download langsung di Playstore melalui tautan ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.flavionet.android.camera.pro&hl=in

4. Aplikasi Manual Camera

Pilihan terakhir aplikasi kamera dengan fitur dan fungsi bagus dalam list ini adalah Manual Camera. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi berbayar yang saat tulisan ini dibuat, harganya sekitar Rp 44.000. Sesuai dengan namanya, pada aplikasi Manual Camera terdapat berbagai macam pengaturan manual yang bisa disesuaikan oleh user, diantaranya pengaturan manual shutter speed, ISO, Focus Distance dan sebagainya.

Untuk bisa menginstal aplikasi Manual Camera, diperlukan smartphone Android dengan OS minimal 5.0. Ratingnya di Palystore lumayan tinggi yaitu di angka 3,7. Jumlah unduhan mencapai 100.000 kali. Untuk mendownload, silahkan klik link ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=pl.vipek.camera2&hl=in

Itulah empat macam aplikasi kamera smartphone Android yang layak dicoba khususnya bagi Anda yang sangat tertarik dengan dunia fotografi. Dari empat aplikasi di atas, hanya satu saja yang gratis yakni A Better Camera, selebihnya adalah aplikasi berbayar. Demikian, semoga bermanfaat.