5 Cara Simple Agar Performa Ponsel Android Anda Bertambah Kencang

Smartphone yang memiliki spesifikasi standar, cenderung akan terus melambat seiring dengan lamanya waktu pemakaian. Begitu juga dari sisi kinerja yang juga cenderung turun dibandingkan ketika pertama kali dibeli. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, misalnya terjangkit virus, terlalu banyak aplikasi yang terinstal di dalamnya dan berbagai penyebab lain.


Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan pada ponsel kesayangan jika Anda merasa gejala-gejala yang disebutkan di awal tulisan terjadi pada smarphone milik Anda. Silahkan simak baik-baik agar ketika praktek nantinya bisa berlangsung tanpa kendala.

1. Uninstal Aplikasi Yang 'Kurang Berguna'


Aplikasi kurang berguna yang dimaksudkan di sini salah satu contohnya adalah aplikasi untuk membaca berita. Kenapa kurang berguna? Karena aktivitas membaca berita bisa langsung dilakukan melalui browser ponsel. Contoh lain adalah aplikasi cuaca yang bagi sebagian pengguna tidak memberikan manfaat yang besar, sebab seringkali info cuaca yang ditampilkan jauh melenceng dari situasi sebenarnya.

Dengan membuang aplikasi 'kurang berguna' atau yang tidak pernah dibuka, pemakaian RAM serta sumber daya prosesor akan bisa dikurangi, sehingga ponsel pun akan bisa bekerja dengan lebih kencang. Hal itu secara tidak langsung juga akan menghemat konsumsi daya baterai, sehingga masa pakainya menjadi lebih lama.

2. Pakailah Aplikasi Versi Lite


Aplikasi seperti Facebook, Twitter, Skype dan Youtube mempunyai setidaknya dua jenis aplikasi untuk smartphone yaitu aplikasi versi full dan versi ringan. Contoh versi ringan adalah Facebook Lite, Twitter Lite, Youtube Go dan lain-lain. Aplikasi versi Lite tersebut tidak akan banyak mengkonsumsi sumber daya smartphone.

Hasilnya sudah pasti baik RAM, prosesor maupun sumber daya lain tidak akan banyak dipakai oleh aplikasi bersangkutan dan secara tidak langsung akan memepercepat kinerja ponsel.

3. Cek Apakah Ponsel Terjangkit Virus Dan Kawan-Kawan

Virus, malware, adware dan sejenisnya dikenal memakai sumber daya handphone yang sangat banyak, sebab program jahat tersebut diciptakan tidak mengikuti SOP pembuatan aplikasi yang telah ditetapkan. Jika ponsel Anda tiba-tiba sangat lambat, bisa jadi karena telah terjangkit virus dan sejenisnya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan scanning pada smartphone, lalu jika ditemukan memang ada virus, segeralah bersihkan dengan aplikasi antivirus berbayar. Atau bisa juga dengan solusi lain yakni mereset samrtphone.

4. Lakukan Update OS Jika Tersedia


Setiap vendor ponsel pada waktu tertentu akan merilis update dari sistem operasi yang digunakan pada smartphone. Fungsi update tersebut diantaranya untuk menutup bug yang ada dan tentunya peningkatan performa. Kalau tersedia update untuk smartphone yang Anda gunakan, jangan tunda lagi untuk segera menginstalnya pada handphone kesayangan.

Cara untuk mengecek apakah sudah ada pembaruan atau update sistem untuk perangkat yang Anda gunakan adalah sebagai berikut:

-Buka Pengaturan
-Cari Tulisan Tentang Ponsel
-Cek Pembaruan
-Selesai.

5. Kendalikan Aplikasi Yang berjalan Di Background


Aplikasi yang terlalu banyak berjalan di latar belakang, sudah pasti akan memberatkan kinerja prosesor beserta RAM. Agar aplikasi background tidak menghabiskan sumber daya smartphone, sebaiknya ditutup saja aplikasi bersangkutan. Dengan tertutupnya aplikasi yang tidak terpakai di layar belakang, 'pekerjaan' prosesor ponsel akan jadi berkurang dan itu akan bisa mempercepat performa handphone.

5 Tips berguna di atas bisa langsung Anda terapkan pada smartphone milik Anda saat ini juga, sebab untuk mengaplikasikannya tidaklah rumit. Kalau semua tips di atas sudah dilakukan, namun kinerja handphone tetap saja lambat, solusi terakhir adalah dengan mereset ponsel atau mengembalikan settingannya seperti ketika pertama membeli.