Ingin Beli Smartphone Android 4G Harga Di Bawah 1 Juta? Pilih Saja Salah Satu Dari 3 Ponsel Ini

Ponsel yang sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE memiliki keunggulan dari segi konektivitas internet yang lebih kencang daripada HP yang masih menggunakan jaringan 3G, selain itu pemilik ponsel 4G juga berkesempatan mendapatkan promo kuota internet dari operator. Ya, saat ini banyak orang telah mengganti ponselnya dengan yang sudah difasilitasi dengan jaringan LTE tersebut.

Dari segi harga, smartphone yang telah support jaringan 4G biasanya dianderol dengan harga di atas Rp 1 juta, namun terdapat juga beberapa model ponsel yang dijual dengan harga kurang dari itu. Nah, jika Anda berencana ingin membeli sebuah handphone 4G LTE namun budget terbatas, Anda bisa memilih salah satu dari 3 ponsel yang dibahas di bawah ini.

1. Asus ZenFone Go ZB452KG

Harga: Mulai dari Rp 845.000

Asus ZenFone Go ZB452KG merupakan ponsel 4G harga di bawah 1 juta yang bisa Anda beli. Spesifikasi yang diusung lumayan bagus, sebut saja layarnya yang cukup lega seluas 4,7 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Layarnya sendiri adalah jenis IPS IPS LCD capacitive touchscreen yang terkenal akan kejernihan tampilannya.

Soal RAM bisa dibilang pas-pasan yakni 1 GB saja, begitu juga dengan memori internalnya yang cuma sebesar 8 GB. Untuk kebutuhan fotografi, pengguna bisa memanfaatkan kemera belakang beresolusi 5 MP dan kamera depan resolusi VGA. Ponsel besutan vendor asal Taiwan ini berjalan di atas sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Di segi CPU yang menjadi otak 'penggerak' smartphone tersebut, memakai prosesor dari Qualcomm yakni Qualcomm MSM8212 Snapdragon 200 1,2 GHz yang sudah memiliki jumlah core atau inti 4 buah. Asus ZenFone Go ZB452KG mengadopsi sistem baterai tanam alias tidak bisa dilepas berkapasitas 2070 mAh sebagai sumber tenaganya.

2. Evercoss Genpro X 

Harga: Mulai dari Rp 999.000

Pilihan smartphone 4G murah selanjutnya datang dari salah satu vendor lokal yang sudah cukup dikenal yaitu Evercross. Ponsel besutan Evercross yang dibanderol dengan harga di bawah 1 juta adalah tipe Genpro X. Smartphone ini 'dilahirkan' atas kerjasama antara Evercross dengan Qualcomm.

Spesifikasi keseluruhan yang diusung oleh Evercoss Genpro X termasuk tinggi untuk kategori ponsel 4G harga kurang dari sejuta, hal itu bisa dilihat dari kapasitas RAM dan memori internalnya yang termasuk lega, yaitu 2 GB RAM dan 16 GB internal memori. Luas layarnya adalah 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel.

Di sisi kamera untuk kebutuhan 'menjepret' foto atau selfie, terdapat kamera belakang beresolusi 13 MP dan depan 8 MP. Resolusi kamera sebesar itu sudah cukup bagus untuk berfoto-ria atau selfie bersama teman-teman.

Oleh karena ponsel tersebut diproduksi hasil kerjasama antara Evercross dengan produsen prosesor mobile Qualcomm, maka sudah jelas sebenarnya bahwa CPU yang digunakan sebagai otak Evercoss Genpro X adalah Snapdragon 1,3 GHz tipe Quad-core.

3. Lenovo A6000 Plus

Harga: Mulai dari Rp 960.000

Pilihan ketiga smartphone 4G LTE harga kurang dari sejuta adalah Lenovo A6000 Plus. Ponsel yang telah dipasarkan sejak beberapa tahun lalu ini memiliki spesifikasi yang juga tergolong "lumayan", sebab kapasitas RAM-nya 2 GB dan memori internalnya sebesar 16 GB. Prosesor yang disematkan sebagai dapur pacunya sama dengan merk CPU ponsel Evercoss Genpro X yang dibahas pada poin nomor 2 di atas, yakni Qualcomm Snapdragon tipe Quad-core.

Sementara itu luas layar yang dimiliki adalah 5 inci resolusi HD 1280 x 720 piksel. Teknologi layar yang digunakan adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang mempunyai sudut pandang atau viewing angle yang luas dan tampilan warna pada layar juga kelihatan natural.

Sistem operasi bawaan Lenovo A6000 Plus adalah Android 4.4.4 KitKat, namun tersedia opsi untuk upgrade OS ke 5.0.2 Lollipop jika pengguna ingin melakukan pembaruan OS. Kamera belakang ponsel Lenovo yang satu ini beresolusi 8 MP, sementara kamera depannya beresolusi lebih kecil yaitu 2 MP. Sementara itu, sumber tenaga Lenovo A6000 Plus ialah dari baterai berkapsitas 2300 mAh.

Itulah 3 pilihan handphone yang telah mendukung jaringan 4G LTE yang bisa Anda beli dan saat tulisan ini dibuat masih banyak dijual di toko-toko online maupun toko fisik. HP dengan harga termurah diantara ketiga ponsel di atas adalah Asus ZenFone Go ZB452KG, sementara spesifikasi tertinggi ada pada Evercoss Genpro X.