Inilah Fitur-Fitur Keren Yang Ada Pada Android Terbaru Oreo 8.0

Android Oreo 8.0 merupakan sistem operasi terbaru yang telah diperkenalkan ke publik oleh Google sekitar bulan Agustus tahun 2017 lalu. Nama Oreo sendiri dipakai agar sistem operasi teranyar tersebut mudah dikenal oleh orang banyak. Oleh karena merupakan 'versi pembaruan' dari Android Nougat, maka fitur-fitur baru yang terdapat pada OS Android 8.0 Oreo ini tentunya akan lebih baik.


Banyak optimasi dan fitur anyar yang diterapkan pada Android 8.0 Oreo ini, diantaranya optimasi pemakaian daya, penambahan fitur keamanan yang lebih baik dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menegetahui lebih rinci mengenai sistem operasi Android 8.0 Oreo tersebut, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Penambahan 70 Emoji Baru

Aktivitas chatting di smartphone Android memang lebih asyik kalau memakai emoji sebagai 'aksesoris' pesan chat yang dikirimkan. Pada Android 8.0 Oreo, emoji telah dirombak sedemikian rupa yakni dengan penambahan 70 jenis emoji baru serta memiliki bentuk yang lebih realistis.

Perubahannya terletak pada karakter yang lebih spesifik, misalnya emoji dengan karakter ibu menyusui, bapak-bapak berjanggut, zombie pria dan wanita dan masih banyak lagi yang lain.


2. Hadirnya Smart Text Selection


Smart Text Selection bermanfaat ketika ingin melakukan copy paste pada Android Oreo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan salin - tempel dengan lebih cepat dan mudah, sebab pada sistem operasi yang baru ini akan mengenali konteks tulisan lebih baik, sehingga pengguna tidak perlu memblok kata-kata yang akan dicopy secara manual.

3. Terdapat Fitur NAN


NAN adalah singkatan dari Neighborhood Aware Networking. Fitur ini memanfaatkan sinyal wifi pada ponsel dan bisa mencari perangkat lain di sekitar smartphone, lalu selanjutnya dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa memerlukan sebuah access point.

Ponsel yang sama-sama memiliki fasilitas NAN akan bisa berbagi file dalam kecepatan transfer data yang besar. Untuk menggunakannya, tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga dan bisa langsung digunakan tanpa perlu repot-repot menginstal aplikasi tambahan.

4. Penambahan Fitur PIP


PIP merupakan singkatan dari Picture-in-Picture. Fitur ini sempat populer di awal kemunculan TV LCD, dimana banyak vendor TV terkenal mengaplikasikan PIP pada TV besutannya. Fitur PIP pada TV memungkinkan pengguna untuk menonton dua tampilan layar sekaligus.

Sekarang fitur keren tersebut bisa ditemui pada ponsel Android dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Saat sedang membaca sebuah laman web misalnya, Anda bisa juga dalam waktu bersamaan menonoton video pada layar yang lebih kecil pada perangkat yang sama.

5. Kostumisasi Backgroud Process Yang Lebih Baik


Pada Android 8.0 Oreo, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan disesuikan oleh sistem, sehingga tidak akan membuat bateri boros atau ponsel menjadi lemot karena ulah aplikasi tertentu yang agresif berjalan di background. Fitur baru ini akan mampu menekan penggunaan RAM ponsel juga. Aktivitas yang terjadi di backgroud akan lebih dibatasi.

6. Ada Fitur Autofill


Autofill berfungsi untuk menyimpan data login pada aplikasi atau situs web tertentu yang membutuhkan login. Fitur bermanfaat akan sedikit mengurangi kerepotan pengguna saat akan login karena bisa dengan otomatis terisi.

Itulah 6 fitur baru yang bisa Anda temukan pada sistem operasi Android 8.0 Oreo. Jika kamu tertarik untuk mencoba semua fitur yang telah disebutkan di atas, segeralah ganti perangkat lama Anda dengan yang baru :-) , atau solusi lain Anda bisa mengupgrade versi OS yang ada sekarang ke versi Android Oreo.