Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online PC

Saat ini, game sudah ada dalam berbagai jenis platform. Mulai dari PC, PlayStation, Xbox, dan lain-lain. Gendre nya pun semakin beragam, mulai dari Action, Adventure, RPG, Shooting, dan lain-lain. Developer game sekarang sudah sangat banyak, karena itulah sekarang ini game sudah banyak di pasaran dengan beragam jenis dan variasi. Sebelum membahas Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online, Game online terbagi menjadi dua jenis web based game dan text based game. 
Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online PC

Web Based Game adalah aplikasi game yang diletakan pada server di internet dimana pemain hanya perlu mengunakan akses internet dan browser untuk mengakses game tersebut. Jadi tidak perlu mengisntal atau mengepatch untuk memainkan game nya.

Sedangkan Text Based Game bisa dibilang sebagai awal dari web based game. Text Based Game sudah ada sejak lama, dimana saat sebagian besar komputer masih berspesifikasi rendah dan sulit untuk memainkan game dengan grafis yang hebat, sehingga game tersebut pemain nya hanya berinteraksi teks-teks yang ada dan sedikit gambar.

Untuk mereka yang masih tergolong anak-anak, pada usia TK, SD, SMP, bentuk dan fitur dari game online yang sangat menarik serta memiliki berbagai tantangan, bisa menjadi salah satu alat untuk menguji kemampuan berfikir, adrenalin, dan dorongan untuk memenangkan atau mengalahkan lawan permainan.
Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online PC

Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online PC


Dampak Positif Game Online


1. Melataih Strategi dan Kemampuan Otak 

Setiap game memiliki tingkat kesulitan atau level yang berbeda. Umumnya permainan game di lengkapi dengan pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. untuk mengalahakan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih pemainya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan banyak point.


2. Mengingkatkan Kosentrasi

Kemampuan kosentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mencari celah yang mungkin bisa dilewati dengan memonitor jalanya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat kosentrasi yang tinggi.


3. Meningkatkan Kordinasi Tangan dan Mata

Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchasire University menyatakan bahwa orang yang bermain game selama 18 jam seminggu atau sekitar dua jam setengah perhari dapat mengikatkan kordinasi antara tangan dan mata.


4. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Psikolog dari Finland University menyatakan bahwa game mengingkatkan kemampuan membaca pada anak-anak.


5. Mengingkatkan Kemampuan Mengetik

Kemampuan mengetik sudah pasti mengingkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.


6. Meningkatkan Kemampuan Berbahas Inggris

Sebuah studi menemukan bahwa gamers memiliki skil berbahasa inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah ataupun kuliah. Ini karna disebuah game banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain dari negara lain yang harus menggunakan bahasa inggris.


7. Meningkatkan Pengetahuan Tentang Komputer

Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kuliatas gambar yang prima seorang pemain game online akan berusaha mencari tahu informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga akan belajar tentang Troubleshooting komputer dan Overlocking.


8. Mengurangi Stress

Saat kita stress akibat banyak pekerjaan dan tugas. Kita bisa bermain game online sebagai salah satu hiburan, tentu nya ini dapat mengurangi stress.

Dampak Negatif Game Online 


1. Membuat Kecanduan yang Berlebihan

Sebagian game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan pada pemainya. Semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold , tool , karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilakan dampak yang buruk bagi kesehatan kesehatan psikologis pemain game.

2. Mendorong Melakukan Hal-Hal Negatif

Walaupun jumlah nya tidak banyak tapi sering kita menemukan kasus yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti semua perlengkapanya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya berlanjut pada pencurian akun lain seperti Facebook, Email dengan menggunakan keylongger, software cracking dan lain-lain. Bentuk pencurian ini tidak hanya sebatas pada pencurian id dan password tetapi bisa menimbulkan pencurian uang - meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.

3. Berbicara Kasar dan Kotor

Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kasar atau kotor saat bermain di warnet atau game center, mungkin dikarenakan kesal atau lain sebab.

4. Terbengkalainya Kegiatan di Dunia Nyata

Ketertarikan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkan nya sering kali membuat berbagai kegiatan dunia nyata menjadi terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, ataupun pekerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game, terlagi banyak permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.

5. Perubahan Pola Makan atau Istirahat 

Pernah mengalaminya? Ya, perubahan pola makan dan istirahat sudah jamak bagi gamers karena menurunya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat Happy Hour (Internet yang dijadwalkan pada tengah malam - pagi hari)

6. Pemborosan

Tidak bisa di pungkiri untuk bermain game kita membutuhkan uang untuk pemakaian kuota, point , gold, karakter kadangkala nilainya mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet(game online di rumah tidak dalam warnet) dan upgrade spesifikasi komputer di rumah. 

7. Menggangu Kesehatan

Duduk terus menerus didepan komputer jelas menimbulkan dampak negatif, diantaranya:

- Eyestrain

Eyestrain adalah kesalahan mata yang terjadi karena penggunaan mata yang secara berlebihan, melihat objek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop, dan mengendarai mobil. Pada pemain game online selain melihat monitor secara terus menerus, mata juga semakin jarang berkedip yang akan menambah lelah mata anda.

- Ambeien 

Duduk dalam jangka waktu lama dapat menggangu sirkulasi darah dan menekan pembuluh darah vena disekitas anus, menimbulkan penonjolan pada pembuluh darah yang terasa panas dan sakit yang disebut ambeien atau wasir.

- Carpal Tunnel Syndrom

Penyakit yang disebabkan oleh tekanakan dan tegangan pada saraf pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan pergerakan untuk bagian tangan dan jari. Tekanan dan tegangan ini dapat membuat mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kerusakan otot pada bagian tangan dan jari.

- Penurunan Metabolisme

Duduk tanpa aktifitas fisik terlalu lama membuat otot tidak melakukan aktifitas yang berakibat menurunkan metabolisme. Dalam jangka panjang dampak nya yaitu, menurunya massa otot, kegemukan, menurunya sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih muda terserang penyakit.

Game menupakan media netral yang memiliki dampak positif dan negatif. Untuk menyikapi nya bermain lah game secara bijak untuk terhindar dari dampak negatifnya.

Semoga Bermafaat~