Fitur Tersembunyi yang Jarang Diketahui Pengguna Instagram

Siapa yang tidak mengetahui Instagram? Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang sangat populer di dunia. Saking populernya, aplikasi milik facebook ini bahkan tercatat memiliki 700 juta pengguna pada pertengahan tahun 2017 lalu.
Fitur Tersembunyi yang Jarang Diketahui Pengguna Instagram
Bagi anak muda zaman sekarang, pasti rasanya ada yang kurang jika sehari saja tidak mengunggah foto atau membuat story di instagram. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada banyak fitur tersembunyi di instagram yang jarang diketahui oleh pengguna nya? Apa saja? Berikut adalah diantara nya.

Fitur Tersembunyi yang Jarang Diketahui Pengguna Instagram


1. Melihat Postingan yang Pernah di Like

Apabila kamu ingin melihat postingan apa saja yang pernah kamu like selama menggunakan instagram, cobalah fitur yang satu ini. 

Caranya, masuk ke halaman profil lalu pilih menu Setting > Post You've Like. Di sana kamu akan menemukan semua foto yang pernah kamu like dari awal menggunakan instagram sampai saat ini.

2. Membuat Album dari Foto-Foto yang Disimpan

Selain fitur memberi love atau like pada foto yang disukai, Instagram juga memiliki fitur Bookmark yang berguna untuk menyimpan postingan foto. Nah, dari foto-foto yang disimpan tersebut, ternyata kamu juga bisa membuat album foto dan memberinya judul nama sesuka hati.

Caranya, masuk ke halaman profil, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih saved. pada halaman saved klik ikon " + " yang ada di pojok kanan atas untuk membuat album. Selain itu, tulis judul nama album yang diinginkan dan pilih foto-foto yang kamu ingin masukan ke dalam album tersebut.

3. Menonaktifkan Kolom Komentar pada Foto yang Diupload

Jika kamu tidak ingin postingan foto mu terdapat banyak komentar yang menurut mu spam, tidak penting dan menggangu, fitur ini adalah solusinya. 

Untuk menonaktifkan kolom komentar pada foto yang kamu posting, caranya, klik ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas foto setelah foto berhasil diposting lalu pilih "Turn off Commenting"

4. Menyembunyikan Foto yang Ditag oleh Teman

Instagram memiliki fitur Photos of You yang memungkinkan orang lain melihat postingan-postingan dari teman yang menandai mu pada foto nya. Namun jika kamu tidak ingin foto tersebut muncul di feed atau timeline instagram mu, kamu juga bisa menyembunyikan foto yang ditag oleh teman mu itu.

Caranya, masuk ke bagian halaman profil mu, klik ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas, dan pilih "Photos of You". Lalu klik "Hide Photos" dan pilihlah foto-foto yang ingin kamu sembunyikan dari feed atau timeline instagram anda.

5. Membatalkan Pesan yang Dikirim

Banyak pengguna instagram yang tidak mengetahui fitur ini, jika WhatsApp memiliki fitur untuk mambatalkan pesan dengan batasan waktu tak lebih dari tujuh menit setelah pesan dikirim, instagram memiliki fitur yang serupa namun tanpa ada nya batasan waktu.

Menariknya lagi penerima tidak akan menerima pemberitahuan bahwa pesan telah dihapus oleh pengirimnya. Untuk menggunakan fitur ini, caranya adalah pilih ikon segitiga pada pojok kanan atas dan buka pesan dari teman. Setelah itu, tekan lama pada pesan yang ingin kamu hapus hingga muncul pilihan "Unsend Message" .

Demikianlah beberapa fitur tersembunyi yang jarang diketahui pengguna instagram. Selamat mencoba fitur-fitur di atas dan semoga bermafaat.