Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula

Seperti yang kita ketahui bahawa Instagram telah menjadi aplikasi paling populer sebagai salah satu sosial media yang sering digunakan untuk berbagi foto dan video. Instagram telah menjadi aplikasi wajib yang sering diinstal pada produk smartphone pada umumnya, baik itu Android,  iPhone (iOS), Windows Phone atau Blackberry.
Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula
Namun sering berkembang nya aplikasi Instagram, tentu saja banyak fitur baru yang bermunculan di instagram. Terkait dengan para pemula, jarang sekali mereka mengetahui fitur tersebut disini kami akan memberi tips dan trik menggunakan Instagram bagi pemula. Berikut ulasanya!

Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang tips dan trik menggunakan instagram bagi kamu para pemula. Hal pertama yaitu mengenal beberapa fitur dari instagram, ada fitur yang bisa dipraktek kan secara langsung, adapula fitur yang membutuhkan bantuan pihak ketiga atau aplikasi tambahan agar lebih optimal. 

1. Mengunci Foto dan Video Agar Privasi

Mengunci Foto dan Video agar privasi adalah menyembunyikan foto atau video supaya tidak dilihat oleh publik, hanya bisa dilihat oleh teman atau followers. Cara ini lebih dimaksudkan mengunci akun supaya lebih privasi.

Cara mengunci foto atau video agar lebih privasi terbilang cukup mudah, kamu tinggal masuk saja ke halaman profil instagram mu, lalu klik ikon tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas, kemudian gulir ke bawah lalu klik "Akun Private" maka tombol geser akan bewarna hijau(tanda nya sudah aktif)

Dengan melakukan hal tersebut maka dijamin 100% foto dan video kamu tidak akan terlihat oleh publik, terkecuali teman atau followers mu.

2. Dapatkan Pemberitahuan dari Akun Favorit mu

Di Instagram, kamu tidak hanya bisa mengikuti atau nge follow orang saja, melaikan kamu juga bisa mendapatkan pemberitahuan dari orang yang kamu sukai. Setiap akun favorit kamu mengupload foto atau video maka akan masuk ke bar notification android mu. 

Jika ingin mencoba nya ikuti langkah-langkahnya. Pertama masuk ke akun orang yang kamu sukai > lalu klik ikon tiga titik(setting) yang ada di kanan atas > klik Turn on Notification. Tunggu sampai orang yang kamu sukai mengunggah foto atau video maka secara otomatis pemberitahuan nya akan masuk ke bar notification android mu.

3.  Membatasi Penggunaan Data Internet

Load foto dan video di instagram sangat menguras banyak penggunaan data internet, untuk itulah kamu harus menghemat pengunaan data internet pada instagram supaya data internet tidak cepat habis. Perlu kamu ketahui bahwa intagram memiliki fitur penghemat data internet dan ini sangat perlu kamu ketahui untuk para pemula, fitur penghemat data hanya untuk seluruh pengguna yang aktif.

Hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman profil intagram mu, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas kemudian gulir ke bawah dan pilih "Penggunaan Data Selular" ubah dari default ke "Gunakan Lebih Sedikit Data". Dengan melakukan hal tersebut itu akan membuat Load pada foto atau video sedikit lebih lama, tapi itu akan membuat data internet anda jauh lebih hemat dan awet.

4. Bersihkan Riwayat Pencarian

Setiap kali kamu membuka halaman profil, like, ataupun komentar di instagram tentu saja akan menghasilkan history (riwayat pencarian) dan Fil Cache. Perlu kamu ketahui juga makin banyak riwayat pencarian yang menumpuk akan membuat aplikasi instagram mu terasa lebih berat. Maka dari itu kamu perlu menghapus nya.

Masuk pada menu profil, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudia gulir ke bawah dan pilih "Bersihkan Riwayat Pencarian" dan nanti nya akan muncul pop-up "ya, saya yakin".

5. Upload Banyak Foto Sekaligus

Diawal tahun 2017, Aplikasi Instagram sudah bisa digunakan untuk mengupload foto lebih dari 1 foto per upload. Jika sebelumnya, kita sebagai pengguna hanya bisa meng-upload foto satu per satu, namun saat ini kita bisa upload foto dan video secara bersamaan, maksimal 10 file foto dan video. Dengan ada nya fitur ini semacam ini, tentu nya pengguna bisa lebih mudah dalam membuat album di instagram melalui postingan mereka sesuai dengan keinginan. Seperti misalnya, saat Travel atau Liburan, bisa di upload dibagian yang sama tanpa harus repot mengungah satu per satu.
Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula
Cara menggunakan fitur ini sebenarnya sangatlah mudah, penguna tinggal tab saja opsi upload, kemudian tap 'Pilih Beberapa" lalu, kamu bisa memilih foto atau video maksimal 10 file, tidak lebih.

6. Login dengan Beberapa Akun Instagram

Tidak hanya login dengan satu akun saya, melaikan login dengan dua akun Instagram pun bisa. Saat ini, Instagram membolehkan pengguna memiliki lebih dari dua akun instagram , bisa lima akun bahkan smpai 10 akun. Fitur semacam ini mendapat sambutan baik bagi para pengguna nya. Selain itu, fitur semacam ini juga bisa menjadi bagian bisnis, seperti misalnya untuk akun pertama sebagai akun pribadi dan sementara untuk akun kedua sebagai akun bisnis online atau jualan produk.
Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula
Untuk bisa login kebanyak akun, pengguna bisa masuk ke "Opsi Pengaturan" selanjutnya, pilih "Tambahkan Akun" dan pada bagian tersebut pengguna bisa menambahkan akun atau bahkan membuat akun baru. 

7. Live Stories Instagram

Sudahkan kalian berbagi foto atau video unik? Atau mau Live Instagram langsung melalui Smartphone atau Tablet Android. Live Stories bisa menjadi solusi buat anda yang suka eksis di instagram, Live Stories telah ada sejak November 2016 yang lalu. Fitur ini mendapat sambutan baik dari para pengguna nya, Lebihnya lagi pengguna bisa live langsung seperti Bigo Live dan Facebook Live. Setiap harinya banyak pengguna yang selalu berbagi cerita melalui Live Stories Instagram, pastinya.
Tips dan Trik Menggunakan Instagram Bagi Pemula
Cara menggunakan fitur ini sangat mudah, sebelumnya kamu harus update aplikasi intagram ke versi terbaru. Pada bagian bar atas kamu bisa menge-tap ikon "Kamera" atau "Cerita Anda" pada bagian tersebut anda sudah bisa live stories dengan cara-cara yang unik dan menarik.

Demikian ulasan singkat mengenai Tips dan Trik Menggunkan Instagram Bagi Pemula, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin kamu tanyakan atau sesuatu yang ingin disampaikan, tulis memalui komentar di bawah ini !

Note: Kita akan bahas Fitur pihak ketiga atau aplikasi tambahan untuk Instagram di artikel selanjutnya, jadi~ stay tuned terus.