Cara Reset HP Samsung

Bagaimana cara melakukan Hard Reset atau Factory Reset semua ponsel Samsung dengan mudah - Meski memiliki banyak fitur, smartphone Samsung terkadang memiliki permasalahan-permasalahan pada sistem operasi Android yang ia gunakan, misalnya tampilannya tidak sempurna yang diakibatkan oleh keliru dalam melakukan pengaturan, adanya aplikiasi yang dipasang manual yang tidak bisa dihapus setelahnya, ponsel terasa berat saat dioperasikan, penggunanya ingin mengembalikan pengaturan awal dan lain sebagainya.

Nah solusi atas permasalahan yang sebagian besar sudah disebutkan di atas adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Factory reset ini berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan ponsel ke posisi awal atau dengan kata lain kembali dalam keadaan baru (kondisi awal saat ponsel dibeli). Dampak yang ditimbulkan setelah selesai melakukan Hard / Factory Reset adalah menyebabkan semua data / aplikasi yang tersimpan di memori internal smartphone android terhapus permanen.

Jadi untuk melakukan ini kamu harus memikirkan nya lebih lanjut, agar tidak menyesal dikemudian hari karna data yang berada di ponsel mu semua akan hilang secara permanen. Nah untuk solusinya, bagi anda yang ingin melakukan factory reset, sebaiknya lakukan backup / pindahkan data, file atau aplikasi yang ada di dalam memori (penyimpanan) internal ponsel ke kartu memori eksternal (SD Card) atau ke tempat penyimpanan lain seperti ke dalam hardisk komputer atau ke penyimpanan Cloud. Tujuannya adalah agar data anda tidak ikut terhapus dan setelah melakukan factory reset/hard reset anda bisa mengembalikannya ke keadaan seperti semula.

Untuk melakukan Factory Reset, ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik itu dengan melalui menu Backup dan Reset yang ada di menu pengaturan android, menekan kode rahasia pada dial pad, atau melalui Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi.

1. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Menu Pengaturan Android

Cara pertama yang paling gampang untuk melakukan hard reset terhadap smartphone Samsung ialah melalui menu pengaturan Android. Untuk melakukannya, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  1. Buka menu "Settings/Pengaturan/Setelan".
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka menu "Backup and Reset".
  3. Gulir ke bawah lagi kemudian tap pada "Factory Data Reset".
  4. Tap pada "RESET DEVICE".
  5. Tekan "OK/Yes" untuk mengkonfirmasi pilihan anda.
  6. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart.
  7. Proses reset mungkin membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit.
  8. Selesai.

2. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Dial Pad

Proses hard reset yang kedua ini adalah salah satu cara mudah yang bisa dilakukan, karena anda hanya perlu membuka menu dial pad atau papan telepon saja kemudian memasukkan kode rahasia kedalamnya.

  1. Buka menu "Phone" (tempat untuk memasukkan nomor telepon).
  2. Tekan kode rahasia *#*#7780#*#*, lalu tekan "Call/Panggil".
  3. Sebuah box kecil akan muncul untuk meminta konfirmasi anda, silahkan tekan "OK/Yes" untuk melanjutkan.
  4. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart.
  5. Proses reset biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit. Tunggu hingga selesai.
  6. Selesai.

3. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Recovery Mode (CWM)

Apa itu Recovery Mode? Recovery Mode adalah menu yang disediakan oleh penyedia untuk memberikan akses kepada pengguna dalam melakukan beberapa pengaturan khusus. Contohnya melakukan instalasi Stock ROM, menghapus partisi kedua memori, backup dan restore serta melakukan Hard Reset / Wipe Data.

Hard Reset melalui recovery memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan menggunakan 2 cara yang ada di atas, karena kedua cara di atas terkadang masih menyisakan sisa-sisa file (berkas) didalam penyimpanan telepon atau dengan kata lain tidak terlalu bersih. Sedangkan cara yang ketiga ini, mampu membersihkan sekitar 99% sisa-sisa file yang ada di dalam smarphone.

  • Non aktifkan / matikan perangkat Samsung Android hingga off total.
  • Tekan tombol fisik "Home + Volume Atas + Power" secara bersamaan hingga ponsel bergetar, lalu lepaskan.
  • Pilih menu "Wipe Data / Factory Reset". Untuk memindahkan pilihan, gunakan Volume Atas / Bawah dan untuk memilih menu tersebut, gunakan Tombol Power.
  • Gunakan volume bawah untuk memilih menu "Yes - Delete all user data" lalu tekan "Tombol Power" untuk mengkonfirmasi pilihan.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya penghapusan data selesai.
  • Terakhir, pilih menu "Reboot system now".
  • Selesai.

PERINGATAN!

Selain arahan yang sudah diberikan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain apabila anda tidak tau fungsinya apa.

Untuk beberapa tipe Samsung lainnya, ada juga yang menggunakan tombol kombinasi berbeda dengan Samsung pada umumnya. Beberapa daftar tersebut bisa anda lihat berikut ini.

  • Samsung Galaxy Mini, Ace, Gio dan Fit : Tombol Home + Power.
  • Samsung Galaxy 551, Galaxy Pro : Tombol T + Power.
  • Samsung Galaxy Y (Young) CDMA : Matikan perangkat » Tekan Tombol Power, saat Logo Samsung Muncul » tekan tombol Volume Atas.
  • Samsung Galaxy Tab 7 (P1000) / Tab 7 Plus (P6200) : Tombol Volume Atas + Power.
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330 : Volume Bawah + Home + Power.
  • Samsung Galaxy Ace Plus : Vol UP + Vol Down + Home.


Demikianlah tutorial tentang Bagaimana Cara Melakukan Hard Reset / Factory Reset Ponsel Android Samsung pada kesempatan kali ini, semoga tutorial di atas bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Terima kasih dan salam.