Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Untuk anda yang ingin belajar dan membuat video yang hasilnya bagus dan keren tentu merupakan hal yang tidak gmudah, karena memiliki proses yang sangat rumit dan juga mahal, sebenarnya sih tidak juga. Anda bisa dengan mudah untuk bikin video yang berkualitas dan profesional ala YouTuber atau Influencer dengan biaya yang dibilang sedikit murah. Lalu bagaimana caranya? caranya yaitu dengan menggunakan smartphone dan alat-alat yang ada di sekitarmu.

Supaya anda lebih jelas, mari kita simak semua cara di bawah ini. Sudah pasti anda akan bisa menjadi seorang YouTuber walau cuma bermodalkan smartphone.

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone


1. Potret dengan menggunakan ponsel

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Untuk saat ini, sudah hampir semua orang memiliki smartphone, karena ini dapat dijadikan pilihan yang murah dan gratis dengan hasil yang yang sangat memuaskan dan tentunya berkualitas tinggi. Apalagi jika smartphone itu sudah memiliki kelebihan khusus dalam pengambilan gambar. Dan pastinya hasil akan jauh lebih memuaskan dan tidak kalah dengan seseorang yang membuat video memakai kamera mirrorless atau DSLR.

2. Ambil gambarnya secara horizontal

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Jika Video yang diambil dengan menggunakan mode landscape selalu baik dan menarik untuk ditonton. Apakah anda pernah melihat film yang bentuknya tidak horinzontal? Saya rasa gak pernah. Maka dari itulah itulah agar video menjadi lebih keren, ambillah dalam bentuk layar landscape agar menjadi lebih indah dan menarik.

3. Gunakan tripod

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Jika anda ingin mengambil gambar tepat di wajah dan menghasilkan hasil yang baik? Maka anda harus membeli tripod. Anda cukup membeli yang kecil saja karna untuk smartphone, Jika dilihat harganya berkisar Rp 100.000. Karena jika memakai tripod, video anda gak akan bergoyang maka akan menghasilkan video yang bagus dan stabil.

4. Pakailah teknologi pengeditan yang benar

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Misalkan anda menggunakan iPhone, saya sarankan gunakan aplikasi Pro Filmis supaya bisa menstabilkan video. Akan tetapi jika anda memakai laptop, saya sarankan gunakan Screenflow sebagai cara yang terjangkau buat memfilmkan atau mengedit konten.

Selain itu juga, Camtasia juga dapat menjadi alternatif yang luar biasa. Ini merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan, bahkan  ia juga dapat digunakan untuk screen capture dengan hasil yang luar biasa memuaskan. Karena sudah banyak master yang memakai aplikasi tersebut untuk membuat sebuah tutorial.

5. Jangan menggunakan fitur zoom

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Jika anda menggunakan fitur zoom, maka akan membuat video anda terlihat agak buram dan pastinya kualitasnya juga jelek. Daripada menggunakan zoom, lebih baik mendekatkan smartphone nya saja dengan objek yang akan anda diambil gambarnya.

6. Memakai satu smartphone untuk video dan telepon lain sebagai mikrofon

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Gunakanlah dua smartphone agar bisa mendapatkan suara yang bening dan bersih. Satu untuk mengambil gambar dan satu lagi untuk merekam suara. Dan ini dilakukan jika anda membutuhkan rekaman suara.

Anda harus meletakkan satu smartphone di depan untuk merekam gambar, dan pakailah ponsel lain yang lebih dekat ke wajah untuk merekam suara anda. Haruskah anda memiliki dua smartphone? Tentu saja tidak, sebab anda bisa kok meminjamnya dari seorang teman atau menggunakan kamera untuk video dan ponsel untuk merekam suara anda.

Lalu bagaimana caranya supaya hasilnya lebih baik, saya sarankan gunakanlah aplikasi perekam suara seperti ASR dan lain-lain. Setelah prosesnya selesai, gabungkan suara dan visual tadi menjadi satu dengan aplikasi editing.

7. Gunakan benda-benda rumah tangga yang lembut untuk menghentikan gema suara

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Gema suara itu sering terjadi di ruangan besar, misalnya apartemen kosong atau ruangan studio pada saat pertama kali digunakan. Solusi yang sangat sederhana ialah memakai bantal, permadani, sofa, dan segala sesuatu yang berbulu untuk menyerap suara. Lemparkan saja beberapa bantal di sekitarmu saat proses rekaman terutama suara.

8. Pencahayaan alami

Cara Membuat Vlog Menggunakan Smartphone

Lampu tangan atau juga lampu yang digunakan untuk membaca sangat tidak ideal untuk bisa menghasilkan cahaya yang hangat dan merata. Karena jika pencahayaan yang buruk bisa membuat Anda terlihat pucat, tua dan sakit dan juga bisa membuat bayangan aneh di wajah anda.

Jadi untuk penerangan yang bagus dan murah bagaimana pilihan terbaik? Ambil videomu di dekat jendela atau pintu kaca dan gunakan cahaya alami yang manis dan alami seperti aq.

Mungkin itu saja beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membuat video alias vlog sekelas YouTuber juga influencer. Karena terkadang kesederhanaan itu dapat menghasilkan nilai seni yang memukau. Jadi kenapa anda harus takut untuk memulai nya dari sekarang.