Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC dan Laptop

WhatsApp merupakan salah satu jejaring sosial perpesanan yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan chat dengan mudah dan cepat.
Tak hanya chat, penggunanya pun dapat berbagai video, foto, gambar, GIF, peta, bahkan lokasi secara live. Tentu saja dengan seiring berjalannya waktu, fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp pun semakin bertambah.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Mulai dari fitur menghapus pesan di grup agar tidak dilihat orang lain, status, dan masih banyak lagi yang memanjakan penggunanya. Bahkan setelah dibeli Facebook pun, pengguna dari WhatsApp sendiri semakin bertambah banyak.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan WhatsApp melalui PC, laptop, maupun Mac dengan membukanya di browser, baik Mozila Firefox maupun Google Chrome dengan metode yang bernama WhatsApp Web.

Cara Mengakses Whatsapp Web 

Apakah Anda siap untuk mengakses Whatsapp Web. Sebelum menggunakan Whatsapp Web Messanger, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan sinkronisasi antara Whatsapp Web dan juga Whatsapp yang ada di Smartphone Anda.

Di sini Kami juga akan menunjukkan cara untuk melihat barcode WhatsApp. Jadi, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah PC / laptop untuk membuka Whatsapp Web dan juga smartphone. Anda bisa melanjutkannya dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini:

1. Kunjungi situs Whatsapp Web. Setelah Anda masuk secara otomatis maka Whatsapp Web akan memunculkan dan menampilkan sebuah QR Code.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
2. Kemudian, Anda bisa membuka aplikasi Whatsapp di Smartphone Android. Lalu, klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
3. Langkah selanjutnya adalah klik WhatsApp Web.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
4. Setelah itu, Anda bisa klik OK, GOT IT.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
5. Berikutnya, Anda bisa langsung pindai QR Code yang ada di WhatsApp Web dengan menggunakan WhatsApp di ponsel Anda. Nah, secara otomatis akun WhatsApp Anda sudah terhubung dengan WhatsApp Web.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Namun, bagaimana dengan pengguna Smartphone lainnya seperti Blackberry, iPhone, Windows Phone, dan Nokia? Caranya tidak jauh berbeda, berikut langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi bagi pengguna Smartphone selain Android:

  • Pada Nokia S60 dan Windows Phone: kunjungi Menu > WhatsApp Web
  • Pada iPhone: kunjungi Pengaturan > WhatsApp Web
  • Pada BlackBerry: kunjungi Chatting > Menu > WhatsApp Web
  • Pada BlackBerry 10: Gesek ke bawah dari bagian atas layar > WhatsApp Web
  • Pada Nokia S40: Gesek ke atas dari bagian bawah layar > WhatsApp Web

Jadi, apakah Anda sudah berhasil untuk melakukan sinkronisasi WhatsApp ponsel dengan WhatsApp Web? Sedikit informasi juga bahwa Anda tidak perlu mendownload atau Install WhatsApp Web. Sebab, WhatsApp Web hanya bisa digunakan pada browser saja.

Cara Menggunakan WhatsApp Web 

Beberapa fitur WhatsApp Smartphone tidak sama dengan WhatsApp Web, Ada yang letak fitur nya berbeda dengan WhastAapp pada aslinya dan  ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses apabila Anda sedang menggunakan WhatsApp Web. Fitur yang tidak bisa diakses adalah, Video Call dan Voice Call.

Namun, fitur lainnya seperti status, chatting, dan Voice Recording, dan mengirim media masih bisa Anda lakukan di WhatsApp Web. Nah, berikut Kami akan menjelaskannya satu persatu.

1. Cara Melakukan Chatting
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Jika Anda ingin melakukan Chatting di WhatsApp Web, caranya sangat mudah. Sama seperti menggunakan WhatsApp Mobile, Anda hanya perlu mencari nama teman yang ingin Anda chat dengan mengklik fitur search atau pencarian yang ada di bagian kiri atas. Setelah itu akan muncul tampilan chatting di bagian kanan dan bagian kiri adalah daftar teman yang sedang chatting dengan Anda. Hal ini hampir sama dengan WhatsApp pada aslinya.

2. Cara Melakukan Voice Recording / Voice Note
Pada WhatsApp Web Anda bisa melakukan Voice Recording atau Voice Note(merekam suara atau catatan suara). Untuk melakukan nya silahkan klik simbol voice recording yang ada di bagian pojok kanan bawah.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Setelah itu, Anda bisa klik OK, I GOT IT dan juga klik Allow yang ada di bagian pojok kiri atas. Maka, secara otomatis Voice Recording sudah bisa Anda gunakan.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
3. Cara Mengirim Gambar dan Media Lainnya
Dalam WhatsApp Web juga menyediakan fitur dimana Anda bisa mengirim media seperti gambar, video, dokumen, dan juga kontak. Tata letak fitur ini sedikit bebrbeda dari WhatsApp pada aslinya, untuk melakukanya Anda hanya perlu klik simbol seperti peniti yang ada di bagian atas, samping simbol titik tiga.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Maka, secara otomatis akan muncul beberapa opsi untuk mengirim video, gambar, dokumen, ataupun kontak. Nah, pilih salah satunya sesuai yang ingin Anda gunakan.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
4. Cara Melihat Status
Melihat Status juga berlaku untuk di WhatsApp Web. Namun sayangnya, WhatsApp web memiliki keterbatasan untuk fitur yang satu ini. Memang, Anda bisa melihat status teman di WhatsApp dengan menggunakan WhatsApp Web. Namun, Anda tidak bisa mengupdate status di WhatsApp Web. Nah, untuk melakukan update status maka Anda hanya bisa melakukannya di WhatsApp mobile saja. Beginilah cara melihat status di WhatsApp Web:

Klik simbol status yang ada di bagian atas.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Semua status teman WA akan ditampilkan di bagian kiri. Lalu, klik status teman WA yang ingin Anda lihat.
Cara Menggunakan Whatsapp Web di  PC dan Laptop
Begitulah cara melihat status teman WA di WhatsApp Web. Hanya dua langkah saja, cepat, mudah, dan simpel. Sedikit tambahan bahwa setiap status teman WA yang ingin Anda lihat akan ditampilkan secara penuh di layar PC / laptop Anda.

Itulah tutorial cara menggunakan WhatsApp Web beserta segala fiturnya. Apakah Anda lebih menyukai WhatsApp Web atau WhatsApp Mobile? Berikan alasan Anda di kolom komentar ya! Terima Kasih^^