Sejarah Singkat dan Keunggulan Domain .COM

idwebhost
Banyak dari kalian yang pastinya sudah pernah mendengar tentang domain .com. Bisa jadi domain tersebut adalah domain yang paling sering kalian dengar dari pada domain yang lain seperti misalnya .net, .co.id, .org, atau yang lainnya. Di tengah kepopuleran domain ini, apakah kalian sudah tahu sejarah singkat dan keunggulan domain ini? Jika belum maka kalian ada di artikel yang benar. Berikut ini adalah sejarah singkat dan keunggulan domain .com.

Sejarah domain .com

Tahukah kamu bahwa dulu domain mulai muncul pada tahun 1985. Dulunya jenis domain yang pertama kali muncul adalah .COM, .NET, dan .ORG. Lalu apa yang terjadi sebelum tahun itu? Apakah tidak ada domain? Tentu saja ada. Dulu awalnya ketika seseorang ingin mengakses website yang mereka lakukan adalah mengetik IP address. Tapi cara itu tentu sangat menyulitkan bukan? Bayangkan saja, jika tiap kali ingin mengunjungi website tertentu kamu harus mengetik IP addressnya dan menghafal IP address yang terdiri dari banyak huruf itu. Misalnya mau mengunjungi website dengan domain http://93.189.165.229/ akan sangat memusingkan jika tiap hari harus menghafal sekain banyak huruf tersebut kan?

Dari situlah kemudian muncul 3 ekstensi yang sudah disebutkan di atas. Tujuan adanya ekstensi domain-domain tersebut adalah untuk mempermudah akses dan penyebutan sebuah website. Sejarahnya sebenarnya cukup panjang. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebelum 1995, penggunaan domain .COM itu gratis. Hingga pada tahun 1995 baru dikenakan biaya sebesar 50$ per domain pertahun. Menurut keterangan wikipedia, 35$ diberikan pada NSI, dan 15$ diberikan pada pemerintah US.

Pada awal perkembangannya .com memang dipakai hanya untuk komersial saja. Tapi pada pertengahan 90-an orang-orang mulai memakain .com baik untuk tujuan komersial atau tidak. Bahkan pada tahun 1997-2001 perusahaan yang berkembang ditahun itu menggunakan .com dan membuat domain tersebut semakin populer. Bahkan pada Desember tahun 2011 VeriSign mencatat bahwa ada lebih dari 100 juta website yang terdaftar menggunakan .com. Sangat banyak bukan? Itu baru tahun 2011, sekarang pastinya jadi semakin banyak dan semakin populer. Kenapa .com menjadi sangat populer? Bahkan ketika tahun 2001an juga dirilis ekstensi website khusus bisnis yakni .biz yang diperuntukkan bagi pebisnis. Tapi nyatanya .com tetap menjadi yang paling favorit, bukan hanya untuk bisnis, tapi juga untuk orang awam.

Apa saja keunggulan domain .COM yang membuatnya populer?

Domain yang satu ini tentunya tidak populer tanpa alasan. Ada banyak alasan dibalik kepopuleran domain .com ini. Apa saja alasan yang melatar belakangi kepopuleran domain .com?

1. Gampang Diingat

idwebhost
Keunggulan Domain .COM

Keunggulan domain .com yang pertama adalah mudah diingat. Ini sepertinya alasan paling mungkin kenapa .com menjadi domain yang unggul di antara ekstensi domain lainnya. Coba praktekkan pada diri anda sendiri, ketika kita hendak bicara tentang website, apa yang pertama kali terlintas di benak anda? Domain .com ini pasti yang pertama kali terlintas di kepala anda. Kenapa bisa begitu? Sadar atau tidak sadar semua sosial media yang kita pakai sekarang dan mungkin selalu anda pakai hampir setiap hari dan setiap jam itu menggunakan domain .com. sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan hampir semua website populer itu menggunakan domain tersebut. Bahkan di IDWebhost sendiri banyak orang yang mengira bahwa memiliki domain dotCOM itu artinya sama dengan memiliki website secara utuh, bukan menyewa. Terlebih lagi sepertinya bagi banyak orang menggunakan ekstensi domain lain dalam pembuatan website adalah suatu hal yang tabu dan bisa jadi membuat website mereka kurang estetik.

2. SEO Friendly

Keunggulan Domain .COM

Keunggulan domain .com yang kedua ini mungkin lebih dipahami oleh orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia maya dan tahu seluk beluknya. Biasanya dalam dunia SEO, jika anda ingin website anda tampil dengan lebih baik di search engine atau mesin pencari, anda disarankan memakai domain ini. Meski begitu, tetap ada beberapa pihak yang memilik pendapat bahwa sebenarnya mau domain apapun tidak akan berpengaruh di mesin pencari. Bisa dibilang tidak ada yang istimewa dengan ekstensi domain apapun. Tapi anda perlu tahu bahwa .COM memiliki cakupan internasional. Sementara domain yang berkode daerah seperti misalnya .co.id bersifat lokal dan oleh Google akan diberlakukan geotargeting. Artinya website dengan domain daerah itu hanya akan relevan untuk daerah tertentu saja. Sementara jika kamu memakai .com, maka sifatnya lebih universal dan bisa diakses dimana pun dan yang pasti membuatnya lebih mudah muncul di mesin pencari.

3. Cara Daftar yang Mudah

Keunggulan Domain .COM

.COM sekarang bisa anda daftarkan dengan mudah. Itu menjadi keunggulan domain .com yang ketiga. Anda bisa menghubungi banyak perusahaan penyedia domain salah satunya IDWebhost. Tidak seperti domain lain yang berkode negara dan cuma tersedia di lokasi tertentu dan butuh dokumen yang terkadang cukup ribet, .com bisa kamu dapatkan dengan mudah dan dimana saja. Kamu hanya perlu memilih nama domain mu, misalnya “domainsaya”, lalu selesaikan pembayarannya, dan nama domain itu akan jadi milik anda. Prosesnya pun cukup cepat sekarang ini. Tak sampai lebih dari 15 menit maka anda sudah memiliki domain dengan nama yang anda inginkan.

4. Domain yang Prestis

idwebhost
Keunggulan Domain .COM

Keunggulan domain .com yang selanjutnya adalah nilai prestis. Disadari atau tidak, .COM menjadi sebuah domain yang memiliki nilai prestis tersendiri dibanding ekstensi yang lain. Sekedar informasi, .COM sekarang ini dipakai lebih dari 50% website di dunia. Dengan tingkat kepopuleran semacam itu, maka sudah bisa dipastikan, memiliki .COM adalah suatu hal yang prestis untuk anda yang mau membuat website. Justru yang kemudian harus anda pikirkan adalah memilih nama yang unik untuk domain anda. Kenapa? Karena anda tidak bisa menggunakan 2 nama yang sama. Pikirkan lah nama yang paling unik untuk website anda agar mudah dikenal banyak orang dan menjadi salah satu website terkemuka di dunia.

5. Menggambarkan Bisnis

idwebhost
Keunggulan Domain .COM

Seperti layaknya domain yang lain, .COM juga sebenarnya diperuntukkan secara khusus. Domain yang satu ini sebenarnya merupakan kependekan dari commercial atau komersial yang ditujukan untuk kepentingan komersil dan biasanya dipakai oleh para pebisnis. Ini pastinya juga bisa menjadi keunggulan domain.com dan kabar baik untuk kamu yang sedang berbisnis dan ingin mengembangkan bisnismu lebih luas lagi. Seperti yang sudah dikatakan di atas, websitemu akan terasa lebih berkelas dan resmi ketika menggunakan .COM.

Cukup .COM saja?

Jika pertanyaannya, apakah cukup memiliki domain dengan ekstensi .COM saja, maka bisa jadi iya, bisa jadi tidak. Kamu juga harus memperhitungkan untuk membeli ekstensi yang lain dan bahkan membeli segala jenis ekstensi website anda. Bahkan kamu juga bisa membeli nama domain lain yang mirip dengan nama domain utamamu. Tujuannya adalah untuk “menangkap” visitor yang tidak sengaja salah ketik atau typo. Dengan melakukan hal tersebut anda bisa menggapai semua orang yang entah sengaja atau tak sengaja salah mengetikkan alamat website anda.

Salah satu contoh kasus yang perlu kamu tahu adalah Facebook, disadari atau tidak, Facebook juga membeli beberapa domain typo lain seperti Facebok.com, faceboo.com, dan lain sebagainya. Ini tujuannya untuk “meredirect” orang-orang yang tak sengaja salah ketik dan membuat mereka tetap masuk sebagai salah satu visitor website anda.

Jadi itu kira-kira sejarah singkat .COM dan keunggulannya. Semuanya sekarang kembali ke kamu sendiri, apakah kamu memang ingin menggunakan .com, atau kamu ingin menggunakan ekstensi yang lain untuk websitemu?