5 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

Kuota internet di smartphone Android kamu terasa boros? Cara menghemat kuota internet di Android bisa kamu lakukan dengan meminimalkan pemakaian aplikasi mobile di perangkat Android kamu. Namun tentunya tidak semua orang bisa melakukannya mengingat kebutuhan internet saat ini sudah seperti kebutuhan pokok.

Jika kamu membiarkan keadaan boros kuota internet ini terjadi, maka bisa jadi kami memgalokasikan dana lebih hanya untuk membeli kuota internet.

Jika kamu memang tidak bisa terlepas dari koneksi internet, maka solusi tentang cara menghemat kuota internet di smartphone Android bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu.
Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android


1. Menggunakan Browser Yang Bisa Menghemat Data

Perlu diketahui tidak semua browser bisa hemat data. Untuk itu gunakanlah browser yang bisa kamu andalkan untuk menghemat kuota internet kamu. Berikut beberapa browsser yang bisa kamu coba sebagai solusi untuk menghemat kuota internet kamu.

- Google Chrome: Buka browser Google Chrome di HP kamu > sentuh ikon tiga titik vertikal di kanan atas browser > Settings > pada bagian Advanced, aktifkan Data Saver.
tips menghemat kuota internet di android
- Opera Mini: Buka browser opera mini yang sudah terinstal di HP kamu, pergi ke Settings, dan klik Data Savings.
tips menghemat kuota internet di hp android

2. Uninstall Aplikasi Yang Boros Kuota Internet

Silahkan hapus aplikasi yang menurut kamu menjadi penyebab kuota internet kamu cepat habis. Tips dari saya jika HP kamu terinstal aplikasi Facebook, sebaiknya kamu menghapus/uninstall karena aplikasi ini boros terhadap kuota internet dan juga baterai HP kamu. Jika kamu memang sering menggunakan Facebook sebaiknya login lewat browser saja.
cara menghemat kuota internet di hp android

3. Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Caranya pergi ke menu Settings > Data Usage > Pilih Restrict Bacground Data. Atau bisa juga dengan cara manual untuk mengaturnya satu per satu aplikasi.
menghemat kuota internet android

4. Gunakan Aplikasi Offline

Memang sebagian aplikasi membutuhkan akses internet ketika membukanya terutama game online. Jadi saran saya gunakanlah aplikasi atau game offline untuk menghemat kuota internet kamu.
hemat kuota internet android
Jika kamu sering menggunakan google maps, kamu bisa menggunakannya secara offline. Caranya yaitu buka aplikasi Google Maps > Sentuh menu dengan ikon tiga garis > “Offline Maps” > Pilih “Select Your Own Map” > Geser map untuk menentukan area > Sentuh Download.

5. Menggunakan WiFi atau Hotspot di Sekitar Area Kamu

Saat ini banyak tempat menyediakan WiFi atau Hotspot gratis, kamu memanfaatkannya dengan menanyakan password ke petugas di area tersebut misal di restoran, instansi atau yang lainnya.
cara hemat kuota internet android
Semoga 5 cara di atas bisa membantu kamu untuk menghemat kuota internet di perangkat Android kamu. Terima kasih.