Cara Mengaktifkan Asisten Google

Google akhirnya mengeluarkan Google Assistant versi bahasa Indonesia. Berbagai jenis perintah seperti menyetel pengingat hingga mengirim pesan kini bisa diperantarai oleh asisten pintar itu.
Cara Mengaktifkan Asisten Google

Asisten Google berbahasa Indonesia ini resmi meluncur pada Senin, 2 April 2018. Sebelumnya, asisten hanya bisa diakses dan diperintah melalui bahasa Inggris.
Sebelumnya, asisten Google dengan bahasa Indonesia pertama kali muncul pada Agustus 2017 di aplikasi chat Google Allo.

"Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktifitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain," paparnya Google.
Cara Mengaktifkan Asisten Google
Namun, sebelum 'berkenalan' dengan Asisten Google versi baru itu ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Pertama, penggunaan versi sistem operasi yang bekerja di ponsel cerdas pengguna. Asisten berbahasa Indonesia ini minimal butuh Android 5.0 Lollipop atau iOS 9.1 untuk perangkat Apple. Perlu diingat juga Google Penelusuran (Google Search) harus diperbaharui ke versi paling anyar.

Kedua, mengubah bahasa asisten di menu pengaturan perangkat yang tadinya bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Jangan lupa letakkan pemilihan bahasa Indonesia itu sebagai prioritas.

Kemampuan Asisten Google versi bahasa Indonesia ini lumayan beragam. Berbagai tugas bisa ia lakukan mulai dari mencari restoran, mencari resep masakan, menyalakan WiFi, dan memutar video klip di YouTube.

Perintah lain yang segera ditambahkan ke Asisten Google adalah memutar siaran radio dari sejumlah stasiun radio.
Selain menerima perintah-perintah di atas, Asisten Google juga sudah terintegrasi ke beberapa aplikasi populer seperti bermain Tebak Gambar, membaca hot thread Kaskus, berbincang dengan Vira dari Bank BCA, hingga mendengar ayat Al-Quran bersama Al-Qolam.

Untuk menggunakan fitur Google Assistant ini, pengguna hanya perlu:

1. Menyetel perangkat mereka ke bahasa Indonesia.

2. Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi Google ke versi terbaru melalui toko aplikasi Google Play atau App Store.

3. Kamu hanya perlu menekan dan tahan tombol Home atau ucapkan "Apa yanghendak kamu cari atau lakukan" di smartphone yang mendukung fitur ini.
Cara Mengaktifkan Asisten Google
4. Ucapkan perintah yang ingin dikerjakan oleh Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Google Assistant pun akan menjawab perintah dengan bahasa Indonesia.

Untuk fitur Astiten Google terbaru kamu hanya perlu mengucapkan apa yang hendak kamu cari, tidak seperti sebelumnya harus menucapkan "Ok Google". Semoga bisa bermanfaat dan manfaatkanlah Asisten Google.