Cara Mengatasi Memori RAM Android yang Penuh

Smartphone Android adalah sebuah trobosan sekaligus inofasi dibidang kemajuan teknologi khususnya dibidang perangkat mobile. Android sangat digemari pleh penggunanya karena memiliki fitur yang menarik, kita dapat menggunakan smartphone dengan sistem operaasi android yang mudah digunakan.
Cara Mengatasi Memori RAM Android yang Penuh
Selain itu Smartphone android memiliki aplikasi dan game yang langsung dapat anda u nduh di google play store ataupun melalui website lainnya, adapun fitur yang ditawarkan beraneka ragam yang jelas fitur sangat menarik untuk dicoba. Android sendiri memiliki versi yang berbeda-beda, dan sama halnya sistem operasi windows yang bisa anda upgrade ke versi terbaru. Untuk android pada versi terbaru ditahun 2016 lalu adalah menggunakan sistem operasi android Nougat yang pastinya lebih mantap dari pada sebelumnya.

Cara Membuat Memori RAM tidak Penuh (Longgar & Ringan)

Smartphone dan Tablet Androd cenderung lebih murah dibandingkan smartphone jenis lainya, mungkin karena smartphone dengan os android lebih banyak aneka produk dan banyak merek yang membuat smartphone android tersebut. Dibandingkan jenis ponsel pintar lainya, untuk android menurut kami lebih bagus dan lengkap. Ponsel pintar android lebih banyak aplikasi dan game yang dapat anda jalankan diponsel android anda nantinya, ini disebabkan karena android merupakan proyek dari perusahaan Internet terbsesar yaitu Google INC.

Faktor lain dari mengapa android bisa banyak digunakan karena banyaknya Develover Aplikasi Android yang senantiasa membuat aplikasi android, tentu saja karena mengingat pertumbuhan jaringan internet yang sekarang mayoritas sudah diakses melalui mobile termasuk smartphone android.

tidak jauh berbeda dengan komputer, ketika anda menjalankan smartphone android anda pastinya akan membutuhkan sebuah RAM yang nanti nya dapat melakukan aktivitas pada handphone android anda, ram sendiri mempunyai fungsi yang dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone android anda.

Namun sayangnya terkadang kita menemukan masalah yang akan dihadapi jika sewaktu-waktu masalah terjadi, biasanya masalah yang sering terjadi yaitu masalah internal yang sering menyerang bagian hardware adalah ram yang terlalu penuh, penyebab masalah ini adalah karena ram terlalu kecil kapasitasnya sehingga akan mengalami LAGG pada saat anda mengoperasikan smartphone android anda, atau anda biasanya melakukan aktifitas yang berlebihan pada smartphone anda, misalnya ketika anda melakukan multitaksing yang pastinya aktifitas ini akan sangat menguras banyak ruang ram yang hendak digunakan.

Mengingat jika anda memiliki memori yang ukurannya tidak besar alias kecil yang sebenarnya tidak akan sanggub menginstall dan menjalakan banyak aplikasi yang berkapasitas besar, contoh, instagram yang cukup menguras daya baterai dan untuk ram sendiri sofware instagram banyak memakan ruang, dacebook dan lainnya.

Jika anda memiliki kapasitas ram yang besar pada smartphone android yang anda miliki, pastinya ini akan memiliki kinerja yang lebih baik pada perangkat anda. Namun jika tempat penyimpanan data pada smartphone android yang anda miliki, pastinya ini akan memiliki kinerja yang lebih baik pada perangkat anda. Namun jika tempat penyimpanan data pada mratphone anda terasa sangat paspasan, nah ini juga akan berpengaruh pada tingkat kecepatan mengelola hp tersebut, semakin kecil kapasitas ram makan akan semakin lemot atau lambat kinerja android anda.

Selain itu hal tersebut akan berakibat fatal yaitu ponsel anda tidak dapat menginstall aplikasi yang diinginkan karena sudah penuh memorinya, adapun yang kami akan bagikan yaitu cara menambah kapasitas ram tapi tidak menghapus aplikasi dan gile yang ada didalam smartphone android.

Cara Mengatasi Memori RAM Android yang Sudah Penuh

Ada beberapa penyebab penuhnya suatu ram pada smartphone android, namun inti dari penuhnya kapasitas ram adalah dengan banyaknya data yang masuk ke dalam ram itu sendiri, oleh karena itu kita dapat mengatasi dan memperbaiki ram android yang sudah penuh dengan membersikan data yang tidak terpakai lagi, ada pun cara mengatasi memori ram yang penuh seperti berikut ini:

1. Pndahkan Aplikasi ke MicroSD

Hal yang perlu anda perhatikan adalah dengan memindahkan aplikasi yang ada pada smartphone anda ke microsd, secara default aplikasi terinstall akan masuk ke memori internal. Nah jika memori internal sudah terlalu sesak alias sudah penuh maka akan menyebabkan kinerja smartphone anda melambat, selain itu juga akan berdampak buruk untuk smartphone anda dan ini akan berkelanjutan. Akibat dari memori internal yang penuh adalah aplikasi akan secara tiba-tiba tertutup sendiri atau bisa juga sering mengalami lagg atau crash ketika memainkan dan menjalankan aplikasi tertentu. Adapun cara untuk menambah ruang pada ram android dengan memindahkan file dan aplikasi ke memori external (microSD) sebagai berikut:

  • Pertama-tama silakan anda masuk pada setting> SD Card & Phone Strorage
  • Kemudian pindahkan aplikasi yang memiliki kapasitas berat seperti Instagram, Facebook, dan game yang berat ke microSD.

Bagi anda yang memakai sistem operasi android froyo, gingerbread, kitKat dan lollipop 5.0 maka dapat dipindahkan secara langsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, adapun cara memindahkan aplikasi atau game dengan mudah seperti yang satu ini:

  • Pertama-tama silahkan masuk ke menu setting.
  • Setelah itu klik applications.
  • Kemudian anda tinggal pilih manage applications.
  • Jika sudah maka kamu dapat pilih salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SDcard atau MicroSD.
  • Kemudian tinggal klik move to SD card supaya memindahkan aplikasi atau file dari memori internal ke dalam memori eksternal.

2. Membersihkan Cache dari RAM

Selain menggunakan cara diatas tadi, ana juga dapat melakukan pembersihan cache dengan menghapus cache pada smartphone android anda. Tahukah anda bahwa cache merupakan suatu tempat penyimpanan setiap aktivitas yang sudah anda lakukan pada smartphone android. Tujuan adanya cache adalah supaya dapat melakukan aktifitas sebelumnya, contohnya saja ketika anda tidak pelru memasukan sandi lagi ke akun facebook anda dan ini berkat adanya cache yang dengan sendiri mengirim data login anda sehingga anda tidak perlu login kembali. Selain itu cache juga memiliki dampak buruk yaitu jika dibiarkan akan menumpuk dan akan mempengaruhi kecepatan smartphone, jika cache terlalu penuh maka smartphone anda akan lambat. Kemudian cache juga dapat menyebabkan ram pada android cepat sekali penuh, untuk mengatasinya bisa simak penjelasan berikut ini:

  • Langkah utama yang perlu anda lakukan adalah dengan masuk kedalam menu setting
  • Lalu anda pilih Storange data
  • Untuk membersikan cache, maka anda tinggal tekan clear cache data
  • Selesai, cahce yang ada sudah terhapus dan anda akan lebih merasa nyaman.

Jika anda sudah melakukan cara mengatasi ram android penuh, maka kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang sama, jika anda mengalami hal tersebut lagi maka cukup dengan melakukan cara diatas tadi secara berkala.

Keuntungan dari membersihkan ram adalah anda dapat memiliki cukup ruang memori ram yang lumayan besar, sehingga anda dapat menjalankan aplikasi lebih nyaman dan lancar.

Nah mungkin cukup sekian dulu penjelasan kami kali ini mengenai tips mengatasi ram yang sudah penuh supaya tidak lemot, jika ada pertanyaan mengenai penjelasan ini maka bisa tanyakan kepada kami melalui kolom komentar yang sudah disediakan, sekali lagi ikuti terus perkembangan informasi di blog ini dan terimakasi atas kunjungan anda.