Cara Menghapus "Program Jahat" di Android Kalian

Cara Menghapus "Program Jahat" di Android Kalian

Jika kita lihat untuk saat ini aja jumlah pengguna Android sangatlah tinggi, semakin hari semakin meningkat sehingga membuat risiko keamanan dari sistem operasi ini juga semakin tinggi. Sehingga akan semakin banyak tangan-tangan jahil yang menyusupkan file jahat ke dalam aplikasi kita, untuk mengeksploitasi perangkat milik para penggunanya. Kemudian mereka mencipatakan sebuah program, dan program ini merupakan salah satu cara yang kerap digunakan untuk disusupi file jahat yang akan "menguliti" perangkat Android kalian yaitu Malicious Software ( malware). Dan sesuai dengan namanya, malicious software merupakan perangkat lunak jahat yang sengaja diciptakan untuk menyusup dan akan merusak sistem Android kalian dari dalam. Isst,,,keejamnyeee.

Maka dari itu jika kalian ingin terhindar dari program berbahaya ini, para pengguna diharapkan agar memasang program anti-virus atau disebut juga anti-malware dalam perangkatnya. Dan masalahnya bagaimana kalau sudah terlanjur terjangkit? Dan apakah malware dapat disingkirkan dari perangkat? Jawabannya tentu saja bisa. Akan tetapi disini diperlukan sebuah langkah-langkah khusus supaya malware yang akan kalian hapus gak meninggalkan jejak atau malah mengundang malware lain ke dalam perangkat kalian. Nah lagsung saja berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus malware secara tuntas pada perangkat Android kalian.

Cara Menghapus "Program Jahat" di Android Kalian


Pertama anda harus mematikan perangkat Android yang terinfeksi tersebut. Kalau kalian benar-benar yakin kalau perangkat Android yang kalian pakai telah disusupi malware, Maka cepatlah matikan perangkat tersebut. Karena dengan mematikan perangkat, maka pergerakan malware akan menjadi terhambat. Naha selama perangkat mati, Kalian pikirkan dan harus mengingat-ingat aplikasi apa yang Anda curigai sebagai pembawa malware tersebut. Yang pastinya, aplikasi yang bukan berasal dari Google Play Store sangat sering membawa program jahat ini.

Anda harus masuk ke dalam Mode Aman (Safe Mode) disini ada beberapa perangkat Android yang menyediakan mode aman kalian dapat mengaksesnya pada saat ponsel akan dimatikan. Dan akan muncul pilihan mode aman muncul pada saat tombol power kalian tekan beberapa saat. Maka dengan lewat mode aman ini, otomatis perangkat akan membatasi koneksi yang ada maka pergerakan malware juga akan menjadi terbatas. Lalu bagaimana kalau perangkat kalian gak memiliki mode ini? maka cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan mengaktifkan airplane mode.

Kemudian kalian cari Aplikasi yang Membawa Malware pada saat sudah memasuki mode aman, Kemudian segeralah kalian mencari aplikasi yang terindikasi sebagai pembawa malware tersebut. Dengan cara yaitu lewat menu setting lalu cari pilihan "apps". Kemudian kalian akan mendapati aplikasi apa saja yang telah terinstal dalam perangkat. Lalu kalian pilih aplikasi yang kalian curigai dan tekan "force close" lalu pilih "uninstall". Kemudian kalian hapus aplikasi lain yang kalian curigai karena gak sedikit juga malware yang dapat membuat perangkat Android kalian mengunduh aplikasi yang gak dikenal secara otomatis.

Menurut pengalaman kami, aplikasi ini juga terjangkit malware yang berbahaya. Kalau kalian melihat ada aplikasi lain yang gak dikenal, maka kalian harus segera menghapus dengan cara yang sama juga seperti yang kami sebutkan diatas tadi. Terkadang ada sejumlah malware yang bisa mengunci aplikasi sehingga gak bisa dihapus. Kalau kalian mengalami hal sepeti ini cara memperbaikinya cukup mudah kalian jangan khawatir.

Caranya kalian harus masuk ke menu setting lalu pilih "lock screen and security". Setelah itu pilih "other security settings" lalu pilih "phone administrator". Dan kalian unduh program Anti-Malware jika kalian sudah selesai menghapus semua aplikasi yang terindikasi membawa malware, kemudian restart perangkat Android tersebut supaya keluar dari mode aman (safe mode). Kemudian, kalian segeralah mengunduh software keamanan yang bisa mencegah masuknya malware. Dan di Play Store sudah ada banyak software yang bisa Anda pakai baik berbayar ataupun gratis. Mungkin itu saja informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.